Jaksa Eksekusi Rp 40 Miliar Kasus Transfer Dana Gelap Milik Terpidana Christian Milos

Jaksa Eksekusi Rp 40 Miliar Kasus Transfer Dana Gelap Milik Terpidana Christian Milos.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang berhasil mengeksekusi perkara atas nama terpidana Christian Tanos Bin Lee Tanos dengan nilai Rp 40 Miliar.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum) Mukri mengatakan, Christian Tanos Bin Lee Tanos melakukan kejahatannya bersama-sama dengan Herman Sanjaya, Didin Solihin Aziz alias Rizky Aditya alias George Elivia Institute dan Rahma Wati alias Nindra Rahma Ningsih alias Shi Hong Chen Bin Abdu Rachman yang masing-masing dalam berkas perkara terpisah.

“Sebelumnya diputus berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Mereka terbukti bersalah melanggar Pasal 82 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Mukri dalam siaran persnya, Selasa (05/03/2019).

Murkri menjelaskan, eksekusi tersebut berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Serang Nomor: 588/Pid.B/2018/PN.Srg tanggal 14 Januari 2018, dimana terdakwa Christian Tanos Bin Lee Tanos dijatuhkan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun.

Selain itu denda Rp 1.000.000.000 subsidair 3 (tiga) bulan kurungan dan menyatakan barang bukti berupa uang dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp.40.068.390.228 dirampas Negara.

Mukri menambahkan, untuk menjalani pidananya, terpidana Christian Tanos Bin Lee Tanos saat ini telah dieksekusi oleh jaksa Kejari Serang ke Lapas Serang.

“Dan untuk barang bukti berupa uang yang dinyatakan dirampas untuk Negara dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp 40.068.390.228 telah disetorkan oleh jaksa Kejari Serang ke rekening Kas Negara melalui Bank BRI Cabang Serang,” katanya.(Richard)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan