Dihadiri Jajaran Pemerintahan Kabupaten Bogor, Kembangkan Keterampilan, PJID Bogor Gelar Pelatihan dan Work Shop Jurnalistik

Dihadiri Jajaran Pemerintahan Kabupaten Bogor, Kembangkan Keterampilan, PJID Bogor Gelar Pelatihan dan Work Shop Jurnalistik

- in DAERAH, NASIONAL
19
0
Dihadiri Jajaran Pemerintahan Kabupaten Bogor, Kembangkan Keterampilan, PJID Bogor Gelar Pelatihan dan Work Shop Jurnalistik.

Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJI Demokrasi) Bogor menggelar pelatihan dan work shop Jurnalistik.

Kegiatan ini dihadiri jajaran Pemerintahan Kabupaten Bogor dan para jurnalis anggota PJID Bogor maupun calon-calon jurnalis muda berbakat di wilayah itu.

Ketua DPC PJI Demokrasi Kabupaten Bogor Walbet M Marpaung didampingi Sekretaris DPC PJI Demokrasi Kabupaten Bogor, Apul Iskandar, menuturkan perlunya peningkatan dan keterampilan para anggota JPID melalui pelatihan dan workshop yang berbobot.

“Pelatihan ini merupakan bagian tanggung jawab dan amanat program kerja organisasi dalam rangka pembinaan terhadap anggota PJID yang merupakan para wartawan atau jurnalis, beserta eksternal PJI Demokrasi Kabupaten Bogor,” tutur Walbet M Marpaung.

Seraya berharap setiap peserta akan memperoleh ilmu dan keterampilan yang semakin mumpuni, Walbet menyampaikan agar semua pihak bersinergi di Kabupaten Bogor.

“Selamat mengikuti pelatihan dan workshop kepada seluruh peserta, semoga dengan mengikuti pelatihan ini menambah wawasan, keterampilan serta keahlian para peserta,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informasi Diskominfo Kabupaten Bogor, Beti Sugiarti menyampaikan keterampilan jurnalis yang baik menjadi dambaan pemerintah juga.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman bagi jurnalis itu sendiri selain meningkatkan keahlian serta keterampilan,” tuturnya.

Beti Sugiarti membuka pelatihan jurnalistik dan workshop dengan mengetuk palu secara simbolis mewakili Bupati Bogor.

Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan dan Work Shop Jurnalistik JPID Bogor, Kiki Edwar memaparkan, pelatihan dan work shop jurnalistik yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna 1, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, pada Jumat 22  Maret 2019, bertemakan Bersinergi Membangun Jurnalisme Profesional.

Kegiatan itu dihadiri oleh utusan Bupati Bogor, BPJS Kesehatan,  jajaran SKPD Pemkab Bogor, perwakilan dari Kodim 0621, Dinas Damkar, Perwakilan IWO Bogor Raya, jurnalis di lingkungan Kabupaten Bogor, staf humas Lapas Kabupaten Bogor, Siswa/Siswi SLTA dan Guru, anggota dan pengurus PJI Demokrasi Kabupaten Bogor dan  Penasehat PJID serta HIPAKAD Kabupaten Bogor.

“Kegiatan pelatihan dan workshop hendaknya dipergunakan sebaik-baiknya. Diharapkan kepada seluruh peserta dapat  mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga mendapatkan  manfaatnya apalagi kita menghadirkan narasumber yang sangat ahli di bidangnya masing-masing,” ujar Kiki.

Pada kesempatan tersebut, secara simbolis dilaksanakan penyematan  tanda peserta  oleh Kabid Layanan komunikasi dan Informasi serta penyerahan Cinderamata dari Ketua DPC PJI Demokrasi kepada Bupati Bogor yang diwakili dan diterima oleh Beti Sugiarti.

Sejumlah pembicara beken dihadirkan dalam pelatihan ini. Mereka adalah Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Usman Kansong, yang mengulas tentang Berita. Kemudian, ada Dosen FISIP UI, DR Irwansyah yang menguraikan etika profesi jurnalis dan aturan-aturannya. Sedangkan, Pemimpin Umum Koran Bekasi Zulkarnain Alregar memberikan materi tentang Teknik Penulisan Berita.

Pelatihan dan Work Shop Jurnalistik itu diawali dengan mengulas tentang Berita serta Teknik Penulisan Berita.

Kegiatan diakhiri dengan materi Etika Profesi Jurnalis. Antusiasme para peserta sangat tinggi dan rresponsif. Terlihat dari sejumlah pertanyaan yang dilontarkan para peserta kepada narasumber untuk menggali lebih dalam lagi.

“Pelatihan Jurnalistik dan Workshop ini sangat membuka cakrawala berfikir kami. Selain meningkatkan keterampilan menulis berita juga meningkatkan pengetahuan kami. Semoga ke depan kami masih boleh ikut pelatihan pelatihan yang selanjutnya,” harap salah seorang peserta dari perwakilan Siswi SLTA.(Apul Iskandar)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like