Breaking News

Kembangkan Produk Desainer, Kemendag Genjot Kerjasama di Forum Promosi Dagang Asean

Kembangkan Produk Desainer, Kemendag Genjot Kerjasama di Forum Promosi Dagang Asean. Kembangkan Produk Desainer, Kemendag Genjot Kerjasama di Forum Promosi Dagang Asean.

Kementerian Perdagangan mempromosikan produk desainer Indonesia di Forum Promosi Dagang Asean atau Asean Trade Promotion Forum (ATPF), yang digelar di Ulaan Bataar, Mongolia.

Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Marolop Nainggolan menyampaikan, Kementerian Perdagangan selalu aktif dalam forum-forum internasional untuk terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan negara-negara di wilayah Asia.

Salah satunya melalui forum kerja sama organisasi promosi dagang atau Trade Promotion Organisation (TPO) yaitu Asian Trade Promotion Forum (ATPF). ATPF ini diikuti oleh 23 negara di wilayah Asia.

Forum ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan di wilayah Asia melalui tukar menukar informasi dan implementasi proyek kerja sama serta bertujuan untuk memperkuat jejaring diantara anggota ATPF.

“Sehingga ATPF dipandang memiliki peranan penting dalam mendukung terciptanya kerja sama promosi perdagangan diantara TPO-TPO di Asia,” tutur Marolop Nainggolan, Rabu (18/09/2019).

Tahun ini, forum tahunan ATPF CEO Meeting diselenggarakan tanggal 12-13 September 2019 di Ulaan Bataar, Mongolia.

Para CEO TPO berkumpul setahun sekali untuk membahas isu terkini mengenai promosi perdagangan internasional.

“Dan membahas hal-hal lain yang relevan, termasuk hasil proyek bersama dan rencana kegiatan mendatang,” ujarnya.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Dody Edward yang juga mengikuti pertemuan itu, menyampaikan, salah satu program unggulan DJPEN yaitu Designer Dispatch Services (DDS).

Program ini memiliki tugas membantu UKM-UKM Indonesia, meningkatkan daya saing produknya melalui desain.

“Kita menyampaikan bahwa program DDS ini memiliki manfat yang sangat besar bagi UKM untuk meningkatkan ekspor produknya ke mancanegara. Dan hal ini dapat dilihat dari perkembangan program ini dari tahun ke tahun yang antusiasme jumlah UKM dan designer serta peran Pemda semakin meningkat,” jelas Dody Edward.

DDS merupakan salah satu program Kementerian Perdagangan dalam wadah Indonesia Design Development Center (IDDC) yang didirikan pada awal tahun 2014 lalu.

IDDC merupakan wahana untuk berkolaborasi bagi dunia usaha, desainer, asosiasi, dan juga akademisi dalam menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah, dan berdaya saing.

Dody menambahkan, dalam forum tersebut, Indonesia menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah kegiatan Forum Marketing & Sales (E-commerce). Yang rencananya akan diselenggarakan dalam kerangka joint project ATPF.

“Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi Indonesia untuk memperkenalkan perkembangan industri e-commerce dalam negeri dan menambahkan pengetahuan dan pengalaman bagi industri dalam negeri,” ujarnya.

CEO Forum menyepakati kegiatan ATPF CEO Meeting pada tahun 2020 akan diselanggarakan di Macao.

ATPF adalah pertemuan Organisasi Promosi Perdagangan (TPO) di Wilayah Asia yang didirikan pada tahun 1987 dimana Ditjen PEN, dulu BPEN, menjadi salah satu pendiri forum tersebut. Saat ini ATPF memiliki 23 anggota TPO dari berbagai wilayah di Asia termasuk TPO Autralia dan Selandia Baru.

Tujuan ATPF adalah untuk meningkatkan perdagangan di anggota ATPF melalui pertukaran informasi, implementasi proyek-proyek kerja sama dan memperkuat jaringan di antara anggota ATPF.

ATPF CEO Meeting dan Working Level Meeting diselenggarakan setahun sekali. Program lainnya seperti capacity building, pameran bersama, dan berbagai proyek kerja sama juga diselenggarakan secara aktif oleh anggota ATPF.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*