Berantas Illegal Logging di Sumatera, Pelaku dan Barang Bukti Dilimpahkan ke Kejari Belitung Timur

Gakkum Kembali Amankan 34 Kontainer Kayu Ilegal dari Maluku.

Kasus Illegal Logging atau penebangan kayu secara ilegal masih marak. Di Sumatera, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) menangkap pelaku pengangkut kayu tanpa dokumen sah. Kini, tersangka dan barang buktinya sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung Timur.

Anggota Gakkum KLHK Sumatera, Dodi Kurniawan menuturkan, Tim Operasi Gabungan Gakkum KLHK, Dishut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, UPTD KPHP Gunung Duren dan didukung oleh Polres Belitung Timur, Subdenpom dan KODIM 0414/BLT berhasil mengamankan pelaku pengangkutan kayu ilegal hasil pembalakan liar di Kawasan Hutan Produksi Gunung Duren Kabupaten Belitung Timur, pada 19 Oktober 2018 lalu.

Dari penangkapan itu, Tim menyita barang bukti berupa 1 (satu) unit Mobil Truk Merk Mitsubishi warna kuning dengan Nomor Polisi BN 4122 AL, beserta 26 batang kayu yang berada di dalam mobil truck tersebut, 1 (satu) buah STNK mobil truck BN 4122 AL.

“Penyidik Balai Gakkum LHK menetapkan 2 pelaku menjadi tersangka yakni inisial J yang merupakan sopir mobil truknya, dan tersangka S sebagai pemilik mobil sekaligus dalang dari kegiatan ini,” tutur Dodi, dalam keterangan persnya, Minggu (25/11/2018).

Penyidik menjerat kedua pelaku dengan Pasal 88 ayat (1) dan/atau Pasal 85 ayat (1) Undang-Undang nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo pasal 55 ayat (1) Jo pasal 56 ayat (2) KUHP, dengan ancaman sanksi pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp2.500.000.000,00 (dua miliar lima ratus juta rupiah).

Setelah berkas perkara Kasus Pengangkut Kayu tanpa dokumen sah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan negeri  Belitung Timur, Penyidik menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum, Kejaksaan Negeri Lampung Barat tanggal 22 November 2018.

Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera, Edward Sembiring, mengapresiasi kinerja Tim Gakkum KLHK Sumatera Selatan, Dishut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, UPTD KPHP Gunung Duren dan didukung oleh Polres Belitung Timur, Subdenpom dan KODIM 0414/BLT, yang telah bekerja sama dengan baik sehingga kasus ini bisa diungkap.

“Kami berharap, tangkapan ini dapat diketahui oleh khalayak ramai sehingga memberi efek jera bagi para pelaku kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan,” tutur Edward Sembiring.

Selanjutnya, Edward Sembiring berharap proses persidangan dapat dilaksanakan secepatnya untuk memberikan kepastian, kemanfaatan dan keadilan hukum.

“Semoga putusannya nanti memberikan efek jera bagi pelaku dan juga pihak-pihak lain yang selama ini terlibat,” tutupnya.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan