Peringatan Hari Pahlawan, Kapolres Simalungun Gelar Upacara di Pematang Raya dan Kisah Veteran

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu bersama Veteran.
Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu bersama Veteran.

Untuk memperingati Hari Pahlawan yang ke 74, Upacara Peringatan di Kabupaten Simalungun digelar di Lapangan Kantor Bupati di Pematang Raya, pada Minggu (10/11/2019).

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 74 ini digelar Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu. Upacara dimulai pukul 08.00WIB. Bupati Simalungun  yang diwakili oleh Sekda Simalungun  Gideon Purba serta  unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadir dalam upacara.

Upacara Hari Pahlawan bertujuan mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, serta seluruh  Nusantara dalam mempertahankan Repulik Indonesia. Komandan Upacara Iptu Juni yang merupakan Kapolsek Panei Tongah, memimpin penghormatan bagi arwah para pahlawan.

Dalam suasana hikmad, dinyanyikan lagu-lagu perjuangan, yang diakhiri dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Sekda Simalungun Gideon Purba yang bertindak selaku inspektur upacara.

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Oleh karena itu, sudah menjadi tugas kita sebagai penerus bangsa untuk turut mengisi kemerdekaan. Menjadi kewajiban kita bahwa sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan. Terutama memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan, dan yang lainnya. Karena ini semua belum seberapa dibandingkan perjuangan para Pahlawan,” tutur AKBP Heribertus Ompusunggu.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan adalah  PJU Polres Simalungun, Kapolsek Sejajaran, PJU Kodim 0207 Simalungun, para SKPD Pemkab Simalungun, para Camat se-Kabupaten Simalungun, Bintara Polres Simalungun, Prajurit Kodim 0207 Simalungun, dan ASN Pemkab Simalungun.

Usai pelaksanaan upacara, Kapolres duduk bersama veteran sambil mendengarkan kisah-kisah perjuangan tempo dulu yang pernah mereka alami.(Agus.S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*