Dipecat Karena Berserikat Buruh, Kapolres Berau Didesak Segera Usut Union Busting di PT SMJ

Laporan DPC FIKEP SBSI Berau Kepada Kapolres Berau, atas pelarangan berserikat buruh dan pemecatan terhadap Ketua Pengurus Komisariat FIKEP SBSI PT SMJ Roslin dan Hefni Efendi sekalu Sekretaris PK FIKEP SBSI PT SMJ oleh Pihak Manajemen PT SMJ Site Badiwata yakni Saudari Nancy Manangkot.

Kepala Kepolisian Resort Berau, Kalimantan Timur didesak segera mengusut dan menindak tegas perusahaan yang dengan berbagai ancaman telah melakukan union busting atau pelarangan mendirikan Serikat Buruh di PT Sumber Mitra Jaya (SMJ) di Berau, Kalimantan Timur.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPC SBSI) Kabupaten Berau Suyadi meminta dengan tegas agar aparat kepolisian setempat menindak tegas pihak manajemen PT SMJ yang sudah dengan sengaja melakukan union busting kepada SBSI.

Selain tindakan itu telah melanggar Undang Undang, pihak PT SMJ juga dinilai arogan karena telah melakukan pemecatan terhadap Ketua Pengurus Komisariat FIKEP SBSI PT SMJ Roslin dan Hefni Efendi sekalu Sekretaris PK FIKEP SBSI PT SMJ.

“Tindakan pemecatan itu dilakukan oleh pihak Manajemen PT SMJ Site Badiwata yakni Saudari Nancy Manangkot kepada anggota kami. Tindakan pemecatan itu melanggar hukum, demikian juga dengan upaya melarang berserikat adalah melanggar Undang Undang yang sah. Karena itu, kami sudah melaporkan hal ini ke Kapolres Berau agar segera ditindaklanjuti dan diproses,” tutur Ketua DPC FIKEP SBSI Berau Suyadi, Kamis (2/2/2017).

Dia menjelaskan, dengan pemecatan dan pelarangan berserikat buruh yang dilakukan oleh pihak Manajemen PT SMJ Site Badiwata yakni Saudari Nancy Manangkot maka yang bersangkutan telah melanggar Undang Undang Nomor 21 Tahun 2000 Pasal 5 dan Pasal 28, yang ancamannya diatur dalam Pasal 43 ayat 1 yakni penjaran selama 5 tahun dan denda sebesar Rp 500 juta.

“Tindakan manajemen PT SMJ itu adalah kejahatan atau pidana,” ujar Suyadi.

Berkenaan dengan laporan mereka, dia mendesak Kapolres Berau segera menangani. Sebab, sejak mengalami pemecatan dan pelarangan berserikat, Ketua Pengurus Komisariat FIKEP SBSI PT SMJ Roslin dan Hefni Efendi sekalu Sekretaris PK FIKEP SBSI PT SMJ terlantar.

“Dampak dari pemecatan itu, Ketua Pengurus Komisariat FIKEP SBSI PT SMJ Roslin dan Hefni Efendi sekalu Sekretaris PK FIKEP SBSI PT SMJ tidak mendapat upah lagi dan hidupnya terlantar. Ini pelanggaran Hak Asasi Manusia juga,” ujarnya.

Selain menyurati Kapolres Berau, Suyadi juga mengirimkan laporan yang sama yang ditembuskan kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta.

“Kami meminta aparat kepolisian segera memroses laporan kami ini. Kami meminta Kapolres Berau segera menindak pihak Manajemen PT SMJ Site Badiwata yakni Saudari Nancy Manangkot dan pihak-pihak yang menghambat proses penanganan perkara ini, sesuai ketentuan Undang Undang yang berlaku,” pungkas Suyadi.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*