Dengar Rekannya Sudah Tertangkap, Satu Lagi Koruptor Lebong Bengkulu Menyerah dan Diamankan Jaksa di Jakarta

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapsupenkum) Hari Setiyono: Mendengar Rekannya Sudah Tertangkap, Satu Lagi Koruptor Lebong Bengkulu Menyerah dan Diamankan Jaksa di Jakarta.
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapsupenkum) Hari Setiyono: Mendengar Rekannya Sudah Tertangkap, Satu Lagi Koruptor Lebong Bengkulu Menyerah dan Diamankan Jaksa di Jakarta.

Dua hari berturut-turut, jaksa menangkap pelaku tindak pidana korupsi yang berasal dari Kabupaten Lebong, Bengkulu. Setelah pada Jumat, 24 Januari 2020, Tim Gabungan Intelijen Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Bengkulu berhasil menangkap koruptor bernama Hary Subagyo, maka pada Sabtu, 25 Januari 2020, jaksa kembali berhasil menangkap buronan lainnya di kasus yang sama, Ir Andi Reman Sugiyar.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapsupenkum) Hari Setiyono membenarkan, penangkapan terhadap koruptor bernama Ir Andi Reman Sugiyar itu juga dilakukan di Jakarta.




Ir Andi Reman Sugiyar merupakan Terpidana Perkara Tindak Pidana Korupsi bersama-sama dengan Hary Subagyo. Dia divonis bersalah melakukan korupsi berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 2860K /Pid.Sus/2015 tanggal 07 Juni 2016.

Ir Andi Reman Sugiyar bersama-sama dengan Hary Subagyo melakukan tindak pidana korupsi Pembangunan Sarana Gelanggang Olah Raga (GOR) Terpusat di Dinas Pendidikan Nasional Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong Tahun Anggaran 2008-2009, yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 6,3 miliar.

“Terpidana atas nama Ir Andi Reman Sugiyar diamankan karena menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Dia menyerahkan diri setelah mendengar rekan sesama Terpidana ditangkap di kawasan Jakarta Timur oleh Tim Tabur Gabungan Kejati Bengkulu dan AMC Kejaksaan Agung,” tutur Kapuspenkum Hari Setiyono, Minggu (25/01/2020).




Selanjutnya, Andi Reman Sugiyar rencananya segara  diterbangkan menuju Bengkulu dengan pengamanan Tim. Penerbangan dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta. Andi diterbangkan ke Bengkulu untuk menjalani Putusan Pengadilan terhadap dirinya.

Periode 2018-2019, terdapat 371 orang buronan pelaku kejahatan yang berhasil diamankan melalui program ini. Terdiri dari 207 orang buronan kejahatan di tahun 2018 dan 164 orang buronan kejahatan di tahun 2019.




“Jadi, terpidana Hary Subagyo dan terpidana Ir Andi Reman Sugiyar merupakan kinerja Tabur perdana Kejaksaan Tinggi Bengkulu di Tahun 2020,” tutup Hari Setiyono.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan