Breaking News

Hendak Pacu Ekonomi Kerakyatan, Berton-ton Bibit Ikan dan Jagung Dibagi-bagikan Mindo Sianipar ke Kawasan Danau Toba

Ketua DPP PDIP Bidang Buruh, Tani dan Nelayan Ir Mindo Sianipar bersama masyarakat dam Bupati di Kawasan Danau Toba menebar bibit ikan ke Danau Toba.

Kondisi perekonomian Indonesia yang kurang bagus berimbas kepada usaha ekonomi kerakyatan yang kian lesu. Karena itu, diperlukan upaya serius dari sejumlah pihak untuk menginisiasi dan memotivasi masyarakat untuk terus mengembangkan diri demi ketahanan perekonomiannya di tingkat basis.

 

Sektor-sektor ril di masyarakat seperti pertanian, perikanan, ekonomi kreatif merupakan sektor yang menjadi tulang punggung masyarakat kecil dalam mempertahankan hidup dan kehidupannya.

 

Anggota Komisi IV DPR RI Ir Mindo Sianipar menyampaikan, untuk mendorong ekonomi rakyat menuju swasembada pangan, perlu dilakukan upaya konkrit ke daerah basis untuk mengembangkan sumber pangan.

 

Karena itu, pria yang merupakan ketua DPP PDIP Bidang Buruh, Tani dan Nelayan itu pun setuju jika sejumlah pihak turun langsung melakukan pengembangan ke basis-basis.

 

Mindo Sianipar mengatakan, dirinya pun melakukan kunjungan lapangan ke tiga kabupaten di Sumatera Utara, yaitu kabupaten Toba Samosir (Tobasa), kabupaten Tapanuli Utara dan kabupaten Samosir dalam rangka menguatkan perekonomian rakyat basis.

 

“Kita mau agar semua pihak mengerakkan dan menghidupkan kembali program-program ekononi kerakyatan. Ini juga menjadi konsern kami. Kami juga meminta Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk bersama-sama memikirkan untuk mengembalikan sumber mata pencaharian masyarakat, seperti masyarakat di Kawasan Danau Toba menjadi tempat sumber mata pencaharian penduduk lewat tebar benih ikan di Danau Toba,” ujarnya,  Rabu (31/08/2016).

 

Dalam upaya itu, Mindo Sianipar melakukan penebaran bibit ikat di tiga kabupaten yang teridir dari tiga lokasi utama yakni Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Kecamatan Sigumpar Kabupaten Tobasa dan Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir.

 

Mindo didampingi oleh pengurus partai dari tingkat DPC dan Ranting setempat, juga turut serta Pemda setempat dan dari kementrian KKP diwakili Agus dan turut juga Efendy Sianipar yang merupakan anggota DPR Komisi IV DPR.

 

Adapun benih ikan yang ditabur itu masing-masing kabupaten mendapatkan bantuan benih ikan 155.000 ekor benih ikan yang terdiri dari jenis ikan Ihan Batak (5 ribu benih ikan), Ikan Jelawat (50 ribu benih ikan), Ikan Nilem (50 ribu benih ikan) dan Ikan Tawes (50 ribu benih ikan).

 

“Sesuai dengan rekomendasi LIPI dan Kementrian Kelautan dan Perikanan diharapkan dalam 6 bulan ke depan, masyarakat sudah bisa memanen ikan tanpa menggunakan bahan kimia dan tanpa mempergunakan arus listrik yang berbahaya itu,” ujar Mindo.

 

Mindo juga berharap, ke depan para Bupati yang berada di seputaran Danau Toba yang telah mendapatkan bantuan benih ikan ini juga menjadikan tebar benih ikan ini menjadi program pemerintah daerah.

 

“Karena akan membantu dalam menghidupkan ekonomi masyarakat, menjaga kelangsungan hidup ekosistem di Danau Toba dan menjaga kelestarian serta panorama Danau Toba sebagai daerah tujuan wisata,” ujarnya.

 

Di samping program tebar benih ikan ini, Mindo Sianipar juga memfasilitasi penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara Petani jagung dan pengusaha yang disaksikan oleh Bupati Taput, Nikson Nababan. MoU ini bertujuan untuk mengembangkan Taput sebagai daerah penghasil jagung dan memanfaatkan lahan-lahan yang menganggur.

 

Hal serupa juga dilakukan di Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir yang dihadiri oleh Bupatinya.  Menurut Mindo Sianipar, MoU ini menjadi penting dihadiri oleh Bupati, karena kepentingan petani juga perlu diback-up agar petani tidak dieksploitasi oleh pengusaha dan iklim investasi terjaga.

 

“Di daerah-daerah tersebut yak arena bupatilah yang memfasilitasi selanjutnya. Kita berharap, para Bupati mendukung program-program kerakyatan PDI Perjuangan lewat membangun titik-titik ekonomi rakyat yang riil,” pungkasnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*