Habisi Thailand di Semifinal, Garuda Muda Akan Terjang Vietnam di Final

Habisi Thailand di Semifinal, Garuda Muda Akan Terjang Vietnam di Final

- in DAERAH, DUNIA, NASIONAL, OLAHRAGA, PROFIL
7833
0
Final Piala AFF U-23: Habisi Thailand di Semifinal, Garuda Muda Akan Terjang Vietnam di Final. Foto: Timnas Indonesia U-23 menang atas Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023. (Dok PSSI)Final Piala AFF U-23: Habisi Thailand di Semifinal, Garuda Muda Akan Terjang Vietnam di Final. Foto: Timnas Indonesia U-23 menang atas Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023. (Dok PSSI)

Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Timnas Vietnam U-23 pada laga puncak atau final Piala AFF U-23 2023.

Hal itu setelah Tim Merah Putih berhasil menghabisi Timnas Thailand U-23 di babak semifinal dengan skor 3-1 pada Kamis 24 Agustus 2023.

Duel pemuncak Piala AFF U-23 2023 akan digelar di Rayong Province Stadium, Thailand, pada Sabtu, 26 Agustus.

Timnas Vietnam U-23 berhasil melaju ke final usai mengalahkan Timnas Malaysia U-23 dengan skor 4-1 pada laga semifinal Piala AFF U-23 2023 di Stadion Provinsi Rayong, Kamis (24/8).

Sedangkan skuad Garuda Muda lolos ke partai puncak setelah mengalahkan tuan rumah Thailand di semifinal dengan skor 3-1 pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Tiga gol Indonesia dicetak oleh Jeam Kelly Sroyer pada menit ke-10 dan Muhammad Ferarri pada menit ke-23, serta satu gol bunuh diri dari Natcha Promsomboon pada menit ke-45+1. Sementara satu-satunya gol Thailand dibuat oleh Chudit Wanpraphao pada menit ke-27.

Indonesia mampu mengatasi perlawanan tim tuan rumah meski dalam kondisi keterbatasan jumlah pemain.

Permainan anak asuh Shin Tae-yong juga tampak lebih terorganisasi dibanding dua pertandingan sebelumnya.

Aliran bola dari umpan-umpan pendek antarpemain berjalan lancar dan membuahkan hasil.

Gol pertama Indonesia lahir dari kerja sama kaki ke kaki Rifky Dwi Septiawan menuju Arkhan Fikri, lalu diselesaikan Jeam Kelly Sroyer.

Strategi ini terbukti sukses membongkar pertahanan Thailand yang sebelumnya tak pernah kebobolan di turnamen ini.

Indonesia dapat kembali mengandalkan permainan serupa untuk menembus lini belakang Vietnam yang baru kecolongan dua gol.

Di sisi lain, Indonesia juga membuktikan tidak hanya bergantung dengan Ramadhan Sananta dalam urusan membuat gol.

Meski begitu, kehadiran penyerang berusia 20 tahun itu tetap penting karena dapat menarik perhatian satu atau dua bek lawan sehingga membuka ruang bagi pemain lain masuk.

Namun Pasukan Merah Putih tetap harus waspada dengan lini serang Vietnam yang sangat produktif mencetak gol.

Hingga saat ini, mereka telah menciptakan sembilan gol ke gawang lawan dan menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak dibanding peserta lainnya.

Lima gol diciptakan selama fase grup, sisanya mereka buat kala menghancurkan Malaysia 4-1 di semifinal.

Padahal Malaysia dapat dikatakan merupakan salah satu tim kuat di Piala AFF U-23. Indonesia juga sebelumnya takluk 1-2 dari Harimau Malaysia setelah unggul terlebih dahulu.

Vietnam mendominasi pertemuan atas timnas U-23 Indonesia sejak 2015 di semua ajang. Dari tujuh duel terakhir, The Golden Star mencatatkan lima kemenangan berbanding satu milik Indonesia dan satu laga berakhir imbang.

Satu-satunya kemenangan Indonesia diraih pada SEA Games 2023. Kala itu, skuad Garuda menaklukan Vietnam 3-2 di semifinal. Hasil tersebut dapat menjadi modal berharga untuk kembali menuai raihan positif.

Sebab kondisi skuad yang akan bertanding tak berbeda jauh. Terlebih tim asuhan Shin Tae-yong sedang dalam motivasi tinggi usai mengalahkan tuan rumah Thailand dengan skor cukup telak.

Indonesia yang sedang dalam motivasi tinggi diprediksi bakal lebih menguasai pertandingan, apalagi gaya bermain Shin Tae-yong lebih mengandalkan penguasaan bola dibanding serangan balik.

