Berlangsung Khidmat Dan Lancar, Pelantikan Pengurus Pusat GMKI Mendapat Sambutan Luar Biasa Dari Berbagai Organisasi Aras Nasional Dan Senior-Senior Taat Konstitusi

Berlangsung Khidmat Dan Lancar, Pelantikan Pengurus Pusat GMKI Mendapat Sambutan Luar Biasa Dari Berbagai Organisasi Aras Nasional Dan Senior-Senior Taat Konstitusi

- in DAERAH, DUNIA, EKBIS, HUKUM, NASIONAL, POLITIK, PROFIL
1248
0
Pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2022-2024 dengan Ketua Umum Jefri Edi Irwan Gultom dan jajarannya, Gereja Baptis Indonesia, Jl RP Soeroso No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (31/01/2023).(Dok)Pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2022-2024 dengan Ketua Umum Jefri Edi Irwan Gultom dan jajarannya, Gereja Baptis Indonesia, Jl RP Soeroso No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (31/01/2023).(Dok)

Sempat dihalang-halangi dan hendak diambil alih oleh sejumlah oknum senior perusak organisasi dan pengurus Formatur, proses serah terima atau pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2022-2024, Jefri Edi Irawan Gultom dan jajarannya, berlangsung khidmat dan lancar dengan penuh suka cita.

Acara rangkaian ibadah pelantikan yang semula diagendakan akan dilaksanakan di Gereja GPIB Paulus, Jakarta itu, dialihkan ke Gereja Baptis Indonesia, Jl RP Soeroso No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, dikarenakan pihak GPIB mendapat intimidasi dan penolakan pelantikan yang dilakukan oleh Sekretaris Formatur Artinus Hulu bersama sejumlah oknum senior GMKI.

Proses pelantikan PP GMKI Masa Bakti 2022-2024 dimulai dengan Ibadah dengan Pembawa Firman TUHAN oleh Pendeta Gereja Baptis Indonesia, Jl RP Soeroso No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa sore (31/01/2023).

Berbagai organisasi kemahasiswaan aras nasional seperti Pimpinan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI), Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP GMNI), Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (DPP IMM), Pengurus Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Pimpinan Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia disingkat (HIKMAHBUDHI), Pimpinan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Keluarga Besar Mahasiswa Khonghucu (KBMK), Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP HIMA PERSIS), Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Kelompok Cipayung, dan Cipayung Plus.

Kemudian, Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang diwakili Wakabareskrim Polri Irjen. Pol. Asep Edi Suheri, Tokoh Kristen yang juga mantan Ketua Umum PP GMKI Dua Periode, Senior Imanuel Blegur, Dewan Pimpinan Pusat Partisipasi Kristen Indonesia (DPP PARKINDO), Lukman Doloksaribu bersama Sekjen Besli Pangaribuan, Pengurus DPP, Manahara Sitinjak, dan jajarannya. Juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Provinsi DKI Jakarta (DPD GAMKI DKI Jakarta), Jhon Roy P Siregar, yang juga senior GMKI, Pengurus Tim Advokat Penegakan Hukum Dan Keadilan (TAMPAK), Sandi Eben Ezer Situngkir, yang juga senior GMKI Jakarta, para mantan Pengurus Pusat GMKI, beserta ratusan senior-senior GMKI lintas Cabang.

Dalam pidato pelantikannya, Ketua Umum PP GMKI Masa Bakti 2022-2024 Jefri Edi Irwan Gultom, yang terpilih secara sah untuk kedua kalinya di Kongres ke-38 GMKI di Tana Toraja, pada akhir 2022 lalu itu menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh sivitas GMKI Setanah air, juga kepada Senior-Senior GMKI yang loyal dan masih taat kepada Konstitusi Organisasi, serta kepada seluruh sahabat pergerakan mahasiswa dan organisasi, dan kepada Wakabareskrim Polri Irjen. Pol. Asep Edi Suheri.

“Kemarin, ada semacam latihan serah terima pada tanggal 28 Januari 2023 oleh beberapa orang yang kebelet jadi pimpinan GMKI, itu tidak apa-apa. Itu bukan serah terima dan bukan pelantikan. Itu mereka lagi melakukan geladi resik untuk acara pelantikan kita hari ini,” tutur Ketua Umum PP GMKI, Jefri Edi Irwan Gultom.

Kemudian, lanjutnya, adanya upaya liar yang tak sehat yang dilakukan Sekretaris Formatur Artinus Hulu dan beberapa orang senior GMKI pendukungnya, yang mengintimidasi pihak Gereja GPIB Paulus, agar menolak dan membatalkan pelantikan PP GMKI, juga tidak berhasil.

“Nanti itu akan diproses hukum, sebab aksi mereka itu membuat kita malu kepada gereja kita juga, yaitu GPIB Paulus. Bersama-sama dengan pihak GPIB Paulus nanti akan kita coba menyelesaikan pihak-pihak yang merusak hubungan PP GMKI dengan GPIB,” lanjut Jefri.

Jefri Gultom juga berharap di kepengurusannya ini, seluruh stakeholder dan para anggota mau pun senior-senior serta kawan-kawan organisasi mahasiswa, ormas, OKP dan kaum pergerakan, untuk tetap bersama-sama saling mendukung, dan melakukan aktivitas-aktivitas yang terus membangun persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

Dalam pidatonya, Jefri Gultom juga menyampaikan, akan tetap bersama-sama ke kantor PP GMKI di Jalan Salemba Raya 10, Jakarta Pusat.

“Kami sangat berterima kasih atas segala dukungan, dan kami sangat terbuka terhadap semua kritik dan saran, untuk kami bisa melangkah semakin baik lagi,” tandas Jefri Gultom.

Senior GMKI Imanuel Blegur, dalam sambutannya menyampaikan, adalah hal yang biasa saja, apa bila terjadi riak-riak dalam sebuah organisasi seperti GMKI.

“Semua organisasi, seperti Kelompok Cipayung, seperti GMKI pasti pernah mengalami riak-riak. Dan itu biasa saja, untuk mematangkan pergerakan semakin kuat dan dewasa. Hanya saja, apa yang dilakukan yang mengklaim pelantikan pada tanggal 28 Januari 2023 kemarin, saya kira itu kurang tepat mereka,” tutur Imanuel Blegur yang pernah menjadi Ketua Umum PP GMKI dua periode itu.

“Formatur itu, hanya membantu Ketua Umum untuk menyusun dan melaksanakan beberapa tugas-tugas Ketua Umum. Formatur tidak boleh melangkahi Ketua Umum,” lanjut senior yang pernah beberapa periode menjabat sebagai anggota DPR itu.

“Karena itu, tetaplah taat pada konstitusi organisasi, dan lakukanlah itu. Percayalah, tidak ada satu orang pun yang taat melayani secara konstitusional di GMKI itu yang akan tercecer. Tidak pernah. Saya sendiri mengalami itu, kita percaya TUHAN YESUS KRISTUS, SANG KEPALA GERAKAN kita, menyediakan dan memberikan yang dibutuhkan oleh orang-orang yang setia melayani,” tandas Imanuel Blegur.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partisipasi Kristen Indonesia (DPP PARKINDO), Lukman Doloksaribu saat menyampaikan kata sambutan pada Pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2022-2024 dengan Ketua Umum Jefri Edi Irwan Gultom dan jajarannya, Gereja Baptis Indonesia, Jl RP Soeroso No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (31/01/2023).(Dok)
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partisipasi Kristen Indonesia (DPP PARKINDO), Lukman Doloksaribu saat menyampaikan kata sambutan pada Pelantikan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2022-2024 dengan Ketua Umum Jefri Edi Irwan Gultom dan jajarannya, Gereja Baptis Indonesia, Jl RP Soeroso No.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (31/01/2023).(Dok)

Di tempat yang sama, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partisipasi Kristen Indonesia (DPP PARKINDO), Lukman Doloksaribu, meminta agar GMKI jangan pernah pecah.

“Kalau Parkindo, mungkin bolehlah ada yang pecahnya ya, tetapi GMKI tidak boleh pecah. Sebab itulah Amsal kita, Ut Omnes Unum Sint, jadi GMKI tak boleh pecah. Biar saja organisasi yang tidak memiliki Amsal kita mau seperti apa, tapi GMKI harus tetap satu, Ut Omnes Unum Sint, tidak boleh pecah,” tutur Lukman Doloksaribu yang juga senior GMKI Bandung itu.

Lukman Doloksaribu juga berharap, jika ada oknum-oknum pengurus dan atau oknum-oknum senior yang sudah mulai melenceng dari konstitusi organisasi, hendaknya segera kembali ke Amsal GMKI, Ut Omnes Unum Sint.

