Breaking News

Dihadiri Walikota Bekasi, Camat, Lurah dan Ketua-Ketua RT, GK Ladies: Untuk Kesejahteraan Keluarga, Rumah Tangga Harus Hemat Energi

Ibu-Ibu Bicara Penghematan Energi

Dihadiri Walikota Bekasi, Camat, Lurah dan Ketua-Ketua RT, GK Ladies: Untuk Kesejahteraan Keluarga, Rumah Tangga Harus Hemat Energi.

Ratusan ibu dan kaum perempuan di wilayah Bekasi, Jawa Barat, menggeber upaya penghematan energy Rumah Tangga.

Kaum ibu kini tidak boleh sepele dan berpangku tangan untuk menyejahterakan keluarganya, dengan salah satunya melalui penghematan energy di rumah tangga.

Hal itu terungkap dalam kegiatan talk show yang digelar kaum ibu yang tergabung dalam Galang Kemajuan Ladies atau GK Ladies, di Plaza Cikunir, Perumahan Pondok Cikunir Indah, Jatibening, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu, 27 Februari 2019.

Kaum ibu yang seragam mengenakan dresscode atasan putih dan bawahan kain nusantara dengan selendang berwarna pink dan mengenakan pin itu, mengangkat tema kegiatan Ibu Bijak, Ibu Hemat, Keluarga Sehat.

Lina Ariyanti Rosalina, yang merupakan Ketua GK Ladies Bekasi, sekaligus Ketua Panitia Pelaksana mengungkapkan, kaum perempuan Indonesia mesti pintar berhemat dengan cermat di masa-masa sulit.

Ibu beranak empat ini mengatakan, kaum bapak, pemerintah pusat hingga pemerintahan tingkat bawah seperti Rukun Tetangga (RT) mesti mendukung dan memperkuat pemberdayaan serta peningkatan kesejahteraan perempuan Indonesia.

“Kita berharap juga, para ibu di Bekasi mendapat pengetahuan dan pencerahan untuk menjadi Ibu Bijak bagi keluarga dan lingkungannya,” tutur Lina Ariyanti Rosalina kepada wartawan, Jumat (01/03/2019).

Kegiatan dihadiri Walikota Bekasi Rustam Effendi, Camat Pondok Gede, Lurah Jatibening, Lurah Jatiasih dan Lurah Jatikramat serta para Ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

“Juga dari GK Ladies Pusat, Bapak Kelik Wirawan, Ibu Ketua Umum GK Ladies Lana Koentjoro, sejumlah tokoh masyarakat Bekasi, dan juga Ketua RW 02 dan RW 12 Kelurahan Jatibening,” tutur Lina Ariyanti.

Lebih lanjut, Ibu pemilik dan pengelola butik di Kota Bekasi ini menjelaskan, kegiatan Ibu-Ibu ini dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus GK Ladies Wilayah Bekasi, yang mana Lina Ariyanti Rosalina sebagai Ketuanya. Juga digelar pemotongan tumpeng, sarasehan dan pelatihan keterampilan kaum ibu rumah tangga.

Kegiatan didukung oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan Talk Show diikuti kaum ibu dengan pembicara Rudi Hartono dari SKK Migas dan Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Prof Hasbalah Tabrani, dengan moderator Iyuk Wahyudi dari Kementerian Sosial RI.

Dijelaskan Lina Ariyanti, para pembicara menekankan tentang penting budaya hemat energy bagi kesejahteraan keluarga.

“Para Narasumber juga memberikan contoh konkrit hemat energi dalam kehidupan keseharian. Selain itu, juga disosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan bagi keluarga, dimana para Ibu memiliki peran besar dalam menjaga dan mewujudkan Keluarga Indonesia yang sehat, hemat dan sejahtera,” ujarnya.

Sekretaris GK Ladies Bekasi, yang juga menjadi Koordinator Acara, Baby Jeanne Wakkary menambahkan, tidak kurang dari 300-an orang kaum ibu menghadiri kegiatan itu.

Baby Jeanne Wakkary atau yang akrab disapa Baby Jean menuturkan, Kepengurusan GK Ladies Bekasi dikomandoi Lina Ariyanti Rosalina sebagai Ketua, Baby Jeanne Wakkary sebagai Sekretaris dan Maria Suzanne sebagai Bendahara.

“Struktur kepengurusan di bidang-bidang, diisi para perempuan yang energik dan cerdas, sesuai dengan kemampuan masing-masing,” ujar Baby Jean.

Baby Jean mengungkapkan, dalam kegiatan itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengingatkan agar warga Bekasi, khususnya kaum Ibu, agar memiliki peran besar dalam menjaga kedamaian kota.

“Dan merajut kebersamaan, serta menjaga persatuan dan kesatuan di Bekasi,” ujarnya.

Ke depan, lanjutnya, GK Ladies Bekasi akan melakukan serangkaian kegiatan yang berguna bagi kaum ibu dan keluarga, seperti kegiatan pelatihan-pelatihan keterampilan dan penyuluhan yang bermanfaat menambah wawasan.

“Kegiatan-kegiatan yang berguna menambah wawasan kaum perempuan Bekasi,” ujar Baby Jean.

Ketua Umum GK Ladies, Lana T Koentjoro menjelaskan, GK Ladies adalah kelompok sosial yang berkegiatan di bawah arahan para pembina yang ahli di bidangnya masing-masing.

Saat ini, dipimpim oleh Kelik Wirawan W Widodo yang juga menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri LHK. “Serta para sahabat lainnya,” ujarnya.

Kelompok GK Ladies ini juga kerap mengadakan acara diskusi yang mengundang tokoh penting untuk bertukar pikiran dan berdiskusi, merancang, memberi masukan kepada Pemerintah untuk mewujudkannya.

Lana melanjutkan, melalui GK Center, pihaknya menjalin ikatan persahabatan dengan berbagai pihak untuk menggelar aktivitas atau kegiatan diskusi, kegiatan social, kegiatan kemanusiaan dan Lingkungan Hidup.

Diterangkan Lana, dengan banyaknya dukungan sahabat GK yang ahli dalam bidang masing-masing, Sahabat GK saling bahu membahu membantu mewujudkan program-program pemerintah juga. “Meski dengan langkah kecil tapi nyata dan strategis,” ujarnya lagi.

Lana berharap, melalui GK Ladies, kaum ibu solid dan siap mendukung program-program pemerintah untuk menuju Indonesia yang lebih baik.

Dia juga menekankan, Perempuan Indonesia yang ahli di bidangnya masing-masing agar turun langsung ke lapangan, bersatu dan berdiskusi dengan masyarakat sekitarnya.

“Guna memberikan masukan pada pemerintah atas apa yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar kita,” ujarnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*