Di Usia 60 Tahun, Wakil Presiden Suriname Ronnie Brunswijk Bermain Sepak Bola Profesional

Di Usia 60 Tahun, Wakil Presiden Suriname Ronnie Brunswijk Bermain Sepak Bola Profesional

- in DAERAH, DUNIA, NASIONAL, OLAHRAGA, PROFIL
466
0
Di Usia 60 Tahun, Wakil Presiden Suriname Ronnie Brunswijk Bermain Sepak Bola Profesional. - Foto: Wakil Presiden Suriname, Ronnie Brunswijk saat bermain di kubnya Inter Moengotapoe menghadapi klub Olimpia asal Honduras di ajang Concacaf League, yang merupakan kompetisi regional selevel Liga Eropa di wilayah Amerika Tengah, Utara, dan Karibia. Suriname memang tergabung di Concacaf.(Twitter/NuhuAdams)Di Usia 60 Tahun, Wakil Presiden Suriname Ronnie Brunswijk Bermain Sepak Bola Profesional. - Foto: Wakil Presiden Suriname, Ronnie Brunswijk saat bermain di kubnya Inter Moengotapoe menghadapi klub Olimpia asal Honduras di ajang Concacaf League, yang merupakan kompetisi regional selevel Liga Eropa di wilayah Amerika Tengah, Utara, dan Karibia. Suriname memang tergabung di Concacaf.(Twitter/NuhuAdams)

Wakil Presiden Suriname, Ronnie Brunswijk adalah sosok kontroversial. Terbaru, pria berusia 60 tahun itu debut profesional dalam sebuah laga sepak bola bergengsi, yang selevel dengan Liga Eropa. Klub itu adalah miliknya sendiri. 

Seperti dilansir MarcaWashingtonPost, dan RT.com yakni tiga media yang masing-masing berbasis di Spanyol, Amerika Serikat, dan Rusia, Ronnie Brunswijk bermain di laga liga Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia adalah badan pengedali sepak bola di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia atau Confederation of NorthCentral American and Caribbean Association Football (Concacaf), pada pertengahan pekan ini. 

Nama Wapres Suriname itu masuk daftar susunan pemain Inter Moengotapoe, klub yang dimiliki Brunswijk. 

Inter Moengotapoe akan menghadapi klub Olimpia asal Honduras di ajang Concacaf League, yang merupakan kompetisi regional selevel Liga Eropa di wilayah Amerika Tengah, Utara, dan Karibia. Suriname memang tergabung di Concacaf, walaupun ada di Amerika Selatan. 

Ronnie Brunswijk bukan cuma jadi starter di laga tersebut, tapi juga tampil dengan mengenakan ban kapten. Ia tampil selama 54 menit sebelum ditarik keluar. 

Dengan tubuh yang terbilang jauh dari kondisi ideal seorang pesepakbola, debut profesional Ronnie Brunswijk yang membuatnya jadi pesepakbola tertua di ajang internasional level klub ini jelas mencuri perhatian. 

Ronnie Brunswijk tercatat membuat 17 operan dengan 14 di antaranya berhasil diterima rekannya dengan baik. Tapi itu tak membantu Inter  Moengtapoe yang kalah telak 0-6 di kandang sendiri dan menghadapi jalan terjal di leg kedua. 

Ada sejumlah catatan menarik lain di balik penampilan Ronnie Brunswijk itu. Yang pertama, nomor punggung 61 yang ia pakai kabarnya sengaja dipilih demi merepresentasikan tahun kelahirannya. Opsi nomor bukan masalah karena Inter Moengtapoe adalah klub milik pria kelahiran 3 Maret 1961 tersebut sendiri. 

Disebutkan pula bahwa di laga itu Ronnie Brunswijk tampil di lini depan bersama putranya, Damian Brunswijk. 

Konon, Damian adalah salah satu dari 50 anak yang dimiliki oleh Wapres Suriname tersebut. 

Selain itu, Ronnie Brunswijk juga dilaporkan tak kan bisa bermain pada leg kedua di markas Olimpia 

Itu karena Brunswijk tak bisa meninggalkan Suriname lantaran dirinya jadi buruan Interpol akibat kasus perdagangan narkoba. 

Bisnis narkoba diduga berkaitan dengan caranya mengumpulkan dana semasa jadi gerilyawan di masa lalu. 

Usai kekalahan telak Inter Moengtapoe atas Olympia, beredar pula sebuah video yang tidak terverifikasi di ruang ganti tim tamu. Saat itu Brunswijk disebut membagi-bagikan uang kepada para pemain Olympia. 