Namun Vietnam juga mempunyai kemampuan olah bola yang apik. Laga diperkirakan berjalan ketat, terutama di lini tengah. Rifky Dwi Septiawan akan menjadi kunci Indonesia memenangi duel tersebut.

Seusai laga melawan Timnas Thailand U-23, Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyampaikan pujian atas perjuangan anak asuhnya.

“Kerja keras dan memberikan seluruh kekuatan maksimal menjadi kunci kemenangan di pertandingan ini,” ujarnya.

“Kami apresiasi pemain Indonesia U-23 telah bermain bagus melawan tuan rumah,” sambungnya di situs resmi PSSI.

“Kita akui empat Negara yang lolos di semifinal sangat kuat. Secara pribadi, saya pikir pertandingan final nanti melawan Vietnam akan sangat bagus. Kemenangan ini juga menambah kepercayaan diri pemain,” ujar Shin Tae-yong.

Pemain belakang Timnas Indonesia U-23, Muhammad Ferarri, bersyukur Indonesia mampu meraih kemenangan dan lolos ke final.

Alhamdulillah, kami lolos ke final. Ini berkat kerja keras, bermain kompak dan mengikuti instruksi pelatih dengan baik,” ujar Ferarri.

“Kami yakin, pada laga final melawan Vietnam, kami dapa meraih kemenangan apalagi kita (Timnas Indoneia U-23) sering bertemu mereka. Terakhir saat SEA Games 2023 lalu,” ujar Muhammad Ferarri.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan perdana pelatih Shin Tae-yong atas Thailand semenjak dirinya ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019.

Jelang final ini, Shin Tae-yong mengungkapkan kondisi Bagas Kaffa yang menderita cedera sebelum pertandingan semifinal Piala AFF U-23 melawan Thailand, Kamis, 24 Agustus 2023. Ia belum bisa memastikan kapan sang kapten pulih.

Bagas Kaffa awalnya masuk dalam jajaran starter yang akan diturunkan Shin Tae-yong melawan Thailand.

Namun beberapa menit menjelang kick off, pemain asal klub Barito Putera itu diganti oleh Robi Darwis sehingga terjadi perubahan susunan pemain.

PSSI melalui keterangan tertulisnya menyebutkan Bagas menderita cedera saat pemanasan.

Absennya bek sayap berusia 21 tahun itu membuat Alfeandra Dewangga didapuk sebagai kapten tim dalam pertandingan itu.

Melihat kondisi Bagas saat ini, Shin Tae-yong memperkirakan sang pemain akan kembali absen saat Indonesia menghadapi Vietnam di partai final Piala AFF U-23. Situasi ini membuat Robi Darwis berpeluang akan tampil lagi dari menit awal.

“Saya belum bisa memastikan kapan dia akan pulih. Saya memperkirakan dia tidak akan bisa bermain lagi di turnamen ini (Piala AFF U-23 2023),” ujar Shin Tae-yong dalam jumpa pers usai laga melawan Thailand dikutip dari keterangan tim media PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun menyoroti kondisi timnya yang kini hanya memiliki 19 pemain. Awalnya, dia membawa 23 nama, namun Komang Teguh dan Titan Agung tak bisa bermain karena dalam masa hukuman AFC imbas kejadian di SEA Games 2023. Lalu Irfan Jauhari menderita cedera usai pertandingan perdana fase grup kontra Malaysia.

Dengan segala keterbatasan yang ada, Shin Tae-yong tetap senang atas pencapaian dalam pertandingan melawan Thailand.

Ia pun mengapresiasi kerja keras para pemain hingga bisa mencapai final meski tidak ada target apa pun di Piala AFF U-23.

“Skor memperlihatkan kami memiliki cara yang bagus untuk mengalahkan tim tuan rumah. Terlepas dari terbatasnya jumlah pemain, kami tetap mendapat hasil yang terbaik. Jadi saya mengapresiasi penampilan para pemain,” tuturnya.

Pertandingan final Piala AFF U-23 2023 antara timnas U-23 Indonesia melawan Vietnam akan digelar di Rayong Province Stadium, Thailand pada Sabtu, 26 Agustus 2023 mulai pukul 20.00 WIB, disiarkan langsung SCTV dan Vidio.

Hasil Bagus Indonesia atas Vietnam Dalam 2 Laga Sebelumnya

Pada ajang SEA Games 2023, Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 pada partai semifinal.

Padahal, saat itu, Indonesia sempat bermain dengan 10 orang setelah Pratama Arhan mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-60, saat Indonesia unggul 2-1.

