Fadli Zon: Badrodin Memiliki Keahlian Khusus, Tepat Jika Diperpanjang Sebagai Kapolri

Perpanjang saja Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Perpanjangan masa tugas Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mencuat seiring makin dekat masa pensiun Kapolri pada bulan Juni mendatang. Seperti dikabarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memperpanjang masa jabatan Jenderal tersebut.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai, wacana Presiden Jokowi yang akan memperpanjang masa tugas Kapolri Jenderal Badrodin Haiti tidak ada masalah. Sebab, sosok Badrodin dinilai tepat memimpin institusi Polri.

“Menurut pendapat saya pribadi, melihat bahwa iklim yang ada di Polri saat ini sudah cukup kondusif, sehingga kalaupun diperpanjang ini satu hal yang tidak ada masalah. Untuk memimpin institusi Polri memang dibutuhkan keahlian untuk menciptakan kondusif itu kan seperti yang terjadi saat ini,” ujarnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Menurut Fadli, perpanjangan masa jabatan seorang pimpinan Kepolisian merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Ini kan adalah hak dari presiden, presiden bisa menilai situasi keadaan termasuk personel yang ada,” jelas dia.

Namun, apabila mengacu pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisan Republik Indonesia, di sana tidak ada frasa yang mengatur diperbolehkannya masa jabatan Kapolri kecuali memiliki keahlian khusus.

“Ya tidak melanggar undang-undang karena ada satu klausul yang mengatakan bisa diperpanjang jika mempunyai suatu keahlian khusus,” ujarnya.(Richard)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*