GMKI dan GAMKI Jakarta Sukses Selenggarakan Konser Wayang Milenial Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

GMKI dan GAMKI Jakarta Sukses Selenggarakan Konser Wayang Milenial Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

- in DAERAH, EKBIS, HUKUM, NASIONAL, Pendidikan, POLITIK, PROFIL
661
3
Foto: ‘Konser Wayang Milenial’ Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kota Jakarta (HUT Kota Jakarta) Ke-497 yang jatuh pada 22 Juni, di Halaman Ruko Multiguna, Jalan Rajawali Selatan, Pademangan Timur, Jakarta Utara, pada Sabtu (01/06/2024) malam WIB hingga Minggu subuh (02/06/2024). (Dok)Foto: ‘Konser Wayang Milenial’ Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kota Jakarta (HUT Kota Jakarta) Ke-497 yang jatuh pada 22 Juni, di Halaman Ruko Multiguna, Jalan Rajawali Selatan, Pademangan Timur, Jakarta Utara, pada Sabtu (01/06/2024) malam WIB hingga Minggu subuh (02/06/2024). (Dok)

Sejumlah organisasi mahasiswa dan aktivis yang berbasis di Salemba Raya, Jakarta Pusat, yakni Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (GMKI Jakarta), Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI Jakarta), Forum Senior GMKI Jakarta, Lembaga Bantuan Hukum Perjuangan Rakyat (LBH Perjuangan Rakyat), sukses menggelar ‘Konser Wayang Milenial’ Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kota Jakarta (HUT Kota Jakarta) Ke-497 yang jatuh pada 22 Juni.

Dengan menggandeng KOmunitas Wayang Nusantara (KWN), Pagelaran Wayang Milenial’ Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kota Jakarta (HUT Kota Jakarta) Ke-497 yang jatuh pada 22 Juni itu menampilkan Cerita Dewa Wisnu yang dibawakan Ki Dalang KRAT H Gunarto Gunotalijendro, SH., MM., yang merupakan Datuk Manggala Budaya Sastra Diraja, yang juga Dalang Duta Budaya Eropa, Jepang, Amerika Serikat. Ki KRAT H Gunarto Gunotalijendro, SH., MM juga dikenal dengan Dalang Salto Sewengi Ping Seket.

Ketua Pelaksana kegiatan, Jhon Roy P Siregar, menyampaikan, sebagai bangsa yang tidak akan melupakan sejarah kelahirannya, kegiatan ini juga untuk mempererat kembali tali persaudaraan sesama anak bangsa Indonesia, yang mengalami beberapa keretakan komunikasi pasca Pilpres 2024 yang lalu.

“Kita rajut kembali semangat kekeluargaan dan persaudaraan. Dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote, untuk memperteguh komitmen kebangsaan dan kecintaan kepada Tanah Air Indonesia dengan dasar dan ideologi Pancasila yang mempersatukan Indonesia,” tuturnya, Minggu (02/06/2024).

Siregar juga menyampaikan, perjalanan anak-anak bangsa Indonesia ke depan masih panjang. Karena itu, persaudaraan dan solidaritas sesama anak bangsa akan membuat perjalanan sejarah Indonesia ke depan kian mesra, dan takkan membosankan sampai pada akhir hayat.

‘Konser Wayang Milenial’ Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kota Jakarta (HUT Kota Jakarta) Ke-497 ini digelar pada Sabtu (01/06/2024) malam WIB hingga Minggu subuh (02/06/2024), di Halaman Ruko Multiguna, Jalan Rajawali Selatan, Pademangan Timur, Jakarta Utara.

Kegiatan ini berlangsung sukses. Peserta dan pengunjung yang datang membludak tampak menikmati kehangatan dan suguhan performa lintas budaya, serta cerita wayang Dewa Wisnu yang dibawakan Ki Dalang KRAT H Gunarto Gunotalijendro.

Koordinator Umum Kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini, yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum Perjuangan Rakyat (LBH Perjuangan Rakyat), Sandi Ebenezer Situngkir menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat kembali solidaritas dan persaudaraan sesama anak bangsa pasca Pilpres 2024 yang sudah berlalu.

“Kita kembali kepada keseharian kita kepada sesama anak bangsa yang saling topang menopang, menjaga solidaritas dan persaudaraan yang teguh sebagai sesama anak bangsa Indonesia, yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila,” tutur Sandi Eben Ezer Situngkir.

Selain itu, lanjutnya, perhelatan Pilkada Serentak 2024 sudah di depan mata. Karena itu, sebagai sesama anak bangsa Indonesia, peristiwa-peristiwa pada Pemilu terdahulu harus menjadi pelajaran yang sangat berharga, untuk tetap merajut persaudaraan.

“Kita song-song lagi Pilkada Serentak 2024 ini dengan persatuan dan kesatuan yang teguh, dan persaudaraan yang mesra. Kita adalah anak-anak bangsa, anak-anak yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan gotong royong. Boleh berbeda pendapat, dan boleh berbeda pilihan politik, tapi jangan membuat persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa jadi retak,” tutur Sandi Eben Ezer Situngkir.

