GMKI Diobok-Obok, GAMKI Pun Digoreng-Goreng, Segera Singkirkan Para Pengkhianat dari Komunitas Wali Songo Kekristenan

GMKI Diobok-Obok, GAMKI Pun Digoreng-Goreng, Segera Singkirkan Para Pengkhianat dari Komunitas Wali Songo Kekristenan

- in DAERAH, EKBIS, HUKUM, NASIONAL, POLITIK, PROFIL
4235
0
Foto bersama DPP GAMKI bersama MPO DPP GAMKI dan GAMKI DKI Jakarta, usai rapat memastikan pelantikan GAMKI Jakarta akan dilaksanakan Sabtu 29 April 2023, di Lantai 4 Grha Oikumene PGI, Jalan Salemba Raya 10, Jakarta Pusat, Kamis malam (13/04/2023). (Dok)Foto bersama DPP GAMKI bersama MPO DPP GAMKI dan GAMKI DKI Jakarta, usai rapat memastikan pelantikan GAMKI Jakarta akan dilaksanakan Sabtu 29 April 2023, di Lantai 4 Grha Oikumene PGI, Jalan Salemba Raya 10, Jakarta Pusat, Kamis malam (13/04/2023). (Dok)

Aktivis Perempuan dari Komunitas Kristen, Adele Hutapea, sangat menyayangkan adanya sikap dan tindakan-tindakan yang kian sudah jauh dari nilai-nilai dan perjuangan Kekristenan yang dilakukan segelintir oknum aktivis Kristen.

Karena itu, menurut Adele Hutapea yang merupakan aktivis mahasiswa 98 ini, sudah saatnya semua organisasi Kristen, seperti Gerakan Mahasiswa Kristen (GMKI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI), Gerakan Siswa Kristen Indonesia (GSKI), Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI), Persatuan Intelektual Kristen Indonesia), Persatuan Tani Kristen Indonesia (PERTAKIN), Partisipasi Kristen Indonesia (PARKINDO), Kesatuan Pekerja Kristen Indonesia (KESPEKRI), Lembaga Kebudayaan Kristen Indonesia (LKKI), yang dikenal dengan Wali Songo Kristen Indonesia, untuk serius mengkonsolidasikan diri dan membersihkan para pengkhianat organisasi dan penyalahguna organisasi selama ini.

Hal itu dikatakan Adele Hutapea, yang merupakan Senior GMKI Jakarta itu, dengan semakin mirisnya kehidupan dan pergerakan organisasi Kristen belakangan ini, terutama di GMKI, GAMKI, PIKI dan PARKINDO.

“Saya miris melihat kondisi GMKI yang dirusak oleh oknum tertentu, kini GAMKI juga dirusak oleh para oknum yang sama. Padahal, GAMKI ini, setahu saya sudah tak kunjung menyelenggarakan Kongres yang seharusnya pada tahun 2022 lalu, kok sampai kini malah engak terlaksana,” tutur Adele Hutapea, Jumat (14/04/2023).

Lebih lanjut, Adele Hutapea yang juga seorang dokter itu menyampaikan, dirinya melihat segelintir orang sedang mengobok-obok organisasi-organisasi Kristen.

Karena itu, lanjut Adele Hutapea yang juga salah seorang Ketua DPP PARKINDO itu, mesti segera dilakukan tindakan penyelamatan organisasi, terutama dengan menyingkirkan para perusak dari Komunitas Kristen.

“DPD-DPD GAMKI mesti bergerak kalau sudah seperti ini kondisinya. Kepemimpinan yang gagal harus segera diakhiri. Saya menyarankan, perlu keberanian untuk mendeklarasikan bahwa DPP GAMKI yang baru diproklamirkan, sebab yang lama sudah gagal melaksanakan tugas regenerasi melalui Kongres,” tutur Adele Hutapea.

