Breaking News

Ibadah di GBI Philadelpia Martubung Medan Dihadang Massa Intoleran, Ada Polisi Tapi Tak Cukup Jumlah

Ada Maling Proyek-Proyek Kepolisian, Kapolri Harus Segera Menangkap Komplotan Cukong Hitam Dengan Jaringan Mafia Proyek di Korps Bhayangkara.

Pendeta Bima Gustav Saragih, Pendeta yang mendampingi jemaat GBI Philadelpia Martubung, Medan menuturkan, pada saat proses penghadangan ibadah oleh sekelompok orang, ada anggota polisi yang berjaga di lokasi.

“Polisi memang ada di lokasi kejadian, namun jumlahnya tidak sebanding dengan massa yang menghadang peribadatan,” tutur Pdt Bima Gustav Saragih, Selasa (15/01/2019).

Dia menyayangkan kurangnya kesiagaan aparat, sebab berkaca dari peristiwa terdahulu Polisi seharusnya bisa memprediksi dan mengantisipasi kejadian yang akan terjadi itu.

“Seharusnya Polisi sudah bisa mengantisipasi agar tak terjadi penghadangan beribadag, sebab kejadian minggu itu bukan pertama kali,” ujar Saragih.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, polisi sudah melakukan langkah antisipasi. Saat ini, aparat tengah mengupayakan penyelesaian persoalan ini. “Sudah ada langkah antisipasi. Dan, sekarang dalam proses mencari solusi terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Medan Labuhan, Kompol Rosyid Hartanto membenarkan adanya aksi warga di sekitar GBI Philadelphia. Pihaknya turun langsung ke lokasi.

“Kami turun langsung ke lokasi dan memberikan pesan Kamtibmas agar warga jangan terpancing emosional sehingga tak melakukan tindakan anarkis. Bukan ditutup, tapi pendirian gereja tersebut tidak sesuai dengan aturan, yaitu belum ada izin,” ujar Kompol Rosyid.

Usai ditangani pihak kepolisian, warga akhirnya bubar, dengan keputusan pihak Pendeta berjanji akan mentaati kesepakatan yang telah disepakati tersebut.

Aksi protes warga didominasi kalangan ibu-ibu ini mereda setelah ditandatanganinya Surat Peryataan dari Pendeta Jan Fransman Saragih yang dibubuhi materai dan diketahui oleh Camat Medan Labuhan Arrahman Pane, Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto, Koramil 10/ML Kapten Inf P Purba, Kepala KUA Medan Labuhan M Lukman Hakim serta disaksikan dari pengurus yang mendirikan rumah ibadah, perwakilan warga blok VIII Lk XX, Kepling XX dan Lurah Besar T Roby Chairi.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*