Breaking News

Deviden BUMN Naik, Pemerintah Harus Terus Serius Urusi Cabang Produksi Publik

Deviden BUMN Naik, Pemerintah Harus Terus Serius Urusi Cabang Produksi Publik.

Pemerintah harus terus serius mengurusi cabang produksi publik. Fokus program pembangunan yang melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mesti membawa kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan, Wakil Bendahara Umum Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) Koencoroadi, di Jakarta, Selasa (16/04/2019).

Dia menyampaikan, kenaikan setoran deviden BUMN pada tahun 2018 yang diyakini mencapai Rp 43 triliun, adalah prestasi yang perlu terus ditingkatkan. Pada 2016, setoran ke pemerintah masih sebesar Rp 37,13 triliun.

“Perlahan tapi pasti, BUMN mengalami perbaikan demi perbaikan, walaupun masih ada beberapa hal yang perlu penanganan khusus. Akan tetapi, tren positif ini sangat diapresiasi dunia internasional dengan banyaknya proyek yang mulai dipercayakan kepada BUMN,” tutur Koencoroadi.

Koencoroadi berpendapat berbeda dengan anggapa banyak pihak yang menyayangkan holdingisasi BUMN dan terkesan kapitalistik yang mengejar laba semata. Menurut Koencoroadi, justru dengan holding negara lebih mudah mengkontrol kinerja BUMN.

“UU BUMN sudah merumuskan peran dan fungsi BUMN sebagai agen pembangunan bangsa, maka selain dapat menambah setoran dividen juga kinerjanya mudah terkontrol,” ujarnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*