Adele Hutapea juga sangat menyayangkan adanya ulah segelintir orang di DPP GAMKI yang memaksakan adanya Caretaker, padahal GAMKI DKI Jakarta tidak ada masalah yang serius. Malah sudah melaksanakan regenerasi dan tugas-tugas organisasi dan sudah Konferda pada bulan Juni 2022 silam.

“GAMKI di masa lalu, bisa macet tidak ada Kongres selama 10 tahunan lebih. Karena itu, segeralah untuk bertindak,” tandas Adele Hutapea.

Sebelumnya, beredar Surat Terbuka DPD GAMKI DKI Jakarta untuk meresponi gerakan-gerakan liar yang diduga dilakukan sejumlah oknum DPP GAMKI terhadap GAMKI DKI Jakarta. (RED)

 

Siapakah Pengkhianat di GAMKI, Dan Salah Satu Biang Masalah di Organisasi Kekristenan di Indonesia?

Shalom, Salam Damai Sejahtera

Saudara-Saudari sekalian, perkenankan, Saya JHON ROY P SIREGAR, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI) Demisioner.

Saya hendak menyampaikan sejumlah informasi dan kondisi Kekristenan di Tanah Air, yang semakin rusak. Dirusak oleh sejumlah oknum yang mengaku-ngaku sebagai aktivis di Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI), sebut saja langsung bernama Sahat Martin Philip Sinurat bersama komplotan busuknya.

Dengan sangat terpaksa, saya harus mengungkapkan lagi kebusukan-kebusukan serta perilaku kebiadaban organisasi yang disebabkan oleh Sahat Martin Philip Sinurat Cs.

Pengkhianat di Depan Mata

Saya berani menyatakan, Sahat Martin Philip Sinurat Cs adalah oknum-oknum aktivis Kristen yang melakukan Pengkhianatan dan kekejian organisasi di depan mata.

Pada Kamis malam (13/04/2023), Saya JHON ROY P SIREGAR, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI) Demisioner, bersama Rapen AM Sinaga (Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta yang baru), Antony Yuda (Sekretaris DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta), Richard Willer Pakpahan (Salah seorang Ketua DPP GAMKI, yang juga mantan Sekretaris DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta, dan mantan Ketua Cabang GMKI Jakarta), Daniel Daris (DPD GAMKI DKI Jakarta), Toeloes Moeara Siregar (DPD GAMKI DKI Jakarta, mantan Ketua DPC GAMKI Jakarta Timur), Togu Nainggolan (Ketua DPC GAMKI Jakarta Timur), Boy Simanjuntak (Sekretaris DPC GAMKI Jakarta Timur), Mawan Pakpahan (DPD GAMKI DKI Jakarta), Jefri Johannes Pangaribuan (mantan Pengurus DPD GAMKI DKI Jakarta, yang kini Sekretaris DPC GAMKI Kota Bekasi yang tak kunjung dilantik),  menghadiri Undangan Pertemuan atau Rapat, dengan Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI), di Grha Oikumene, Lantai 4 Sekretariat DPP GAMKI, Jalan Salemba Raya 10 Jakarta Pusat.

Agenda rapat adalah untuk mencari solusi dan segera melantik DPC-DPC dan DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta yang baru, pada tanggal 29 April 2023.

Hadir dan memimpin rapat kali ini adalah Ketua Umum DPP GAMKI, Willem Wandik, Ketua Umum MPO DPP GAMKI Michael Wattimena, anggota MPO DPP GAMKI Ester Pormes Talaumbanua, Sherly Chey Wattimena (DPP GAMKI), Sahat Martin Philip Sinurat (Sekum GAMKI), Andriyas Tuhenay (DPP GAMKI), Theofilus Tampubolon (DPP GAMKI), Paul Bell Pasaribu (DPP GAMKI), Penri Sitompul (DPP GAMKI), Samuel Hutapea (Mantan Sekcab GMKI Jakarta), Boru Sinaga (DPP GAMKI), dan beberapa pengurus DPP GAMKI lainnya. (Absensi Rapat ada di DPP GAMKI).

Rapat dibuka oleh Ketua Umum DPP GAMKI, Willem Wandik. Willem Wandik memberikan pengarahannya agar ‘persoalan’ GAMKI DKI Jakarta diselesaikan dengan penuh kekeluargaan, dan mencari solusi terbaik, untuk pelantikan GAMKI DKI Jakarta hasil Konpercab dan Konferda GAMKI DKI Jakarta pada bulan Juni 2022 silam.

Kemudian, Saya JHON ROY P SIREGAR, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI) Demisioner, dipersilakan untuk menyampaikan hal-hal yang menjadi pokok permintaan kepada DPP GAMKI, setelah terlebih dahulu memperkenalkan setiap peserta yang hadir dari GAMKI DKI Jakarta.

Saya JHON ROY P SIREGAR, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI) Demisioner, merinci dan menjelaskan, bahwa Konpercab dan Konferda GAMKI DKI Jakarta telah dilaksanakan pada bulan Juni 2022 silam, secara sah, dan dihadiri oleh unsur DPP GAMKI atas nama Hendri Arianto Sinaga (Ketua DPP GAMKI), Juan Sidabutar (DPP GAMKI), Richard Willer Pakpahan (DPP GAMKI), Halanson Julianus Nainggolan (DPP GAMKI).

Saudara Hendrik Sinaga sebagai DPP GAMKI membuka dan mengesahkan Konpercab dan Konferda GAMKI DKI Jakarta, dan juga menjadi Ketua Majelis Sidang mewakili unsur DPP GAMKI.

Nah, sejak selesainya Konferda DPD GAMKI DKI Jakarta pada bulan Juni 2022 silam itu, hingga kini, di bulan April 2023, terhitung sudah 10 bulan berjalan, DPP GAMKI tak kunjung merespon pelantikan DPD GAMKI DKI Jakarta.

Sudah hampir separuh kalender organisasi untuk pengurus baru, tidak kunjung dilakukan pelantikan.

Perlu diketahui, Konferda DPD GAMKI DKI Jakarta dihadiri oleh Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Syarif (Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta), Martua Nainggolan (Anggota DPRD Provinsi Banten, yang saat itu masih menjadi Caretaker DPD GAMKI Provinsi Banten), utusan GAMKI Tangerang Selatan, OKP dan sejumlah undangan lainnya.

Kalender organisasi DPD GAMKI DKI Jakarta telah berlangsung baik dan lancar. Demikian pula dengan proses pemilihan Ketua DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta, Rapen AM Sinaga dan Sekretaris DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta, Antony Yudha, berlangsung dengan baik.

Selama kepengurusan saya di DPD GAMKI DKI Jakarta, seingat saya, tidak pernah satu kali pun ada DPP GAMKI yang berkomunikasi resmi kepada saya, bahkan kalau boleh dikatakan, tidak pernah ada komunikasi organisasi yang berlangsung.

Namun, kami dari DPD GAMKI DKI Jakarta, tetap melakukan prosedur organisasi, dengan bersurat dan berkomunikasi secara formal dan informal dalam pelaksanaan Konpercab dan Konferda, karena kalender organisasi sudah memang mewajibkan harus segera dilakukan pada Juni 2022 silam itu.

Dalam rapat dengan DPP GAMKI malam itu, Rapen AM Sinaga sebagai Ketua DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta yang belum dilantik juga menjelaskan proses-proses yang dilaksanakan secara organisatoris.

Demikian pula Sekretaris DPD GAMKI DKI Jakarta, Antony Yuda, dan Richard Willer Pakpahan, menegaskan hal yang sama.

Kemudian, Sahat Martin Philip Sinurat sebagai Sekum GAMKI, yang datang sangat terlambat dalam rapat, bersama rombongannya, memasuki rapat.

Sahat Martin Philip Sinurat diberikan kesempatan untuk menyampaikan, perihal persoalan adanya isu caretaker di GAMKI DKI Jakarta.

