Fokus Bangun Daerah-Daerah Terluar, Jokowi Diminta Tuntaskan Janji-Janjinya

Fokus Bangun Daerah-Daerah Terluar, Jokowi Diminta Tuntaskan Janji-Janjinya.

Presiden Jokowi diminta menuntaskan janji-janjinya untuk fokus membangun daerah-daerah terluar, termasuk daerah-daerah pesisir di Nusantara.

Hal itu disampaikan mantan Ketua Umum PP PMKRI Angelius Wake Kako saat didapuk menjadi pembicara dalam Seminar bertema Meneropong Kebijakan Ekonomi Presiden Jokowi dan Dampak Terhadap Daerah-Daerah Terluar.

“Presiden Jokowi harus fokus membangun dengan cara Indonesiasentris, bukan Jawa Sentris,” tutur pria yang akrab disapa Angelo itu, dalam kegiatan yang digelar di Aula Grand Wisata Hotel Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (02/10/2018).

Angelo yang kini menempati posisi sebagai Kabid OKK Seknas Relawan Indonesia Jokowi (Reliji) meminta setiap pihak mengawal dan memastikan pemerintahan Jokowi membuktikan janjinya membangun dari wilayah pinggiran.

“Jokowi harus mengubah pembangunan yang Jawasentris menjadi Indonesiasentris, yaitu pembangunan tanpa sekat,” ujarnya.

Angelo menyebutkan, sebelum Jokowi resmi berpasangan dengan Ma’ruf Amin banyak isu hoax yang menyudutkan Jokowi. Menurut dia, Reliji merasa terpanggil untuk menyelamatkan kepemimpinan Indonesia.

Sampai saat ini, lanjut Angelo, banyak bukti pembangunan yang telah dikukan oleh Jokowi, terlebih khusus di wilayah-wilayah terluar dan terdepan Indonesia.

Angelo yang juga calon DPD RI asal NTT ini mengajak seluruh masyarakat NTT untuk sekali lagi memberikan kepercayaan kepada Jokowi pada Pilpres 2019 nanti.

Selain Angelo narasumber lainnya, Yustinus Sani, Anggota DPRD Ende sekaligus politisi senior PDIP mengatakan, kebijakan ekonomi yang diambil Jokowi saat ini adalah kebijakan satu Indonesia, satu harga, pemerataan harga baik sembako maupun BBM.

“Ekonomi Indonesia di bawah pimpinan Jokowi beralih dari ekonomi yang konsumtif menjadi produktif,” katanya.

Selanjutnya, Sani mengatakan Nawacita yang merupakan agenda prioritas Jokowi sudah banyak yang telah dijalankan.

Pembicara lainnya, Vian Mbire yakni dosen ekonomi Universitas Flores, mengatakan kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi harus diarahkan berpihak kepada wong cilik.

Daerah-daerah terluar merupakan fokus utama pembangunan. Langkah politik yang dilakukan harus komitmen dan konsisten untuk itu.

“Sumber daya manusia pemerintah daerah dan masyarakat harus disiapkan untuk mampu mengimbangi kecepatan pembangunan pemerintah pusat,” ujar Vian.

Di akhir seminar, Reliji NTT mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden dan wakil presiden RI nomor urut 1, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Reliji berjanji akan bekerja memenangkan Jokowi. Selain itu, digelar juga Deklarasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang aman dan Damai.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan