Breaking News

Dugaan Korupsi Dana Banjir, Wali Kota Manado Diperiksa Kejaksaan Agung

Dugaan Korupsi Dana Banjir, Wali Kota Manado Diperiksa Kejaksaan Agung.

Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaaan Agung (Kejagung) memeriksa Wali Kota Manado Godbless Sofcar Vicky Lumentut sebagai saksi terkait dugaan korupsi dana hibah penanggulangan banjir Pemkot Manado tahun 2014.

Politisi Partai NasDem itu dikabarkan memenuhi panggilan penyidik sekitar pukul 08.30 WIB di Gedung Bundar Kejagung.

“Saat ini yang bersangkutan sudah hadir dan masih dalam pemeriksaan,” kata Direktur Penyidikan pada JAM Pidsus, Warih Sadono di Jakarta, Selasa (02/10/2018).

Menurutnya, pemeriksaan terhadap Wali Kota Manado masih sebagai saksi dalam kasus tersebut. Warih pun enggan berkomentar apakah status Wali Kota Manado akan menjadi tersangka. “Kita lihat perkembangannya nanti. Saat ini masih diperiksa sebagai saksi,” ujarnya.

Dalam pemanggilan penyidik, Godbless Sofcar Vicky Lumentut sudah dua kali mangkir. Surat pemanggilan pertama dikirimkan kepada Wali Kota Manado untuk diperiksa pada 24 Agustus 2018. Panggilan kedua dilakukan pada 24 September 2018.

Kasus ini berawal ketika bencana banjir bandang menerpa Kota Manado yang terjadi pada tanggal 15 Januari 2014 lalu. Bencana tersebut menewaskan 18 orang dan memicu kerugian miliaran rupiah.

Informasi yang dipetik dari Badan Nasional Pencegahan Bencana (BNPB), telah disalurkan bantuan dana senilai Rp224 miliar pada tahun 2015 lalu. Pemkot Manado sendiri mendapat dana Rp213 miliar sementara sisanya diserahkan ke Pemprov Sulut.

Tahap berikut tahun 2016, BNPB menyaluran bantuan sebesar Rp29 miliar, dengan rincian, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemkot Manado menerima sebesar Rp14,3 miliar untuk rehabilitasi taman yang rusak, kemudian Rp15 miliar disalurkan ke BPBD Pemprov Sulut untuk pembangunan jembatan yang rusak.

Pada tahun 2017, pemerintah pusat melalui BNPB juga menyalurkan dana sebesar Rp116.313.400.000 ke BPBD Pemkot Manado dan ke Pemprov Sulut Rp10,5 miliar untuk penanggulangan bencana di Kota Manado.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*