Hentikan Perampasan Ruang Laut dan Pesisir, Masyarakat Harus Berdaulat dan Sejahtera

Hentikan Perampasan Ruang Laut dan Pesisir, Masyarakat Harus Berdaulat dan Sejahtera.

Pemerintah didesak agar menghentikan upaya perampasan ruang laut dan pesisir oleh para pengembang. Masyarakat pesisir harus berdaulat dan sejahtera dalam mengelola ruang laut dan pesisir.

 

Sekjen Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Susan Herawati menyampaikan, sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar dalam ketahanan pangan nasional.  Bahkan, dalam salah satu pidatonya, Joko Widodo mengatakan bahwa akan membangun Indonesia sebagai negara poros maritim dunia yang menjadikan nelayan sebagai salah satu pilar utamanya.

 

“Ironisnya, hal ini berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan oleh nelayan-nelayan Indonesia. Tidak sedikit nelayan-nelayan Indonesia yang harus berhenti dan terusir dari ruang penghidupannya,” ujar Susan, Kamis (21/12/2017).

 

Susan mengungkapkan, praktek-praktek perampasan ruang laut dan pesisir terjadi di hampir seluruh wilayah pesisir Indonesia. Berdasarkan Pusat Data dan Informasi, KIARA mencatat setidaknya terdapat 37 proyek reklamasi di seluruh Indonesia dan pertambangan.

 

“Tidak hanya reklamasi, praktek perampasan ruang-ruang penghidupan nelayan oleh pemerintah dan investor dengan mengatasnamakan pembangunan pariwisata menjadi praktek yang dapat ditemui hampir di seluruh wilayah pesisir Indonesia,” ujarnya.

 

Padahal, lanjuut dia, berdasarkan Undang-Undang No. 7 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam, sudah seharusnya negara hadir dalam melindungi hak-hak mendasar dari nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam Indonesia.

 

Oleh karena itu, dalam perayaan Hari Nusantara 2017, KIARA bersama dengan Komunitas Nelayan Tradisional akan mengadakan Aksi Pawai Kapal Nelayan Tradisional dengan tema “Hentikan Perampasan Ruang Laut dan Pesisir: Masyarakat Pesisir Berdaulat dan Sejahtera.

 

“Hentikan perampasan, dan masyarakat harus sejahtera,” pungkas Susan.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan