Di Pertemuan Para Jaksa Agung di Kamboja, Jembatani Birokrasi Berbelit, Ketua Umum Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Setia Untung Arimuladi Jajaki Kerjasama Prosecutors to Prosecutors

Ketua Umum PJI Setia Untung Arimuladi yang didampingi Sekretaris Umum PJI Asep N Mulyana, melakukan pertemuan informal dengan Assistant Public Prosecutor General Macau Mr Cheng Lap Fok pada tanggal 7 November 2019. Pertemuan digelar di Ballroom Sokha, Siem Reap Resort & Convention Center, Kamboja.
Ketua Umum PJI Setia Untung Arimuladi yang didampingi Sekretaris Umum PJI Asep N Mulyana, melakukan pertemuan informal dengan Assistant Public Prosecutor General Macau Mr Cheng Lap Fok pada tanggal 7 November 2019. Pertemuan digelar di Ballroom Sokha, Siem Reap Resort & Convention Center, Kamboja.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Setia Untung Arimuladi menjajaki kerja sama prosecutors to Prosecutors  atau kerja sama sesame para jaksa di lingkungan Negara-negara Asia Tenggara dan China.

Di sela-sela mengikuti The 12th China-ASEAN Prosecutors General Conference, yang masih berlangsung di Kamboja itu, Setia Untung Arimuladi yang adalah juga Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia (Kabandiklat) itu menyampaikan, kerjasama prosecutors to prosecutors dengan berbagai organisasi profesi dan institusi internasional, sangat penting dilakukan sebagai alternatif baru menyelesaikan berbagai persoalan hukum yang sulit tempuh karena benturan birokrasi yang rumit di suatu negara.

“Penjajakan kerjasama itu merupakan salah satu upaya PJI untuk menjembatani manakala hubungan formal terkendala oleh panjangnya birokrasi dan sekat-sekat perbedaan sistem hukum masing-masing Negara,” tutur Setia Untung Arimuladi, dalam keterangan persnya dari Kamboja, Kamis (07/11/2019).

Untuk kerjasama itu, Ketua Umum PJI Setia Untung Arimuladi yang didampingi Sekretaris Umum PJI Asep N Mulyana, melakukan pertemuan informal dengan Assistant Public Prosecutor General Macau Mr Cheng Lap Fok pada tanggal 7 November 2019. Pertemuan digelar di Ballroom Sokha, Siem Reap Resort & Convention Center, Kamboja.

Pertemuan informal tersebut antara lain membahas tentang peningkatan kualitas profesionalisme Jaksa, baik dalam bentuk pelatihan bersama, berbagi pengalaman atau experience sharing, maupun praktik terbaik (best practices) dalam penanganan suatu perkara.

“Di samping itu juga telah digagas adanya kunjungan kerja antara Jaksa Macau ke Indonesia maupun sebaliknya,” ujar Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) ini.

Ketua Umum PJI bersama-sama dengan Sekretaris Umum dan Kepala Bidang Kerja Sama Internasional PJI Reda Manthovani terus melakukan berbagai upaya untuk memperluas hubungan dan kerja sama dengan berbagai stakeholder terkait baik di dalam maupun di luar negeri.

“Hubungan informal yang dilakukan PJI dengan para Jaksa di berbagai Negara merupakan tekad dan komitmen PJI dalam membantu institusi untuk mengatasi berbagai hambatan dalam penanganan perkara yang melintasi batas-batas teritorial Negara,” jelas mantan Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum) ini lagi.

Atas rencana itu, dengan Assistant Public Prosecutor General Macau Mr Cheng Lap Fok menyambut baik undangan PJI. Mr Cheng juga mengapresiasi berbagai inisiatif yang dilakukan PJI dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar para Jaksa di kawasan China-ASEAN.

Untuk itulah, Cheng Lap Fok yang didampingi oleh Public Prosecutor Wu Hio dan Cheng Hoi Fung juga mengundang Ketua Umum dan Pengurus PJI untuk mengunjungi Macau. Serta mengagendakan kunjungan para Jaksa pada Kejaksaan Macau untuk melakukan kunjungan ke Indonesia dan mengikuti pelatihan di Badan Diklat Kejaksaan RI.

“Saya ingin mengetahui dan belajar lebih banyak tentang asosiasi Jaksa yang tergabung dalam Persatuan Jaksa Indonesia,” ujar Cheng Lap Fok.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan