Jaksa Agung Buka Kegiatan Baksos 5000 Paket Sembako Sasar Masyarakat Terdampak Corona

Jaksa Agung ST Burhanuddin membuka kegiatan bakti sosial “Kejaksaan RI Peduli” yang kali ini berupa pembagian sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Kegiatan ini adalah kelanjutan dari rangkaian sebelumnya yang telah dilaksanakan, yakni berupa layanan rapid test Covid 19 secara drive thru kepada lebih dari 500 pekerja informal yang ada di sekitar kawasan lingkungan Kejaksaan Agung.

“Kejaksaan RI Peduli” itu sendiri adalah gerakan sosial insan Adhyaksa dalam menyikapi mewabahnya pendemi Covid-19 yang mengharuskan adanya social distancing dan phisycal distancing sehingga banyak warga masyarakat, utamanya yang tidak mampu menjadi terdampak secara ekonomi.

Kegiatan pembagian sembako yang akan didistribusikan ke 5 (lima) wilayah di DKI Jakarta, dengan total bantuan sembako yang diberikan adalah 10 (sepuluh) ton beras, 2 (dua) ton gula pasir, 2.000 (dua ribu) liter minyak goreng, 2.000 (dua ribu) kaleng sarden, 10.000 (sepuluh ribu) bungkus mie instan dan 4.000 (empat ribu) masker.

Selanjutnya dikemas kedalam 2.000 (dua ribu) paket sembako, yang masing-masing paket terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 Kg, minyak goreng 1 liter, mie instan 5 pcs, sarden kaleng kecil 1 kaleng dan masker.

Paket sembako akan diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu, utamanya terhadap masyarakat yang belum mendapat bantuan, dimana data yang diperoleh merupakan hasil koordinasi yang dilakukan oleh jajaran Kejaksaan Negeri dengan perangkat pemerintahan di titik lokasi terdampak.

Jakarta Selatan terdiri dari kawasan Rambai (100 paket), Rancho (30 paket), Manggarai (165 paket), Lenteng Agung (100 paket).

Jakarta Pusat terdiri dari kawasan Kecamatan Johar Baru (100 paket), Kecamatan Senen (100 paket), Kecamatan Kemayoran (100 paket), Kecamatan Tanah Abang (100 paket).

Jakarta Barat terdiri dari kawasan Rawa Buaya (300 paket), Al Fatah (100 paket).
4. Jakarta Timur terdiri dari kawasan Kampung Melayu (250 paket) dan Kampung Pulo (150 paket).

Jakarta Utara terdiri dari kawasan Balai RW 07 Kalibaru (250 Paket) dan RW 06 Kalibaru (150 paket).

Selain itu, paket sembako sebanyak 3000 (tiga ribu) paket hasil kerja sama Bidang Datun dengan PT. Bank Tabungan Negara yang akan diangkut menggunakan 6 (enam) truk dan akan diberikan kepada masyarakat di Provinsi Jawa Barat antara lain untuk wilayah Depok, Cibinong, Cianjur, Kabupaten Bekasi, Karawang dan Kabupaten Tangerang yang akan disalurkan melalui Kejaksaan Negeri setempat.

Pada kesempatan itu, ST Burhamuddin menyampaikan bahwa sumbangan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19 ini bersumber dari donasi pihak ketiga (dalam hal ini PT Bank Tabungan Negara) yang tidak terikat sesuatu apapun dan donasi dari warga Adhyaksa seluruh Indonesia yang terkumpul dalam rekening “Kejaksaan RI Peduli”.

“Sumbangan paket sembako ini ada bukan karena kita mampu atau kaya, tetapi karena kita peduli dengan situasi dan kondisi warga masyarakat di seluruh Indonesia yang terdampak dari menyebarnya wabah atau pademik Covid 19,” kata ST Burhanuddin di Komplek Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (05/05/2020).

Menurutnya, dengan kondisi nasional yang terdampak karena wabah Covid 19 salah satunya masyarakat kecil, semakin membangkitkan jiwa insan Adhyaksa untuk dapat membantu mereka.

“Inilah saatnya kita berbakti pada negeri dengan membantu meringankan beban hidup masyarakat dan semoga pandemic Covid 19 segera dapat berlalu,” ujarnya.

Diketahui, “Kejaksaan RI Peduli” juga mendapat dukungan dari jajaran kejaksaan di daerah, dimana pada saat yang sama secera serentak dilakukan pembagian sembako pada 24 Kejaksaan Tinggi dan pada kesempatan ini pula Jaksa Agung secara langsung melalui video conference menyampaikan terima kasih kepada para Kajati beserta jajarannya yang telah berpartisapasi dalam kegiatan ini.

Selanjutnya kegiatan ini diakhiri dengan acara memasukkan paket sembako secara simbolis ke dalam mobil box yang dilakukan Jaksa Agung ST Burhanuddin dan perwakilan PT Bank Tabungan Negara, yang kemudian melepas iring-iringan kendaraan yang mengangkut paket sembako menuju lokasi yang telah ditentukan.(Richard)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan