Bangkrut Akibat Pandemi Covid-19, Juventus Jatuh Miskin, Cristiano Ronaldo Pun Hengkang

Bangkrut Akibat Pandemi Covid-19, Juventus Jatuh Miskin, Cristiano Ronaldo Pun Hengkang

- in OLAHRAGA
24
0
Bangkrut Akibat Pandemi Covid-19, Juventus Jatuh Miskin, Cristiano Ronaldo Pun Hengkang. - Foto: Cristiano Ronaldo bakal hengkang gara-gara bencana menerpa raksasa Serie A Liga Italia Juventus.(Martin Rickett/PA Images via Getty Images)Bangkrut Akibat Pandemi Covid-19, Juventus Jatuh Miskin, Cristiano Ronaldo Pun Hengkang. - Foto: Cristiano Ronaldo bakal hengkang gara-gara bencana menerpa raksasa Serie A Liga Italia Juventus.(Martin Rickett/PA Images via Getty Images)

Klub raksasa Italia, Juventus dikabarkan tengah terpuruk dan mengalami kebangkrutan keuangan, akibat pandemi Covid-19. 

Mega Bintang Juventus asal Portugal, Cristiano Ronaldo juga dikabarkan hengkang dari klub berjuluk Si Nyonya Besar atau Si Nyonya Tua itu. 

Sejak ditangani Pelatih Andrea Pirlo, klub berjuluk Bianconeri itu dikabarkan hilang harapan untuk menjuarai Serie A Liga Italia. Harapan Juventus meraih scudetto amblas total. 

Bencana akan kian menghantam Si Nyonya Tua, Cristiano Ronaldo bakal pergi setelah akhir musim nanti. 

Melansir France 24, terjadi krisis finansial yang menimpa tim bermarkas di Allianz Stadium itu, imbas pandemi Corona. 

Kabarnya mereka merugi dua kali lipat pada paruh pertama musim ini yakni menyentuh angka 113 juta Euro atau setara Rp 1,9 Triliun. 

Angka ini terbilang fantastis setelah sebelumnya menderita kerugian 50 juta Euro atau Rp 865 Miliar, pada paruh musim lalu. 

Dalam satu tahun penuh musim 2019-2020 lalu, mereka bahkan sempat kehilangan 89 juta Euro atau Rp 1,5 Triliun. 

Tak adanya keuntungan ini pun bisa berimbas kepergian Cristiano Ronaldo jadi hal yang tak terelakkan lagi, terutama menyangkut gajinya. 

Pasalnya, striker asal Portugal ini wajib dinafkahi hingga 32 juta Euro atau Rp 556 Miliar per tahun. 

Melansir laman Tutto Juve, ada indikasi jika kepergian CR7 jadi suatu hal yang lumrah, meskipun ada ikatan kontrak hingga musim panas 2022 mendatang.  

Tentu saja hal ini juga berkaitan dengan kekuatan finansial sekaligus performa tim tempatnya bernaung. 

Masih dalam sumber serupa, kepergian Cristiano Ronaldo juga tak lepas dari performa Pelatih Juventus Andrea Pirlo yang buat Bianconeri tampil menyedihkan. 

Jangankan karena Serie A Liga Italia yang berpindah tangan, pentas Eropa pun nampaknya bagi mereka hanya angan-angan belaka. 

Juve menyatakan bakal menjual beberapa bintang andalan mereka setelah dilaporkan mengalami kerugian finansial yang lumayan besar itu. 

Pernyataan mengejutkan yang keluar dari Juventus itu adalah upaya mereka untuk bisa kembali menstabilkan neraca keuangan klub yang terdampak pandemi Covid-19. 

Laporan dari Football Italia menyebutkan jika Juventus tercatat mengalami kerugian senilai 113,7 juta Euro atau sekitar Rp 1,9 Triliun, sepanjang musim 2020/2021. 