Di Pemerintahan, Brunswijk merupakan orang nomor dua. Tapi di lapangan hijau, dia adalah kapten sekaligus pemilik Klub Inter Moengotapoe. 

Mengenakan nomor 61, angka simbolis karena merupakan tahun lahirnya 3 Maret 1961, Brunswijk menempati posisi striker. 

Ronnie Brunswijk (Wakil Presiden Suriname dan Presiden Inter Moengotapoe) jadi pemain tertua (60 tahun 198 hari) di turnamen internasional,” tulis  akun Twitter Misterchip. 

Dilansir AFP Rabu (22/9/2021), Wapres Suriname sejak tahun lalu itu merupakan mantan sersan sekaligus pemimpin pemberontakan. 

Brunswijk turun ke gelanggang perang saudara pada 1980-an untuk menggulingkan diktator saat itu, Desi Bouterse. 

Sejak konflik sipil tersebut, Brunswijk dikenal sebagai seorang politisi sekaligus pengusaha papan atas setempat. 

Namun pada 1999, dia diputus bersalah atas dakwaan penyelundupan narkoba dan divonis delapan tahun penjara in absentia di Belanda. 

Setahun kemudian, pengadilan di Perancis memutus Brunswijk bersalah atas dakwaan serupa dan menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara. 

Meski begitu, Brunswijk masih aman di rumahnya. Karena Suriname tidak bersedia untuk mengekstradisi warga negaranya sendiri. 

Karena itulah, Brunswijk tidak akan membela timnya ketika melawat ke Honduras di leg kedua pada Selasa pekan depan (28/9/2021). 

Sebab jika sampai meninggalkan Paramaribo, dia terancam mendapatkan jerat pidana atas dua vonis yang membelitnya. 

Ronnie Brunswijk menjadi pemain tertua, 60 tahun dan 198 hari yang bermain di pertandingan klub internasional,” demikian tulis komentator olahraga yang dikenal sebagai “MisterChip”. 

Liputan stasiun televisi menunjukkan Brunswijk tak banyak bergerak dan hanya meneriakkan instruksi kepada rekan satu timnya. Ia juga tampak marah ketika rekannya tidak memberi bola untuknya. 

Ia menjadi pemain tertua yang tampil di kompetisi antar klub internasional dengan usia 60 tahun 198 hari. 

Menurut laman TransfermarktRonnie tercatat sebagai salah satu pemain terdaftar dalam skuat Inter Moengotapoe dan berhak bermain di kompetisi yang diikuti klub. 

Meski hanya bermain di kasta kedua regional Concacaf atau di bawah Liga Champions ConcacafInter Moengotapoe merupakan klub berprestasi. 

Salah satu yang menarik perhatian adalah, klub tersebut pemegang 10 kali gelar juara Liga Suriname, sama dengan klubnya Brunswijk juga termasuk unik. 

Menurut New York Times, selain sepak bola Ronnie juga merupakan penerjun payung yang elit, perampok bank, pemimpin gerilya hingga ayah untuk 50 anak selama hidupnya. 

Sosoknya tak lepas dari kontroversi, ia pernah ditangkap dan dihukum karena terlibat perdagangan narkoba lintas Eropa serta membawanya ke Suriname. 

Ia juga merupakan sosok yang baik hati kepada rakyatnya, salah satu contoh Ronnie pernah menghamburkan untuk rakyatnya dari atas menggunakan helikopter. 

Ronnie membangun reputasi layaknya Robin Hood, merampok bank dan membagikannya untuk masyarakat Suriname yang membutuhkan. 

Bahkan sebelum terjun ke politik, Chan Santokhi selaku Presiden Suriname pernah mengerahkan kepolisian negaranya untuk menangkap Ronnie. 

Pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 2005. Brunswijk membentuk aliansi dengan kepala oposisi politik utama, mantan menteri kehakiman Chandrikapersad Santokhi. 

Pada Juli 2020 Santokhi terpilih sebagai Presiden untuk masa jabatan lima tahun, dengan Brunswijk sebagai Wakil Presidennya. 

Brunswijk tidak akan bergabung dalam pertandingan turnamen leg kedua timnya di Honduras. 

Dia tidak dapat meninggalkan Negara itu tanpa risiko menghadapi masalah hukum.*** 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Aroma Money Politics Sangat Terasa di Bangka Belitung, Tokoh Masyarakat Ingatkan Petugas Awasi Lapas dan Pelosok Pada Pencoblosan Pemilu 2024

Salah seorang Tokoh Masyarakat Bangka Belitung, Bujang Musa,