Alasannya, ada persuratan yang tidak ditandatangani oleh Richard Manahan Rumahorbo, sebagai Sekretaris demisioner di GAMKI DKI Jakarta.

Kemudian, kehadiran unsur DPP GAMKI di Konfercab dan Konferda GAMKI DKI Jakarta, Hendrik Arianto Sinaga, dipertanyakan oleh Sahat Martin Philip Sinurat. (Catatan: Hendrik Arianto Sinaga dan Richard Manahan Rumahorbo, tidak ikut dalam rapat karena ada hal lain yang tidak memungkinkan untuk ikut rapat).

Kemudian, Ester Pormes Talaumbanua, sebagai anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) DPP GAMKI, memberikan masukan dan wejangan agar persoalan yang terjadi diselesaikan untuk solusi terbaik.

Saya JHON ROY P SIREGAR, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI) Demisioner, merespon beberapa poin yang diungkapkan oleh Sahat Martin Philip Sinurat, terkait persuratan dan DPP GAMKI yang hadir di Konfercab dan Konferda GAMKI DKI Jakarta.

Mengenai persuratan yang dipaksakan Sahat Martin Philip Sinurat sebagai alasan melakukan caretaker, sangat tendensius dan melampaui pendekatan solusi organisatoris di GAMKI.

DPD GAMKI DKI Jakarta, waktu itu, telah membenahi persuratan, lengkap dengan stempel basah, dan mengirimkan ulang ke DPP GAMKI.

Mengenai Richard Manahan Rumahorbo, dapat dijelaskan, bahwa dia mendadak tidak aktif dan tidak bisa dihubungi, dan tidak mau hadir menyelesaikan kepengurusan organisasi. (Mungkin karena alasan personal di luar organisasi).

Dengan mengecek mekanisme persuratan di AD/ART GAMKI, dimungkinkan bahwa jika Sekretaris tidak aktif atau berhalangan, maka persuratan bisa ditandatangani oleh Ketua bersama Wakil Ketua atau bersama Wakil Sekretaris.

Dan semua surat-surat DPD GAMKI DKI Jakarta, selanjutnya sudah dilengkapi sesuai aturan itu. Semua juga sudah dikirimkan langsung ke DPP GAMKI, dan juga melalui Ketua DPP GAMKI Hendrik Arianto Sinaga, maupun lewat pesan atau Chat WA.

Sedangkan terkait keabsahan kehadiran DPP GAMKI Hendrik Arianto Sinaga yang membuka dan mengikuti Konpercab dan Konferda GAMKI DKI Jakarta sebagai perwakilan DPP GAMKI, meski pun tidak ada surat tugas, kebiasaan di GAMKI adalah bisa melaksanakan tugas-tugas organisasi, sedangkan surat penugasan bisa disusulkan.

Lagi pula, Ketua DPP GAMKI Hendrik Arianto Sinaga dan kawan-kawannya, adalah pengurus yang sah di DPP GAMKI dan di Surat Keputusan DPP GAMKI, maka secara etika organisasi, layak untuk melaksanakan tugas-tugas organisasi di mana pun berada, dengan situasi dan kondisi-kondisi yang ada sebagai pertimbangannya.

Perlu disampaikan, laporan lengkap dan pelaksanaan Konpercab dan Konperda GAMKI DKI Jakarta, sudah 3 kali dikirimkan langsung ke DPP GAMKI sejak bulan Juni 2022 silam. Termasuk penyerahan laporan lagi secara langsung dalam rapat bersama yang berlangsung di Lantai 4 Ghra Oikumene, pada Rabu malam (13/04/2023) itu.

Sedangkan terkait isu caretaker dan Konferda ulang yang dirancang Sahat Martin Philip Sinurat Cs, dilakukan secara diam-diam dan sembunyi-sembunyi, tanpa adanya informasi dan juga komunikasi dengan Saya JHON ROY P SIREGAR, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI) Demisioner.