Jumlah kerugian yang dialami oleh Juventus tersebut diproyeksikan bakal bertambah semakin besar di paruh kedua Seria A Liga Italia musin 2020/2021 ini. 

Absennya penonton karena protokol kesehatan Covid-19 yang membuat tidak adanya pemasukan dari tiket, menyumbang sebagian besar kerugian finansial yang dialami oleh Juventus. 

Untungnya Juventus masih memiliki pemasukan yang cukup besar dari hak siar di radio dan televisi, serta penjualan merchandise secara online di paruh pertama kemarin.

Bangkrut Akibat Pandemi Covid-19, Juventus Jatuh Miskin, Cristiano Ronaldo Pun Hengkang. - Foto: Andrea Pirlo sempat membawa bencana bagi raksasa Serie A Liga Italia Juventus. (Daniele Badolato/Juventus FC/Juventus FC via Getty Images)
Bangkrut Akibat Pandemi Covid-19, Juventus Jatuh Miskin, Cristiano Ronaldo Pun Hengkang. – Foto: Andrea Pirlo sempat membawa bencana bagi raksasa Serie A Liga Italia Juventus. (Daniele Badolato/Juventus FC/Juventus FC via Getty Images)

Namun meskipun cukup membantu Juventus, pemasukan tersebut tak sebanding dengan kerugian yang harus dialami oleh mereka. 

Kerugian yang membuat mereka terancam harus melego beberapa bintang andalannya. 

Kerugian finansial akibat absennya penonton di dalam stadion itu diperparah dengan tanggungan gaji selangit yang menjadi tanggung jawab Juventus. 

Melepas beberapa bintang andalan agaknya menjadi opsi terbaik yang dimiliki oleh Juventus. 

Opsi tersebut lebih baik daripada melakukan pinjaman kepada bank atau menjual aset-aset yang mereka miliki. 

Dengan melepas beberapa pemain bintangnya, Juventus tak hanya membuat neraca keuangan mereka kembali stabil, tetapi juga bakal mengurangi beban gaji selangit yang saat ini menjadi tanggungan mereka. 

Semenjak ditukangi Maurizio Sarri, sepak terjang Si Nyonya Tua seolah-olah menurun ketimbang bersama Massimiliano Allegri. Bagaimana tidak? Gagal lolos di pentas Eropa baru awalnya saja setelah beragam hasil tak konsisten kala lakoni laga domestik. 

Keputusan besar lantas diambil oleh Andrea Agnelli selaku presiden klub yang malah mendatangkan Andrea Pirlo selaku pelatih tim junior.  

Tentu saja harapannya satu, Juve bisa tampil gemilang selayaknya Real Madrid bersama Zinedine Zidane beberapa tahun lalu. 

Maklum saja, Bianconeri yakin bisa torehkan prestasi tak cuma di tingkat Serie A Liga Italia saja melainkan juga Liga Champions usai sudah datangkan Cristiano Ronaldo seharga 112 juta Euro atau Rp 1,9 Triliun pada 2018 lalu. 

Alih-alih dapatkan pelatih kompeten, hasil yang didapat Juventus malah jauh lebih mengecewakan ketimbang saat diasuh Sarri dan Allegri. 

Bayangkan saja, puncak dominasi mereka usai juara sembilan tahun beruntun kini kalah lawan Inter dan AC Milan. 

Beberapa kali tim identik hitam-putih ini mengalami hasil menyedihkan, terutama saat melawan tim-tim medioker. 

Meskipun demikian, Vecchia Signora ini masih bisa berhasil menangkan Supercoppa Italiana, usai tundukkan Napoli di partai final dengan skor 2-0. 

Berpotensi tetap gagal menangkan Serie A Liga Italia ternyata baru satu bencana yang akan dialami oleh Juventus 

Pasalnya, bak sudah jatuh tertimpa tangga, Ronaldo juga bakal pergi meskipun tak kena pengaruh Andrea Pirlo secara langsung.(J-RO)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like