Vietnam lantas menyamakan kedudukan pada menit ke-79. Gol kemenangan Indonesia tercipta pada masa tambahan waktu babak kedua lewat sepakan Muhammad Taufanny Muslihuddin. Dua gol Indonesia lainnya diciptakan oleh bek Komang Teguh dan Muhammad Ferrari.

Timnas Indonesia juga sebenarnya memiliki kenangan yang bagus kala bertemu Vietnam di ajang Piala AFF U-23 2019, saat itu bernama Piala AFF U-22.

Bertemu di laga semifinal, Asnawi Mangkualam Bahar Cs menang tipis 1-0 berkat gol dari Muhammad Luthfi Kamal pada menit ke-70. Indonesia pun akhirnya merebut gelar juara setelah menang 2-1 atas Thailand pada partai final.

Pada ajang Piala AFF U-23 2023 Vietnam berstatus sebagai juara bertahan. Mereka menjuarai ajang serupa pada 2022 lalu, namun dengan catatan Timnas Indonesia tak ikut serta setelah tujuh pemain yang akan dibawa Pelatih Shin Tae-yong terserang Covid-19.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir puas dengan keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF U-23. Erick berharap gelar juara bisa didapat.

Kelolosan Indonesia ke semifinal disambut suka cita para pendukung timnas, tak terkecuali Erick Thohir selaku Ketum PSSI yang menonton langsung aksi Ferrari Cs lewat layar kaca.

Erick terlihat antusias dan deg-degan menyaksikan perjuangan Indonesia ke final. Kini Erick berharap Indonesia bisa tampil baik di final dan membawa pulang gelar juara.

Alhamdulillah final. Terima kasih untuk perjuangan luar biasa Timnas Indonesia U23 yang bisa membawa Merah Putih ke final,” ujar Erick lewat unggahan di akun instagramnya.

“Selangkah lagi kita bisa membawa Garuda juara AFF Cup U23 #KitaGaruda.”

Indonesia akan bertemu Vietnam di laga final, Sabtu (26/8) malam WIB. Vietnam sebelumnya melibas Malaysia 4-1.

Usai laga, Erick bersyukur dengan kemenangan tersebut. Ia melihat para pemain tampil baik di laga itu. Tidak lupa, Menteri BUMN tersebut mengucapkan terima kasih kepada ofisial Timnas Indonesia yang telah melakukan persiapan dengan maksimal.

Alhamdulillah. Pemain tampil baik, rakyat berdoa, dan Allah pun beri jalan,” ujar Erick dalam keterangannya, Jumat (25/8/2023).

“Hari ini kembali para pemain tampil habis-habisan dengan kualitas teknis dan mental yang baik. Terbukti Thailand yang selama ini sulit kita taklukkan, dua kali beruntun kita kalahkan,” imbuhnya.

Soal laga final, Erick tak mau jemawa. Menurutnya, masih ada satu laga final melawan Timnas Vietnam U-23 yang dipastikan tidak akan mudah dilalui.

“Masih ada 90 menit plus perpanjangan jika imbang. Jadi kita akan terus berjuang hingga akhir,” tegas Erick.

Di laga final, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timnas Vietnam U-23 yang menang telak 4-1 atas Timnas Malaysia U-23.

Duel tersebut akan dilangsungkan pada Sabtu 26 Agustus 2023 pukul 20.00 WIB di Stadion Provinsi Rayong, Rayong, Thailand.

Indonesia kembali berada dalam situasi tidak diunggulkan. Pasalnya, Vietnam merupakan juara bertahan Piala AFF U-23.

Kemenangan yang diraih timnas sepak bola Indonesia U-23 atas Thailand dengan skor 3-1 di Stadion Provinsi Rayong, Kamis (24/8/2023), menjadi sejarah yang istimewa. Ini karena menjadi keunggulan pertama Indonesia atas Thailand di kandang lawan sejak 38 tahun terakhir.

“Ini kemenangan pertama timnas Indonesia atas Thailand di kandang Thailand setelah 38 tahun. Saat itu di tahun 1985 pada Pra-Piala Dunia 1986, lewat gol Heri Kiswanto ke gawang Somphong Nantaprapasin, Indonesia mengalahkan Thailand 1-0,” ujar pengamat sepak bola nasional, Akmal Maharli, Jumat (25/8/2023).

Sejak 1977, sejarah mencatat bahwa timnas Indonesia hanya enam kali menang atas Thailand, berbanding 16 kemenangan yang ditorehkan Thailand atas Pasukan Merah Putih.