“Kami mengalaminya di Parkindo, tetapi kita sebagai Parkindo yang sah, yang taat konstitusi organisasi, yakin suatu saat nanti, yang sempat pecah itu akan kembali bersatu lagi. Kita sebagai organisasi yang oleh senior-senior kita disebut sebagai Wali Songo, lembaga keumatan, wajib saling menopang, dan kita tidak mau GMKI pecah, tetaplah setia dan tulus melayani,” tandas Lukman Doloksaribu.

Proses pelantikan berakhir dengan tertib dan lancar, dengan penuh suka cita. Kemudian, Pengurus Pusat GMKI Jefri Edi Irwan Gultom dan jajarannya kembali ke Markas PP GMKI, di Jalan Salemba Raya 10, Jakarta Pusat, dengan tertib dan damai.(RED)

 

Susunan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2022/2024

Ketua Umum: Jefri Edi Irawan Gultom

Ketua Bidang Organisasi: Hendra Leonardo Manurung

Ketua Bidang Pendidikan Kader dan Kerohanian: Yoel Umbu Runga Riti

Ketua Bidang Aksi dan Pelayanan: Ranto Pasaribu

Ketua Bidang Hubungan Internasional: Refindi Micate

Ketua Bidang Ekonomi Kreatif: Tandiesak Parinding

Ketua Bidang Media Informasi dan Komunikasi: Noven Honorius Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan: Meliana Gultom

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan: Lucky Marsel Wenno

Ketua Bidang Agraria dan Kemaritiman: Nias Felix Pusop

Sekretaris Umum: Artinus Hulu

Wakil Sekretaris Umum: Martha Elisabet Titihalawa

Sekretaris Fungsional Organisasi : Keny Gainau

Sekretaris Fungsional Pendidikan Kader: Abraham Saleh

Sekretaris Fungsional Kerohanian: Sterky Luis Fernando Konehe

Sekretaris Fungsional Gereja: Yusuf Simbiak

Sekretaris Fungsional Perguruan Tinggi: Juwita Theresia Panjaitan

Sekretaris Fungsional Masyarakat: Faber Riswantoro Siahaan

Sekretaris Fungsional Hubungan Internasional: Jesica Esther Warouw

Sekretaris Fungsional Ekonomi Kreatif: Novrita Sandante Sekretaris Fungsional Media Komunikasi dan Informasi: Martin Ronaldo Pakpahan

Sekretaris Fungsional Pemberdayaan Perempuan: Olivia Wagono

Sekretaris Fungsional Penelitian dan Pengembangan: Ferdinand Umbu Tay Hambandima

Sekretaris Fungsional Agraria dan Kemaritiman: Wilson Paimbonan

Bendahara Umum : Bertin Trisna Wulandari Zamili

Wakil Bendahara Umum: Melia Lagoy Silaban

Koordinator Wilayah I (Aceh dan Sumut): Hizkia Ronaldus Silalahi

Koordinator Wilayah II (Sumsel, Bengkulu, Lampung, Jambi, dan Bangka Belitung): Fajar Sihombing

Koordinator Wilayah III (DKI Jakarta, Jabar, Banten): Yulius Yohanes Carlos Wawo

Koordinator Wilayah IV (DI Yogyakarta dan Jateng): Jhonboltus Fara

Koordinator Wilayah V ( Jatim, Bali, dan NTB): Hizkia Trianto

Koordinator Wilayah VI (Kalteng, Kalsel, Kaltim dan Kaltara): Kristianto Triwibowo

Koordinator Wilayah VII (NTT): Arnol Nggadas

Koordinator Wilayah VIII (Sulsel, Sultra, Sulbar): Restu Tangaka

Koordinator Wilayah IX (Sulteng) : Trisno Palinoan

Koordinator Wilayah X (Sulut dan Gorontalo): Marko Rampengan

Koordinator Wilayah XI (Maluku) : Donatus Jamlean

Koordinator Wilayah XII (Papua dan Papua Barat): Mince Oyaitou

Koordinator Wilayah XIII (Sumbar, Riau, dan Kep. Riau): Sandy Hotdriaman Sinaga

Koordinator Wilayah XIV (Kalimantan Barat): Andrianus

Koordinator Wilayah XV (Maluku Utara) : Fandi Salasa.(*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Hakim ‘Gemes’ di Sidang Bongkar Kejahatan Biksu Perempuan dan Keluarganya pada PN Jakarta Utara

Persidangan kasus pidana dengan Nomor Perkara 246/Pid.B/2024, di