Kembangkan UMKM Lokal, Kopi Pardosir Dukung Orang Muda Swangro Lumbanbatu Jadi Bupati Samosir

Kembangkan UMKM Lokal, Kopi Pardosir Dukung Orang Muda Swangro Lumbanbatu Jadi Bupati Samosir.
Kembangkan UMKM Lokal, Kopi Pardosir Dukung Orang Muda Swangro Lumbanbatu Jadi Bupati Samosir.

Tidak sedikit potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdapat di Pulau Samosir, Sumatera Utara. Selama ini, cenderung diabaikan dan kurang dikembangkan oleh Pemerintah Daerahnya.

Para usahawan kecil di Kabupaten Samosir berharap, Bupati Samosir yang akan terpilih nantinya akan mengembangkan UMKM di wilayah itu.

Hal itu terungkap saat Bakal Calon Bupati Samosir, Swangro Lumbanbatu mengunjungi Pengelolaan UMKM Kopi Pardosir yang berada di wilayah Parbaba Dolok, Kabupaten Samosir, Senin (28/10/2019).

Swangro Lumbanbatu menyampaikan, banyak potensi UMKM Samosir yang belum dikembangkan. “Infrastruktur yang kurang memadai, salah satu kendalanya. Kami menempuh jarak 1 kilometer hingga tiba di lokasi Pengelolaan Kopi Pardosir di Parbaba Dolok. Berjalan kaki. Karena kendaraan roda 4 belum ada, belum masuk ke lokasi ini,” tutur Swangro Lumbanbatu.

Pemilik Kopi Pardosir Marulam Sinaga menyambut hangat kedatangan Swangro Lumbanbatu yang datang bersama timnya, yang disebut sebagai Tim Generasi Millenial Swangro Lumbanbatu.

Perjumpaan dan dialog terjadi. Tidak lupa Cengkrama ditemani segelas kopi. “Potensi UMKM di desa ini sangat potensial mendukung perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Pemilik satu per satu memperkenalkan cara pembuatan dan pengolahan kopinya. Dengan berbagai rasa dan jenis.

Swangro sangat terkesan dengan UMKM Pardoir. “Ini sangat luar biasa. Saya yakin dengan potensi kopi seperti ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Samosir. Khususnya di Desa Parbaba Dolok ini. Kita harus mendukung penuh petani. Jangan kita sia-siakan usaha masyarakat,” tutur Swangro.

Marulam Sinaga mengatakan, kalau terpilih sebagai Bupati Samosir nantinya, Swangro Lumbanbatu harus serius mengembangkan UMKM itu. Keseriusan Pemerintah Kabupaten Samosir, lanjut Marulam Sinaga, juga mesti diwujudkan kepada petani, khususnya petani kopi.

“Apalagi kamu masih muda dan energik. Kami juga berharap, agar ada perbaikan infrastruktur jalan ke Parbaba Dolok untuk melancar komoditi Kopi ini,” ujar Marulam Sinaga kepada Swangro Lumbanbatu.

Marulam Sinaga juga mengajak para pengunjung membudayakan menikmati minum kopi dari petani secara langsung. “Mari budayakan minum kopi, agar petani kopi sejahtera,” ujarnya.

Merespon permintaan itu, Swangro Lumbanbatu menjanjikan akan berupaya sekuat tenaga untuk membangun infratsruktur terutama jalan yang layak ke Parbaba Dolok.

“Apabila Saya terpilih, saya berjanji akan membangun infrastruktur. Agar masyarakat tidak kesulitan untuk menjual hasil buminya. Kalau uang langsung saya berikan, tidak akan. Jangan diharapkan uang dari saya. Mohon maaf saya tidak akan mampu dengan hal itu. Namun pembangunan dan kesejahteraan akan saya buat, lebih maju lagi,” ujar Swangro Lumbanbatu.

Perkunjungan itu juga mendapat respon positif. Warga lainnya juga menyampaikan akan memberikan dukungannya pada Pilgub Samosir mendatang.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan