De Oranje Menang Sempurna di Grup C

De Oranje Menang Sempurna di Grup C

- in DAERAH, DUNIA, NASIONAL, OLAHRAGA
19
0
Hasil Makedonia Utara Vs Belanda, Skor 0-3, De Oranje Menang Sempurna di Grup C. - Foto: Belanda menang 3-0 atas Makedonia Utara di laga ketiga Grup C Euro 2020. (AP/Peter Dejong)Hasil Makedonia Utara Vs Belanda, Skor 0-3, De Oranje Menang Sempurna di Grup C. - Foto: Belanda menang 3-0 atas Makedonia Utara di laga ketiga Grup C Euro 2020. (AP/Peter Dejong)

Timnas Belanda mencatat hasil sempurna di fase grup Piala Eropa 2020 usai menang atas Makedonia Utara. De Oranje, julukan Timnas Belanda, menang 3-0, dua gol di antaranya dibuat Georginio Wijnaldum. 

Laga antara Timnas Makedonia Utara bisa Timnas Belanda di Grup C Piala Eropa 2020 ini berlangsung di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, pada Senin (21/6/2021) malam WIB. 

Timnas Makedonia Utara sempat mencetak gol lewat Ivan Trickovski, tapi dianulir karena offside. 

Timnas Belanda kemudian membuka keunggulan pada menit ke-24. Memphis Depay membawa Belanda memimpin usai menuntaskan sebuah serangan balik. 

Di babak kedua, Wijnaldum mencetak dua gol untuk menambah keunggulan Belanda. Skor 3-0 untuk Belanda bertahan hingga laga usai. 

Dengan hasil ini, Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status sebagai juara Grup C.  

Pasukan Frank de Boer itu memimpin klasemen Grup C dengan sembilan poin dari tiga laga. Sementara Makedonia Utara tersingkir dengan poin nol. 

Kesalahan lini belakang Makedonia Utara di awal laga membuat gawang mereka terancam. Ryan Gravenberch yang mendapat bola dari Patrick van Aanholt kemudian melakukan tusukan dari kiri dan melepaskan tembakan ke arah pojok kanan atas gawang. Namun bola masih melambung di atas gawang. 

Makedonia Utara sempat mencetak gol pada menit kesembilan. Ivan Trickovski yang menerima bola dari Goran Pandev kemudian menaklukkan Maarten Stekelenburg dengan sepakan mendatar. 

Namun wasit menganulir gol Trickovski. Dia lebih dulu ada dalam posisi offside saat menerima bola dari Pandev. 

Trajkovski kembali mengancam gawang Belanda. Tendangan kaki kanannya mengarah ke pojok bawah gawang Belanda. Sial bagi Makedonia Utara, bola tendangan Trajkovski membentur tiang gawang. 

Belanda membuka keunggulan pada menit ke-24. Berawal dari serangan balik, Donyell Malen menggiring bola dan melakukan kerja sama satu dua dengan Memphis Depay 

Depay kemudian menuntaskan serangan balik itu dengan tendangan dari dalam kotak penalti untuk menjebol gawang Makedonia Utara. 

Peluang ganda didapat Belanda pada menit ke-30. Sepakan Denzel Dumfries usai menerima bola dari Malen ditepis oleh Stole Dimitrievski dari jarak dekat. 

Tak lama kemudian, bola liar di luar kotak penalti disambar oleh Depay. Tapi bola masih membentur pemain Makedonia Utara. 

Makedonia Utara yang tampil agresif terus berusaha mencetak gol balasan. Namun, tak ada gol yang mampu mereka ciptakan hingga babak pertama usai. 

Belanda nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-50. Sepak pojok Berghuis diteruskan oleh Matthijs de Ligt dengan sundulan. Bola dihalau oleh Trickovski yang ikut berdiri di bawah gawang. 

Tak lama berselang, Belanda benar-benar mencetak gol keduanya di laga ini. Umpan tarik Depay dari sisi kiri dengan mudah dituntaskan oleh Georginio Wijnaldum yang ada di depan gawang. 

Makedonia Utara mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Belanda. Tendangan Enis Bardhi mengarah ke gawang, tapi Maarten Stekelenburg bereaksi dengan baik dan menepis bola. 

Belanda makin jauh meninggalkan Makedonia Utara usai Wijnaldum mencetak gol keduanya pada menit ke-58. Dia memanfaatkan bola muntah dari tendangan Depay yang ditepis oleh Dimitrievski. 

Wijnaldum nyaris mencetak hat-trick. Namun tendangannya meneruskan umpan Van Aanholt masih melayang di atas mistar gawang Makedonia Utara. 

Frenkie de Jong memotong bola di dekat kotak penalti Makedonia Utara dan kemudian melakukan penetrasi. Dia mengoper bola kepada Weghorst yang kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan. Sial bagi Belanda, bola membentur mistar gawang. 

Gol Makedonia Utara lagi-lagi dianulir pada menit ke-73. Churlinov sempat menaklukkan Stekelenburg lewat sepakan mendatar dengan kaki kanan, tapi lebih dulu dalam posisi offside saat menerima bola terobosan dari Bardhi. 

Unggul tiga gol tak membuat Belanda mengendurkan serangan. Meski demikian, tidak ada tambahan gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan usai.*** 

Susunan Pemain 

Timnas Makedonia Utara (4-2-3-1)Stole Dimitrievski; Stefan RistovskiVisar MusliuDarko VelkoskiEzgjan AlioskiArijan Ademi (Boban Nikolov 79’), Enis Bardhi (Vlatko Stojanovski 78’); Ivan Trickovski (Darko Churlinov 56’), Eljif Elmas, Aleksandar Trajkovski (Ferhan Hasani 68’); Goran Pandev (Tihomir Kostadinov 69’). 

Pelatih: Igor Angelovski. 

Timnas Belanda (3-5-2)Maarten StekelenburgDaley BlindMatthijs de Ligt, Stefan de Vrij (Jurrien Timber 46’); Patrick van Aanholt, Ryan GravenberchGeorginio WijnaldumFrenkie de Jong (Cody Gakpo 79’), Denzel Dumfries (Steven Berghuis 46’); Memphis Depay (Wout Weghorst 66’), Donyell Malen (Quincy Promes 66’). 

Pelatih: Frank De Boer.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like