Hentikan Dualisme, Menpora Diminta Ambil Alih Kepemimpinan KNPI

Hentikan Dualisme, Menpora Diminta Ambil Alih Kepemimpinan KNPI.

Untuk menghentikan berlarut-larutnya sengketa dan dualime kepemimpinan di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) disarankan segera mengambilalih kepemimpinan di organisasi perhimpunan pemuda-pemudi Indonesia itu.

Koordiantor Aliansi Pemuda Nasional (APN) Abdullah Amas menyatakan, posisi Menpora bisa menghentikan dualisme di tubuh KNPI, dengan mengambilalih sementara kepemimpinan, untuk selanjutnya mempersiapkan pemilihan yang tidak kisruh.

“Saya kira kerja lintas sektor Kementerian dan lembaga nonlekmatur yang ada porsi untuk pemuda bisa lebih mobile kalau dipegang Menteri Pemuda Olahraga,” ujar Abdullah Amas, Jumat (21/12/2018).

Menurut dia, Kongres KNPI sejauh ini tidak produktif melahirkan persatuan, tapi kalau dipegang Menpora otomatis OKP-OKP akan bersatu.

“Namanya juga komite. Kan lucu komite nasional tapi dualisme dan nanti ketua-ketua OKP bisa jadi ketua harian, sekjen dan lain-lain,” ujarnya.

Dia pun meminta, Menteri Pemuda Olahraga agar menyelesaikan dualisme itu bersama Menteri Dalam Negeri dan Menkumham.

“Kalau berlarut-larut tentu tidak bagus. Atau kalau diundur hingga selesai Pemilu, itu bisa jadi acuan kalau Menpora otomatis adalah Ketua KNPI,” ujar Amas.

Abdullah Amas mencontohkan,  seperti Menteri Perencanaan Pembangunan otomatis mejadi ex officio Kepala Bappenas. Atau, seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan yang otomatis menjadi Kepala BPKBN/Badan Keluarga Berencana Nasional. “Itu bisa diterapkan juga untuk KNPI,” ujarnya.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan