Breaking News

Gerakan Keperempuanan Femail in Action IPB Berhasil Luncurkan Aplikasi FIA 4.0

Gerakan Keperempuanan Femail in Action IPB Berhasil Luncurkan Aplikasi FIA 4.0.

Gerakan Keperempuanan yang tergabung dalam Femail in Action (FIA) Institut Pertanian Bogor (IPB) kini kembali melakukan gebrakan. Kali ini, FIA IPB berhasil membuat dan meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama FIA 4.0.

Pembimbing Komunitas Keperempuanan Femail in Action IPB, Dr Ir Herien Puspitawati menyampaikan, FIA 4.0, adalah Aplikasi untuk Perempuan Karya Mahasiswa IPB.

Herien mengatakan, setelah menorehkan beberapa penghargaan pada tingkat internasional di empat negara yakni Thailand, Singapura, London, dan Malaysia, FIA membuat prestasi baru lagi dengan aplikasi itu.

“Gerakan keperempuanan ini hadir dalam sebuah aplikasi yang diberi nama FIA 4.0.,” tutur Herien Puspitawati, dalam siaran pers, Kamis (07/03/2019).

Herien menyampaikan, aplikasi ini berhasil diluncurkan berkat kolaborasi dengan mahasiswa dari Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB), Reza Basya.

FIA ini awalnya diinisiasi oleh Zulfa Fauziah yaitu mahasiswi di Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB.

Zulfa kemudian melebarkan sayapnya dengan membentuk FIA dalam bentuk struktural bersama timnya yang terdiri dari Muthia (Sekolah Bisnis), Nurul Nafifah (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Linda Kanny (Fakultas Kehutanan), Azkina A (Fakultas Teknologi Pertanian), Nur Indah Fitriawati (Fakultas Peternakan). Total seluruh pengurus FIA sudah mencapai 26 orang.

“FIA 4.0 merupakan pemberdayaan perempuan yang mengutamakan peningkatan interpersonal skill melalui teknologi aplikasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Aplikasi tersebut berisi empat fitur unggul yang terdiri dari fitur Female Stories, Inspirative Video, Push Your Skill, Education and Tips, serta Suggestion Us,” terang Zulfa, mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi dan Manajemen 2019 ini.

Zulfa menjelaskan, empat fitur tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Female Stories merupakan fitur yang berisi kumpulan cerita inspratif dari perempuan yang ingin berbagi pengalaman kehidupan mereka.

Melalui fitur ini mereka dapat mengirimkan cerita tersebut lalu di-post kepada publik. Education and Tips berisi kumpulan motivasi, artikel inspiratif, edukasi dan info-info berupa kesehatan dan sejarah bagi perempuan.

Kemudian, fitur Push Your Skill berisi kumpulan softskill dan hardskill yang dilengkapi dengan informasi mengenai kegiatan yang bisa dilakukan perempuan aktif agar dapat berperan maksimal. Adapun Inspirative Video berisi kumpulan video edukasi, motivasi dan inspiratif.

“Video tersebut selalu di-update menyesuaikan kebutuhan perempuan,” ujarnya.

Terakhir adalah Fitur Suggestion Us. Fitur ini dikhususkan untuk perempuan milenial dalam bertanya kepada perempuan yang expert di bidangnya.

Fitur ini juga sebagai wadah kritik dan saran terkait pengembangan Start-Up FIA yang dibentuk baik secara program kerja maupun konten dalam aplikasi tersebut.

Menurut Zulfa, dengan fitur tersebut, maka aplikasi ini akan menjadi wadah pemberdayaan perempuan di Indonesia untuk mempersiapkan kapasitas diri perempuan melalui teknologi yang modern dalam menghadapi bonus demografi 2030.

“Kami akan menggunakan aplikasi ini agar mampu menjadi pendorong bagi perempuan milenial untuk aktif mengambil peran sesuai passion-nya masing-masing sehingga partisipasi perempuan bisa merata dan setara di tahun 2030 mendatang,” tutupnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*