Kemudian, setelah mendengarkan masukan dan saran dari Ketua Umum MPO DPP GAMKI, Michael Wattimena, rapat membuat sejumlah kesepakatan, yang disampaikan oleh Sherly Chey Wattimena.

Antara lain:

Satu, Persiapan pelantikan GAMKI DKI Jakarta hasil Konpercab dan Konferda GAMKI DKI Jakarta pada bulan Juni 2022 silam, yang dijadwalkan pada Sabtu 29 April 2023, yang akan dilaksanakan langsung oleh Ketua Umum DPP GAMKI, Willem Wandik.

Dua, Meminta semua pihak, untuk tidak ada semacam perang opini di berbagai media atau medsos.

Tiga, Menyelesaikan persoalan dengan pendekatan kekeluargaan dalam bingkai GAMKI yang menjunjung tinggi persekutuan dan cinta kasih Kristus.

Empat, Menyetop isu caretaker. (Dan saya masih memastikan sebelum rapat ditutup, mengenai isu Caretaker, dan Sherly Chey Wattimena menegaskan isu caretaker di-closed, serta fokus pada pelantikan GAMKI Jakarta, yang akan dilaksanakan oleh Ketua Umum DPP GAMKI, Willem Wandik pada Sabtu 29 April 2023).

Lima, Menjaga dan melaksanakan komitmen itu secara bersama-sama.

Rapat selesai dan ditutup oleh Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik, dengan berdoa oleh Ester Pormes Talaumbanua (MPO GAMKI), diakhiri dengan sesi foto bersama.

Namun, alangkah terkejutnya kami, ketika pada Jumat Siang (14/04/2023), beredar hasil rapat versi Tim Caretaker.

Berikut Hasil Rapat Versi Tim Caretaker itu:

*Hasil rapat pertemuan DPP GAMKI, MPO GAMKI, Tim Caretaker DPD GAMKI DKI Jakarta, Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta 2019 – 2022, dan Anggota GAMKI DKI Jakarta, Kamis, 13 April 2023, di Grha Oikoumene PGI*

  1. Bahwa dalam pertemuan, Ketua GAMKI DKI Jakarta 2019 – 2022 menyampaikan telah dilaksanakan Konpercab serentak DPC GAMKI Se-DKI Jakarta dan Konperda DPD GAMKI DKI Jakarta pada bulan Juni 2022. Dalam Konperda, terpilih Ketua serta Sekretaris DPD GAMKI DKI Jakarta.
  2. Bahwa DPP GAMKI merespons pernyataan Ketua GAMKI DKI Jakarta dengan menjelaskan mekanisme pelaksanaan Konpercab serentak dan Konperda GAMKI DKI Jakarta pada bulan Juni 2022 tidak sah karena tidak melalui mekanisme internal organisasi GAMKI.
  3. Bahwa melihat adanya persoalan di GAMKI DKI Jakarta, DPP GAMKI beberapa bulan lalu menilai perlunya dibentuk Caretaker GAMKI DKI Jakarta yang bertugas untuk melaksanakan Konpercab, Konperda, dan Pelantikan DPC dan DPD GAMKI se-DKI Jakarta.
  4. Telah disepakati bersama pada hari ini oleh MPO GAMKI, DPP GAMKI, Caretaker GAMKI DKI Jakarta, dan anggota GAMKI DKI Jakarta bahwa Konpercab, Konperda, dan Pelantikan GAMKI Se-DKI Jakarta akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 April 2023 dan dihadiri langsung oleh Ketum DPP GAMKI Willem Wandik.
  5. Bahwa untuk semua hal terkait persiapan dan pelaksanaan Konpercab, Konperda, dan Pelantikan DPC dan DPD GAMKI se-DKI Jakarta akan dikoordinir penuh oleh Tim Caretaker GAMKI DKI Jakarta.

Demikian hasil pertemuan ini disampaikan. Ora Et Labora.

Jakarta, 13 April 2023

Tertanda,

Caretaker DPD GAMKI DKI Jakarta

Ketua, Andriyas Tuhenay.

