Breaking News

Empat ABK Asal Malaysia Dilepaskan Abu Sayyaf

Keempat ABK asal Malaysia tersebut adalah Wong Teck Chii, Johnny Lau Jung Hien, Wong Teck Kang, dan Wong Hung Sing.

Empat orang Anak Buah Kapal (ABK) yang menjadi tawanan kelompok Abu Sayyaf asal Malaysia akhirnya dibebaskan. Ke-empatnya saat ini sudah dipulangkan ke Sandakan, Sabah, Malaysia Rabu (8/6/2016).

Seperti yang dilansir dari Inquirer, berkat kerja sama yang dilakukan oleh negosiator dari pihak Pemerintah Malaysia dan Filipina, berhasil membebaskan keempat orang ABK itu dari kelompok militan setelah beberapa kali melakukan negosiasi negosiasi.

Keempat ABK asal Malaysia tersebut adalah Wong Teck Chii, Johnny Lau Jung Hien, Wong Teck Kang, dan Wong Hung Sing.

Juru bicara Komando Mindanao Barat, Mayor Filemon Tan Jr mengatakan, keempat sandera tersebut dibebaskan oleh kelompok Abu Sayyaf di Sulu, Selatan Filipina.

“Para korban dibawa ke garis pantai Barangay Lagasan Higat di Parang, Sulu dan segera naik speedboat perjalanan ke Sandakan, Sabah,” kata Tan.

Belum diketahui pasti apakah pembebasan yang dilakukan terhadap keempat Sandra asal Malaysia tersebut membayar uang tebusan yang di minta oleh kelompok Abu Sayyaf.

“Kami belum memastikan apakah uang tebusan telah dibayarkan dalam pertukaran untuk pembebasan para korban,” kata Tan.

Sebelumnya, para pelaut asal Malaysia tersebut diculik di Palau Ligitan di Sabah pada 1 April lalu. Kelompok Abu Sayyaf menuntut uang tebusan P 190 Juta atau setara dengan Rp. 544 juta untuk membebaskan para ABK.

Banyak orang tidak percaya keempat ABK asal Malaysia yang dibebaskan oleh Kelompok Abu Sayyaf tanpa mendapatkan uang tebusan. Pasalnya, kelompok Separatis tersebut tidak akan membebaskan tawanannya sebelum mendapatkan uang tebusan.(Tornando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*