Kegiatan Konser Wayang Milenial ini, juga dihadiri sejumlah Nasional dan Jakarta, serta para komunitas Wayang di Jabodetabek. Selain itu, ada penampilan berbagai budaya Nusantara. Juga ada doorprize bagi para pengunjung.

Dalam rangkaian acara, juga di-launching Lembaga Bantuan Hukum Perjuangan Rakyat (LBH Perjuangan Rakyat).

LBH Perjuangan Rakyat besutan advokat ternama Sandi Eben Ezer Situngkir bersama Jhon Roy P Siregar dan Rapen AM Sinaga itu didukung oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (GMKI Jakarta), Forum Senior GMKI Jakarta, Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI Jakarta), dan Komunitas Wayang Nusantara (KWN).

Proses launching LBH Perjuangan Rakyat ini diawali dengan prosesi rombongan dalang Ki KRAT H Gunarto Gunotalijendro, SH., MM juga dikenal dengan Dalang Salto Sewengi Ping Seket memasuki arena acara. Penyambutan prosesi dilakukan oleh ratusan peserta yang hadir, dengan diiringi tarian, musik gamelan dan doa-doa.

Selanjutnya, anggota rombongan Ki Dalang KRAT H Gunarto Gunotalijendro, SH., MM membawa kendi sebagai simbol dimulainya sebuah perhelatan yang dihantarkan doa-doa. 

Kendi itu diserahkan kepada LBH Perjuangan Rakyat yang diwakili oleh Sandi Eben Ezer Situngkir, Jhon Roy P Siregar, Rapen AM Sinaga, Chrysmon Wifandi Gultom, dan secara bersama-sama memecahkan kendi tersebut ke tanah.

Selanjutnya, dengan tetap diiringi musik dan tarian, para perwakilan LBH Perjuangan Rakyat membalutkan ulos kepada rombongan Ki KRAT H Gunarto Gunotalijendro. Dan penyerahan Tokoh Wayang Dewa Wisnu kepada Ki Dalang KRAT H Gunarto Gunotalijendro. Yang dibalas dengan penyematan pin wayang kepada Direktur LBH Perjuangan Rakyat, Sandi Eben Ezer Situngkir oleh perwakilan Komunitas Wayang Nusantara (KWN).

“Semoga LBH Perjuangan Rakyat berjuang membela kebenaran dan keadilan bagi masyarakat yang tertindas. Menjadi tempat mengadu dan bersama-sama mewujudkan hukum dan keadilan bagi masyarakat semuanya,” tutur Ki Dalang, KRAT H Gunarto Gunotalijendro.

Selanjutnya, Ki Dalang KRAT H Gunarto Gunotalijendro, juga dikenal dengan Dalang Salto Sewengi Ping Seket, memulai pagelaran wayang Batara Wisnu, sebagai tokoh pewayangan yang membela kebenaran dan keadilan.

“Dewa Wisnu adalah dewa yang membela kebenaran dan keadilan. Yang menegakkan keadilan bagi manusia. Itu filosofi pagelaran kali ini. Kiranga LBH Perjuangan Rakyat menjadikan sosok Dewa Wisnu dalam menegakkan hukum dan keadilan bagi seluruh masyarakat,” tutur Ki Dalang KRAT H Gunarto Gunotalijendro, dalam pagelaran wayang tersebut.

Kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni dengan Pagelaran Wayang Kulit Milenial pimpinan Ki Dalang KRAT H Gunarto Gunotalijendro, SH., MM juga dikenal dengan Dalang Salto Sewengi Ping Seket, diinisiasi bersama oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (GMKI Jakarta), dan Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI Jakarta), Forum Senior GMKI Jakarta, bersama Lembaga Bantuan Hukum Perjuangan Rakyat (LBH Perjuangan Rakyat), menggandeng Komunitas Wayang Nusantara (KWN).

Pagelaran ini menampilkan dalang Ki KRAT H Gunarto Gunotalijendro, SH., MM., yang merupakan Datuk Manggala Budaya Sastra Diraja, yang juga Dalang Duta Budaya Eropa, Jepang, Amerika Serikat. Ki KRAT H Gunarto Gunotalijendro, SH., MM juga dikenal dengan Dalang Salto Sewengi Ping Seket.(RED)

3 Comments

  1. Pingback: GMKI dan GAMKI Jakarta Sukses Selenggarakan Konser Wayang Milenial Peringatan Hari Pancasila 1 Juni – Lensa Kota

  2. Pingback: GMKI dan GAMKI Jakarta Sukses Selenggarakan Konser Wayang Milenial Peringatan Hari Pancasila 1 Juni – Faktual Polres Pasuruan Kota

  3. Pingback: GMKI dan GAMKI Jakarta Sukses Selenggarakan Konser Wayang Milenial Peringatan Hari Pancasila 1 Juni – Pojok Lensa Kota

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Bakal Segera Diadili di Kursi Pesakitan, Ketua Yayasan Sekolah Pendeta Indonesia Timur Prof Dr Marthen Napang Dijebloskan Ke Rutan Salemba

Ketua Badan Pengurus Yayasan Sekolah Tinggi Filsafat dan