Breaking News

Intensifkan Kunjungan Desa-Desa Untuk Edukasi Politik, Aktivis Swangro Lumbanbatu Maju Calon Bupati Samosir Tanpa Money Politic

Bakal Calon Bupati Samosir Swangro Lumbanbatu

Bakal Calon Bupati Samosir Swangro Lumbanbatu. Intensifkan Kunjungan Desa-Desa Untuk Edukasi Politik, Aktivis Swangro Lumbanbatu Maju Calon Bupati Samosir Tanpa Money Politic. Bakal Calon Bupati Samosir Swangro Lumbanbatu: Intensifkan Kunjungan Desa-Desa Untuk Edukasi Politik, Aktivis Swangro Lumbanbatu Maju Calon Bupati Samosir Tanpa Money Politic.

Aktivis Muda Swangro Lumbanbatu didukung kalangan muda di Kabupaten Samosir untuk maju sebagai Bakal Calon Orang Nomor Satu di Pulau yang terletak di Tengah Danau Toba, Sumatera Utara itu.

Mantan Koordinator Wilayah Nangroe Aceh Darusssalam-Sumatera Utara Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) itu dikenal berani dan mau berjuang bagi masyarakat kecil di wilayahnya.

Sebagai Bakal Calon Bupati Samosir, Swangro Lumbanbatu pun meningkatkan intensitas kunjungan dan menyerap aspirasi masyarakat bawah di Pulau Samosir. Pada tanggal 5 hingga 6 Oktober 2019, Swangro Lumbanbatu bersama timnya mengunjungi sejumlah desa dan kelurahan di Samosir.

Putra asli Pulo Samosir ini mengunjungi Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Desa Parsaorang II Kecamatan Pangururan, Kelurahan Pintu Sona Kecamatan Pangururan, Desa Parlondut Kecamatan Pangururan, Desa Pardugul Kecamatan Pangururan. Kemudian, Desa Panampangan Kecamatan Pangururan, Desa Namora Kecamatan Pangururan.

Rekan Seperjuangan Swangro Lumbanbatu, semasa menjadi di Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI), Bob Humisar Simbolon menyampaikan, sebagai Putra Daerah dan teman seperjuangannya, Swangro Lumbanbatu layak didukung oleh semua kalangan untuk memajukan Samosir.

“Terutama dari kalangan muda. Kalangan millennial,” tutur Bob Humisar Simbolon, di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Dalam berbagai kunjungannya ke masyarakat bawah, Swangro Lumbanbatu yang sudah menamatkan pendidikan pasca Sarjananya dari Universitas Sumatera Utara (USU) itu, melakukan dialog, menyerap berbagai persoalan riil yang dihadapi masyarkat Samosir.

Dari perkunjungan, pertemuan dan dialog yang terjadi, terungkap sejumlah permasalahan yang dialami masyarakat Samosir. Seperti persoalan pembangunan infrastruktur, persoalan kesulitan ekonomi, persoalan kesehatan dan pertanian.

Masyarakat juga mengeluhkan maraknya praktik money politic dalam berbagai perhelatan dan kontestasi politik di wilayah itu.

“Aspirasi dan keluhan yang dialami masyarakat Samosir ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ke depan, Bupati harus memberikan solusi yang terukur atas permasalahan tersebut. Masyarakat juga berharap adanya peningkatan perekonomian terutama di sektor usaha mikro kecil menengah dan dari hasil-hasil pertanian,” ujar Swangro Lumbanbatu.

Swangro mengatakan, persoalan-persoalan yang dialami masyarakat itu diakibatkan salah satunya karena praktik money politic yang berkembang di masyarakat.

Seakan-akan semua masalah bisa deselesaikan dengan uang tanpa memikirkan dampak dari money politic tersebut.

“Padahal dengan adanya praktek money politic dalam kontestasi pemilihan kepala daerah, mewujudkan kesejahteraan masyarakat hanyalah janji manis yang tak akan pernah bisa berbuah,” ujarnya lagi.

Karena itu, dengan berdialog dengan masyarakat, Swangro menegaskan untuk memajukan Kabupaten Samosir, maka semua masyarakat Samosir harus tegas menolak politik uang.

“Dengan tegas untuk katakan tidak pada money politic. Karena money politic merugikan kita bersama dan memperlama pembangunan Kabupaten Samosir,” ujarnya.

Sebagai calon yang masih bersih dan berasal dari kalangan muda, Swangro juga menentang keras praktik money politic dalam perhelatan pemilihan Bupati.

Swangro juga berharap, kesadaran para bakal calon Bupati Samosir agar tidak mengunakan praktek money politic.

“Sebaiknya, kita harus memberikan edukasi kepada msayrakat tentang pendidikan politik yang sehat,” ujarnya.

Rekan Seperjuangan Swangro Lumbanbatu, semasa menjadi di Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI), Bob Humisar Simbolon menambahkan, Swangro Lumbanbatu harus komitmen maju dalam Pemilihan Bupati Samosir.

Lebih lanjut, advokat muda Jakarta yang sedang menyelesaikan studi pasca Sarjananya di Universitas Indonesia (UI) ini mengingatkan sahabatnya Swangro, agar tidak  mundur dari pencalonan, meski diiming-imingi uang mundur oleh para kandidat lain.

“Jangan terima. Uang mundur tidak akan membuat generasi muda bangga. Sekali lagi, jangan mundur dari pencalonan. Sebab, beberapa periode Pilkada terdahulu, ada saja orang kasih uang mundur. Menjijikkan itu. Buat Swangro, maju terus bro. Bertarung yang sehat,” ujar Bob Humisar Simbolon.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*