Dari deretan kemenangan Indonesia atas Thailand, mayoritas terjadi di kandang sendiri atau tempat netral, seperti pada 1979, 2011, dan 2019 kala laga digelar di Indonesia.

Sedangkan pada 1989, 1991, dan 2023 kemenangan Indonesia atas Thailand terjadi di tempat netral.

Namun, pada Kamis 24 Agustus 2023, kutukan tak pernah menang atas Thailand di markas lawan sejak 1985 akhirnya pupus.

Kesebelasan Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong tampil trengginas di hadapan puluhan ribu pendukung Thailand yang memadati Rayong Provincial Stadium.

Kemenangan Indonesia terasa manis. Sebab timnas berangkat ke Thailand dengan kekuatan minus akibat beberapa pemain utama tak diijinkan klubnya.

Sebaliknya, Thailand yang turun dengan pemain terbaik plus rekor sempurna pada putaran grup malah dibuat tak berdaya oleh performa Skuad Garuda.

Indonesia pun melaju ke final Piala AFF U-23 setelah menundukkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-1 dalam babak semifinal.

Pada partai puncak, Garuda Muda akan berhadapan dengan Vietnam yang menang 4-1 atas Malaysia pada pertandingan semifinal yang dimainkan sebelumnya. Laga final akan berlangsung pada Sabtu (26/8/2023) pekan ini.

Pelatih Thailand Akui Kehebatan Indonesia

Timnas Thailand U-23 harus mengakui kehebatan Timnas Indonesia U-23 usai takluk 1-3 di semifinal Piala AFF U-23 2023, pada Kamis 24 Agustus 2023 malam WIB.

Menurut pelatih Thailand U-23, Issara Sritaro, penyebab timnya kalah karena skuad Garuda Muda dapat bermain lebih baik dari anak buahnya.

Berlangsung di Rayong Province Stadium, Thailand, pasukan Issara Sritaro benar-benar tak bisa berbuat banyak saat menghadapi Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong.

Sebab Thailand U-23 benar-benar kesulitan menyerang dan tak bisa memaksimalkan peluang yang tercipta.

Usai laga, Sritaro pun mengakui Thailand U-23 tampil tidak sesuai harapannya. Jadi, dia mau tidak mau harus mengakui kualitas bermain tim asuhan Shin Tae-yong tersebut jauh lebih baik.

“Kami harus mengakui bahwa tidak bermain dengan baik. Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 bermain cukup baik,” kata Issara Sritaro dilansir dari laman Federasi Sepak Bola Thailand, Changcuek, Jumat (25/8/2023).

Pelatih berusia 43 tahun itu mengatakan cukup buruk Thailand harus tertinggal 1-3 pada babak pertama. Pada babak kedua timnya berusaha membalikkan keadaan, tetapi nyatanya tidak mampu.

“Di babak kedua, kami mencoba mengubah permainan, tetapi kami tidak bisa bangkit lagi. Itu membuat banyak pemain tertekan. Kami harus mengakui,” sambung Issaara Sritaro.

Issara Sritaro mengatakan hasrat Thailand untuk menjadi juara Piala AFF U-23 sudah terkubur.

Namun, timnya harus kembali berjuang dalam perebutan tempat ketiga melawan Malaysia, Sabtu 26 Agustus 2023.

“Kekalahan mengecewakan. Kami sebenarnya ingin ke final,” imbuh Issara Sritaro.

Kekalahan itu pun membuat Thailand tidak bisa membalas dendam kekalahan pada final SEA Games 2023 dari Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sajfri dengan skor 2-5. Alhasil, saat itu tim tersebut harus puas menempati posisi kedua.***

 

Hasil Tujuh Pertemuan Terakhir Vietnam vs Indonesia

15/06/2015 Vietnam 5-0 Indonesia (SEA Games 2015)

22/08/2017 Vietnam 0-0 Indonesia (SEA Games 2017)

24/03/2019 Indonesia 0-1 Vietnam (Kualifikasi Piala Asia U-23)

01/12/2019 Vietnam 2-1 Indonesia (Fase Grup SEA Games 2019)

10/12/2019 Indonesia 0-3 Vietnam (Final SEA Games 2019)

06/05/2022 Vietnam 3-0 Indonesia (SEA Games 2021)

13/05/2023 Indonesia 3-2 Vietnam (SEA Games 2023).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Ditetapkan Sebagai Tersangka Penipuan dan Penggelapan, Guru Besar UNHAS Ditahan Diam-diam di Polda Metro Jaya

Seorang Guru Besar Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, bernama