Buka Kongres ISMEI Ke-4, Raja Kusuma Negara Kalimantan Barat: Ekonom Muda Sadarlah

Buka Kongres ISMEI Ke-4, Raja Kusuma Negara Kalimantan Barat: Ekonom Muda Sadarlah.

Raja Kusuma Negara Sanggau Kalimantan Barat yang bergelar Yang Dipertuan Agung Pangeran Wali Diraja, Dicky Arianto Padmadipoera menyerukan, para ekonom muda yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) untuk sadar diri dan bangkit dari keterpurukan di era Revolusi Industri 4.0 yang sedang terjadi.

Hal itu disampaikan Dicky Arianto saat membuka Kongres ISMEI ke-4 di Hotel Amos Cozy, Jakarta, Senin (3/12/2018). Dicky yang merupakan alumni ISMEI itu didapuk membuka perhelatan besar para mahasiswa ekonomi itu.

“Para ekonom muda, bangkitlah. Adik-adik saya, organisasi ini, Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia, ISMEI, bukanlah organisasi kaleng kerupuk,” tutur Dicky.

Dia mengatakan, ISMEI mempunyai sejarah panjang dalam kontribusi bangsa ini. Pada tahun 60-an ISMEI sudah ada, yang dulunya bernama IMEI.

“Jika ada yang pernah membaca bukunya Soe Hoek Gie, maka kalian tahu bukti sejarah IMEI dalam pergerakan serta kontribusinya bangsa ini,” ujarnya.

Bicara Sejarah Revolusi Industri 1.0 di Perancis dan Inggris, sangat panjang. Bahkan, saat ini yang di dengungkan tentang Revolusi Industri 4.0 itu, sebetulnya sudah lama dirasakan tapi Indonesia tidak sadar.

“Adik-adik yang sedang berproses agar menguatkan ekonomi, supaya kedepan menjadi paripurna secara individu, dan bisa betul-betul mengabdi pada masyarakat dan bangsa Indonesia ini,” imbuhnya.

Selain Raja Kusuma Negara Dicky, pembukaan Kongres ISMEI Ke-4 juga dihadiri perwakilan Kemenpora, yakni staf ahli Bidang Politik Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Yuni Poerwati.

Yuni Poerwati mengatakan, pemuda, khususnya mahasiswa harus mempunyai semangat yang membara, sebab para mahasiswa juga adalah penerus tongak kepemimpinan bangsa.

“Kementerian Pemuda dan Olah Raga terbuka bagi mahasiswa ingin mempunyai niat untuk mengawali berwirausaha. Karna dari kementerian mempunyai program untuk wirausaha muda,” ujar Yuni.

Sementara, Badan Pimpinan ISMEI Andi Rante menyampaikan pesan kepada peserta kongres, bahwa kongres kali ini harus melahirkan gagasan-gagasan tentang rumusan ekonomi kedepan.

“Mari kita berembuk dan hasilkan rumuskan untuk ekonomi kedepan,” ujar pria asal Luwu tersebut.

Lebih lanjut, Andra sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa ISMEI diterima oleh Kepala Staf Presiden untuk menyampaikan laporan dan hasil dari kongres.

“Hari Jumat 7 Desember 2018 sudah diagendakan oleh kantor staf presiden untuk mengadakan forum grup diskusi terkait hasil dari kongres ISMEI yang ke-XIV,” ujarnya.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*