Breaking News

BPOM Rutin Lakukan Pengawasan dan Pengujian, Minuman Energi Merek Kratingdaeng dan M150 Bebas Zat Adiktif

BPOM Rutin Lakukan Pengawasan dan Pengujian, Minuman Energi Merek Kratingdaeng dan M150 Bebas Zat Adiktif. BPOM Rutin Lakukan Pengawasan dan Pengujian, Minuman Energi Merek Kratingdaeng dan M150 Bebas Zat Adiktif.

Maraknya informasi peredaran minuman berenergi yang mengandung zat adiktif dan zat berbahaya lainnya di pasaran, ditepis oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Dua jenis minuman berenergi, Kratingdaeng dan M150 yang banyak dikonsumsi masyarakat, hingga saat ini tidak ditemukan adanya zat adiktif atau bahan narkotika.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mayagustina Andarini mengatakan, pihaknya selalu melakukan kontrol terhadap peredaran obat, makanan dan minuman-minuman serta bahan-bahan kosmetik.

Proses penelitian dan pengujian juga dilakukan oleh BPOM. Seperti pada minuman berenergi jenis Kratingdaeng dan M150.

Menurut Maya, hasil pengawasan BPOM, tidak ditemukan hal yang membahayakan dari bahan maupun zat di dalam minuman itu.

“Sampling dan pengujian terhadap minuman berenergi selama ini tidak mengandung kandungan zat adiktif atau narkoba,” tutur Mayagustina, dalam keterangannya, Rabu (14/08/2019).

Maya menerangkan, sesuai data registrasi, produk minuman berenergi mengandung taurin, kafein dan berbagai vitamin dengan disertai label peringatan, Hindari penggunaan pada anak-anak, wanita hamil atau menyusui dan  Tidak melebihi aturan pakai yang telah dianjurkan.

Lebih lanjut, Maya menerangkan, berdasarkan literatur, disebutkan bahwa kafein memiliki efek farmakologis sebagai stimulan susunan saraf pusat yang dapat digunakan untuk mengurangi kelelahan fisik dan mengembalikan kewaspadaan.

“Sedangkan efek dari taurin adalah untuk mendukung perkembangan sistem syaraf pusat,” katanya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*