Buron 2 Tahun, Terpidana Kasus Penipuan Dalton Ichiro Digarap Jaksa di Apartemen Kebayoran Lama

Buron 2 Tahun, Terpidana Kasus Penipuan Dalton Ichiro Digarap Jaksa di Apartemen Kebayoran Lama

- in HUKUM
22
0

JAKARTA – Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung berhasil mengamankan terpidana kasus penipuan Dalton Ichiro Tanonaka.

Dalton yang merupakan warga negara Amerika Serikat dan buronan selama 2 tahun itu tak berkutik saat ditangkap oleh operasi gabungan Intelijen Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

“Terpidana (Dalton Ichiro Tanonaka) ditangkap di Kawasan Apartemen Permata Hijau, Jalan Permata hijau Blok B No.8, Kebayoran lama, Jakarta Selatan sekitar pukul 00.40 WIB,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Hari Setiyono di Jakarta, Rabu (07/10/2020).

Hari menjelaskan, penangkapan dilakukan berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 761 K/Pid/2018 tanggal 4 Oktober 2018 yang dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHPidana yang merugikan saksi korban sebanyak 500.000 dolar Amerika.

Kerugian itu, lanjut Hari, dengan melibatkan PT Melia Media International tempat terpidana bekerja sebagai pengelola perusahaan.

“Dan oleh karena perbuatannya itu, terpidana (Dalton Ichiro Tanonaka)
dijatuhi hukuman pidana penjara selama tiga tahun,” ujar Hari.

Hari menambahkan, keberhasilan penangkapan buronan pelaku kejahatan oleh tim tabur Kejaksaan Agung, merupakan yang ke – 89 di tahun 2020. Dari buronan yang berhasil diamankan, terbagi dari berbagai wilayah, baik dalam kategori tersangka, terdakwa, maupun terpidana.

Diketahui, program tabur 32.1 digulirkan oleh bidang Intelijen Kejaksaan Agung dalam memburu buronan pelaku kejahatan baik yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan sendiri maupun instansi penegak hukum lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Melalui program ini, kami menyampaikan pesan bahwa tidak ada tempat yang aman bagi pelaku kejahatan,” tegasnya.(Richard)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Tahun Buron, Terpidana Kasus Penipuan Dicokok Tim Tabur Kejaksaan di Cilacap

Telah dibaca: 143 JAKARTA – Tim Tangkap Buronan