Hadapi Gugatan Terkait SPBU, Jaksa Menang

Hadapi Gugatan Terkait SPBU, Jaksa Menang.

Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta selaku kuasa dari tergugat I (Dinas Bina Marga Pemprov DKI), tergugat II (PT Jaya Konstruksi) dan tergugat III (Dinas Perhubungan Pemprov DKI) berhasil memenangkan gugatan yang diajukan UD Nina Usman (SPBU) dalam perkara No.509/PDT.G/2017 JKT.PST, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

 

“Dalam putusannya, majelis hakim telah menolak seluruh gugatan UD Nina Usman, karena penggugat tidak bisa membuktikan alasan (dalil-dalil) yang menjadi dasar gugatannya,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati DKI, Nirwan Nawawi dalam siaran persnya, Selasa (25/06/2018).

 

Diketahui, penggugat mengajukan keberatan atas pembangunan proyek underpass di Jalan Matraman, Jakarta Pusat yang dinilai merugikan omset penggugat dalam usaha SPBU. Bahkan penggugat menganggap, tergugat dalam mengerjakan proyek tersebut tidak melakukan sosialisasi serta dilakukan secara serampangan, sehingga menimbulkan kerugian omset penggugat yang mengalami penurunan secara drastis.

 

“Tetapi majelis hakim menilai kerugian yang dialami penggugat sebagai konsekuensi proyek pembangunan yang sedang berjalan, demi kepentingan masyarakat yang lebih besar. Jadi bukan untuk kepentingan pribadi, atau tergugat sendiri,” ujarnya.

 

Berdasarkan putusan tersebut penggugat tidak bisa membuktikan adanya unsur perbuatan melawan hukum yang dilakukan tergugat I, II dan III.

 

Walau demikian, katanya, keberhasilan JPN Kejati DKI Jakarta ini merupakan bukti jaksa dalam melaksanakan tugas pendampingan hukum (legal assistence), memberi pendapat hukum (legal opinion) serta audit hukum (legal audit) yang tidak lepas dari peranan Tim Pengawalan dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) atas pelaksanaan pembangunan underpass Matraman.

 

“Artinya, eksistensi bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejati DKI Jakarta ini juga telah dirasakan manfaatnya,” pungkasnya.(Richard)

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan