Breaking News

Dipimpin Haris Pertama, KNPI Harus Progresif dan Inklusif

Selama Ini Dianggap Elitis dan Kurang Akomodatif

Tindak Tegas Perusuh dan Penumpang Gelap, GAMKI DKI Dukung Ketua Umum KNPI Terpilih Haris Pertama Jatuhkan Sanksi Tegas.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) harus mengakhiri polemik yang tidak berguna bagi pemuda dan bangsa Indonesia. Selain itu, terpilihnya Haris Pertama sebagai Ketua Umum KNPI diharapkan mampu membangun organisasi kepemudaan yang progresif dan akomodatif.

Soalnya, selama bertahun-tahun ini, KNPI dianggap hanya sebagai organisasi kepemudaan yang elitis dan kurang akomodatif terhadap gerakan kaum muda di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Koordinator Jaringan Aktivis Indonesia (Jarak Indonesia) Antony Yudha Benusu. Dalam keterangan tertulisnya, Antony menekankan, image KNPI yang selama ini adalah organisasi yang sangat elitis dan kurang akomodatif terhadap seluruh aspirasi golongan pemuda.

“Ke depan, kita berharap image seperti itu akan berangsur sirna sebagai mana semangat yang tertuang dalam slogan Energy of Harmony yang diusung oleh Haris Pertama. Di bawah kepemimpinan Haris, yang notabenenya juga mantan aktivis mahasiswa, KNPI ke depan pasti akan lebih progresif dan lebih akomodatif terhadap suara dan gagasan kaum muda,” tutur Antony, Jumat (04/01/2018).

Pemuda, lanjut Antony, dan kaum pergerakan mahasiswa, kehilangan roh gerakan dan perjuangannya selama ini di KNPI. Sangat minim gagasan dan gerakan pemuda yang bermanfaat di KNPI selama beberapa dekade belakangan ini.

“Saya yakin, KNPI di bawah kepemimpinan Haris pasti lebih berwarna dan kreatif. Sudah saatnya menghapus gaya-gaya elitis yang melekat erat di KNPI selama ini. Sekarang saatnya KNPI kembali menjadi wadah berkumpul para intelektual dan aktivis pemuda untuk bertukar gagasan dan memberikan sumbangsih pemikirian terhadap persoalan bangsa,” tuturnya.

Sedangkan, mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jhon Roy P Siregar mengapresiasi terpilihnya Haris Pertama dalam Kongres KNPI di Bogor.

KNPI, lanjut dia, menemukan harapan baru untuk lebih baik lagi karena dipimpin eks pergerakan mahasiswa.

“Mahasiswa dan kepemudaan adalah satu rangkaian yang tak terpisahkan. Aktivitasnya juga adalah aktivitas pergerakan kemahasiswaan dan kepemudaan yang tidak elitis. Tetapi merakyat dan benar-benar berakar bagi kalangan muda,” tutur Jhon Roy P Siregar.

Haris Pertama terpilih sebagai Ketua Umum KNPI di kongres yang digelar di Bogor pada 18 Desember 2018 lalu. Haris Pertama mengungguli kompetitor lainnya Nur Fajriansyah dengan selisih 2 suara.

“Kalangan aktivis menilai kemenangan Bung Haris Pertama sebagai semangat baru untuk membenahi KNPI yang lebih baik lagi. Terpilihnya Bung Haris Pertama sebagai Ketua Umum KNPI juga sebagai proses perjuangan yang mulai dari titik terendah sebagai aktivis mahasiswa,  hingga sekarang bisa  memimpin KNPI, sebagai  wadah kepemudaan. Selamat kepada Bung Haris Pertama,” ujarnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*