Sekretaris, Teofilus Tampubolon. (0878-3215-1001).

 

Meresponi beredarnya informasi Caretaker itu, saya menanyakan langsung ke Sherly Chey Wattimena (DPP GAMKI), perihal komitmen dan kesepakatan rapat.

Dan ternyata, beredarnya hasil rapat versi Caretaker itu, berdasarkan percakapan internal DPP GAMKI lagi.

Demikian pula, ketika saya menghubungi Theopilus Tampubolon, yang menjadi Sekretaris caretaker dihasil rapat versi mereka itu, mengiyakan bahwa itu caretaker karena disuruh ‘mereka-mereka’ DPP GAMKI.

Saya tegaskan, jika hasil rapat bersama pun dimanipulasi, lalu apa lagi yang bisa diharapkan kepada DPP GAMKI yang begitu?

Saya menyampaikan beberapa poin penegasan terkait rapat DPP GAMKI bersama MPO DPP GAMKI dan DPD GAMKI DKI Jakarta itu.

Sebagai berikut:

  1. GAMKI DKI JAKARTA melaksanakan Konpercab dan Konferda sesuai kalender organisasi, dan dihadiri unsur DPP GAMKI.
  2. Persuratan administratif yang dijadikan alasan licik untuk melakukan caretaker dan konferda ulang, sudah selesai dan sudah dibenahi. Laporan dan bundel pun sudah diserahkan langsung kemarin dalam pertemuan dengan Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik.
  3. Disepakati, hanya akan langsung melantik pengurus DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta oleh Ketua Umum pada 29 April 2023.
  4. Jika ada persoalan di internal DPP GAMKI, jangan korbankan GAMKI DKI Jakarta. Jika DPP GAMKI yang hadir ke Konpercab dan Konferda GAMKI DKI, tidak dianggap, berarti kami butuh surat pemecatan DPP GAMKI yang hadir di Konpercab dan Konferda karena ternyata tidak diakui sebagai DPP GAMKI.
  5. Kami pasti akan mempertahankan bahwa kami sah, dan tidak ada pelanggaran konstitusional.
  6. Yang melakukan pelanggaran adalah oknum DPP GAMKI, dan lalu membuat caretaker secara sembunyi-sembyunyi. Kami tidak pernah tahu dan tidak pernah ada urusan caretaker.
  7. Jika caretaker dipaksakan, maka kami akan bergerak dan tempuh julur hukum dan semua jalur yang memungkinkan.
  8. DPP ingkar terhadap hasil rapat, dan malah melakukan gerakan tambahan.
  9. Urusan caretaker yang sempat dipercakapkan di internal DPP itu urusan oknum DPP, jangan korbankan Organisasi
  10. Yg perlu dievaluasi itu asalah oknum DPP dan Tim Caretaker, yakni stop.
  11. Jangan malah GAMKI DKI JAKARTA YANG DI KORBANKAN karena arogansi oknum DPP GAMKI.

“Saya kira kita semua kemarin komitmen untuk melaksanakan pelantikan 29 April 2023. Hanya itu agendanya. Di luar itu, ilegal. Kk sendiri yang menegaskan, bahwa kita hanya urus pelantikan saja. Gak ada lagi urusan caretaker,” saya menegaskan.

Kini, silakan Saudara-Saudari sekalian yang menilai, Siapakah sebenarnya Perusak Organisasi itu? Siapakah Perusak Kekristenan itu? Siapakah Pengkhianat Organisasi itu?

 

Jakarta, Jumat 14 April 2023                                      

 

Salam

Ora Et Labora

 

Jhon Roy P Siregar

Ketua DPD GAMKI Provinsi DKI Jakarta (Demisioner)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Hakim ‘Gemes’ di Sidang Bongkar Kejahatan Biksu Perempuan dan Keluarganya pada PN Jakarta Utara

Persidangan kasus pidana dengan Nomor Perkara 246/Pid.B/2024, di