Belum Dilockdown Saja Sudah Hampir Kolaps, Nelayan Indonesia Butuh Terobosan Hadapi Virus Corona

Nelayan Indonesia Tidak Mau dilockdown

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Siswaryudi Heru: Belum Dilockdown Saja Sudah Hampir Kolaps, Nelayan Indonesia Butuh Terobosan Hadapi Virus Corona.
Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Siswaryudi Heru: Belum Dilockdown Saja Sudah Hampir Kolaps, Nelayan Indonesia Butuh Terobosan Hadapi Virus Corona.

Pemerintah dan semua pihak diminta melakukan terobosan untuk mengatasi persoalan penyebaran virus corona. Hingga saat ini dampaknya sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat nelayan di Indonesia.

Bukan dikarenakan terserang virus corona, nelayan Indonesia malah menghadapi situasi perekonomian yang bisa dikatakan hampir kolaps.

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Siswaryudi Heru mengungkapkan, di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya di Jawa Timur saja, nelayan sudah berhenti melaut. Dan hasil tangkapannya tak ada yang membeli lagi.

“Jadi nelayannya tidak kena Covid-19. Namun sudah hampir berhenti kehidupan di sana. Hampir tanpa denyut perekonomian. Jangan sampai kolaps. Padahal itu berada di Pulau Jawa, di lokasi yang dekat dengan pusat pemerintahan dan akses dan sebagainya,” tutur Siswaryudi Heru, di Jakarta, Sabtu (21/03/2020).

Menurut Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan Pengurus Pusat Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) ini, ikan-ikan nelayan yang selama ini disekpor, berhenti.

Para pengusaha ikan pun sudah tak beroperasi. Untuk tujuan ekspor, berhenti. Bukan hanya untuk untuk ekspor yang berhenti, lanjut Siswaryudi, pembeli lokal pun berhenti membeli ikan.

“Semua ini dikarenakan penyebaran virus corona yang sangat mengcemaskan masyarakat kita. Belum dilockdown pun sudah serasa mati. Apalagi dilockdown? Bisa-bisa nelayan terbunuh mati karena tak bisa ngapa-ngapain,” tuturnya.

Jangan sampai kondisi ini menimbulkan masalah baru. Mesti segera ada solusi penanggulangannya.

Karena itu, Pemerintah Indonesia bersama seluruh masyarakat Indonesia, dan para pengusaha sektor perikanan hendaknya bahu membahu mencarikan solusi atas situasi yang sangat merisaukan ini.

Siswaryudi Heru mengatakan, dengan kesatuan hati dan kebulatan tekad seluruh elemen masyarakat, terutama Pemerintah dan masyarakat nelayan, situasi ini optimis bisa diatasi.

Dia juga berharap, nelayan tidak terlalu lama mengalami persoalan yang lebih rumit dari pada penyebaran virus corona itu sendiri. “Nelayan percaya Pak Jokowi bisa memulihkan ini semua dalam waktu yang tidak lama,” pungkas Siswaryudi Heru.(JR)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan