GAMKI DKI Jakarta Akan Polisikan Balik Komisaris PT PIR Riau Sahat Martin Philip Sinurat Dkk

GAMKI DKI Jakarta Akan Polisikan Balik Komisaris PT PIR Riau Sahat Martin Philip Sinurat Dkk

- in DAERAH, HUKUM, NASIONAL
22
0
GAMKI DKI Jakarta Akan Polisikan Balik Komisaris PT PIR Riau Sahat Martin Philip Sinurat Dkk. - Foto: Sahat Martin Philip Sinurat-Tengah-Komisaris PT Pengembangan Investasi Riau-PIR-yang juga Sekum DPP GAMKI.(Net)GAMKI DKI Jakarta Akan Polisikan Balik Komisaris PT PIR Riau Sahat Martin Philip Sinurat Dkk. - Foto: Sahat Martin Philip Sinurat-Tengah-Komisaris PT Pengembangan Investasi Riau-PIR-yang juga Sekum DPP GAMKI.(Net)

Komisaris PT Pengembangan Investasi Riau (PIR), yang juga Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Sekum DPP GAMKI), Sahat Martin Philip Sinurat akan dipolisikan. 

Hal itu dikarenakan, Sahat Martin Philip Sinurat turut melakukan dugaan kriminalisasi terhadap Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI Jakarta), Jhon Roy P Siregar, atas tulisan di grup internal organisasi yang tertutup kepada Polisi. 

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI Jakarta), Richard Manahan Rumahorbo, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/04/2021). 

Laporan dugaan kriminalisasi itu, lanjut Richard Manahan, atas perdebatan yang ada di Grup Face Book GMKI Seluruh Indonesia, tentang seseorang bernama Herbeth Taruli Yohanes Marpaung. 

“Iya betul, Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta dilaporkan oleh Herberth Taruli Yohanes Marpaung bersama Sahat Martin Philip Sinurat ke Polda Metro Jaya, yang kemudian dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Utara. Atas laporan itu, kami dari DPD GAMKI DKI Jakarta, berencana melaporkan balik,” ungkap Richard Manahan. 

Richard menjelaskan, tulisan-tulisan di Grup Internal Face Book GMKI itu adalah sifatnya tertutup alias private. Segala percakapan dan juga perbedaan-perbedaan pendapat, adalah hal yang wajar di dalam organisasi. Maka sebaiknya diselesaikan secara internal. 

“Seharusnya, sebagai Sekum DPP GAMKI, Saudara Sahat Martin Philip Sinurat melakukan pendekatan organisasi, jika ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan mekanisme organisasi. Bahkan jika ada persoalan-persoalan di organisasi, sebaiknya diselesaikan secara organisatoris. Kan ada mekanisme organisasi loh. Jangan terus maccam Coboy  lapor-lapor ke luaran sana,” tutur Richard Manahan. 

Padahal, lanjutnya, sebagai sesama organisasi, Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta Jhon Roy P Siregar, sudah merespon lewat pendekatan kekeluargaan, dan juga menyatakan permintaan maaf di dalam Grup-Grup Private FB GMKI itu, apabila ada hal-hal yang kurang nyaman. 

Oleh karena itu, lanjutnya, Sahat Martin Philip Sinurat yang juga bekas Ketua Umum PP GMKI itu, sudah menunjukkan sikap yang tidak beretika dalam menjalankan roda dan prinsip-prinsip organisasi. 

“Apalagi saat ini, Saudara Sahat Martin Philip Sinurat itu kan sudah jadi Komisaris di PT Pengembangan Investasi Riau (PIR). Seharusnya, sebagai pimpinan organisasi, dia mesti bertindak bijak dalam merespon perbedaan-perbedaan yang terjadi,” jelas Richard. 

Selain akan melaporkan Sahat Martin Philip Sinurat, ungkap Richard, pihaknya juga berencana melaporkan balik Herbeth Taruli Yohanes Marpaung, yang saat ini sebagai Ketua Caretaker DPD GAMKI Banten. 

Juga, lanjutnya, melaporkan balik Seseorang bernama Ingan alias Maringan Silalahi, salah seorang senior yang membobol informasi Grup Private GMKI, dan Yanser Zega, yang juga sebagai pengurus DPP GAMKI saat ini. 

“Mereka sepertinya berkomplot dan berskenario untuk mengambil data dan tulisan dari dalam Grup Private Organisasi, dan menjadikannya bahan laporan ke Polisi. Dari sisi organisasi saja mereka sudah kebablasan. Maka, kami menduga ada indikasi hendak mengkriminalisasi Ketua DPD GAMKI DKI Jakarta,” terang Richard. 

Akan tetapi, kata Richard, untuk kepastian laporan balik ke Polisi, DPD GAMKI akan terlebih dahulu membicarakannya di dalam rapat internal DPD GAMKI DKI Jakarta. 

“Kebetulan, Sabtu lusa, DPD GAMKI DKI Jakarta akan melakukan Rapat Kerja Daerah atau RakerdaNah, kami akan terlebih dahulu membahasnya di dalam rapat itu,” tandas Richard Manahan. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada respon dari Sahat Martin Philip Sinurat dan kawan-kawannya.(Nando)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like