Bangga dan Tetap Mendukung KPK, Aktivis Minta Para Eksponen Kelompok Cipayung Dibersihkan Dari Korupsi

Bangga dan Tetap Mendukung KPK, Aktivis Minta Para Eksponen Kelompok Cipayung Dibersihkan Dari Korupsi.
Bangga dan Tetap Mendukung KPK, Aktivis Minta Para Eksponen Kelompok Cipayung Dibersihkan Dari Korupsi.

Aktivis meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengusut tuntas berbagai dugaan kasus korupsi yang dilakukan eksponen Kelompok Cipayung dan para senior atau alumni-alumninya yang banyak bercokol di sejumlah lembaga Negara dan pemerintahan.

Koordinator Jaksa Watch Indonesia (JWI) Haris Budiman menyampaikan, KPK sebagai lembaga anti rasuah yang merupakan buah dari Reformasi 98, harus terus didukung untuk melakukan pemberantasan korupsi di Tanah Air.





Salah satu kebanggaan terbesar dari seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia melalui Gerakan Reformasi 98 adalah lahirnya KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi yang harus melakukan tugas dan fungsi ekstraordinari.

Sebagai bagian dari eksponen Kelompok Cipayung, Haris Budiman menegaskan, aktor-aktor yang korup juga banyak berasal dari lingkaran Kelompok Cipayung, dan itu harus digeruduk dan diusut tuntas oleh KPK.

“Kelompok Cipayung sebagai salah satu elemen gerakan terbesar di pusaran Gerakan Reformasi 98, yang pada waktu itu menyuarakan secara idealis kelahiran KPK,” tutur Haris Budiman, di Jakarta, Minggu (14/07/2019).





Kini, menurut Haris Budiman, tidak sedikit alumni dan para senior dari eksponen Kelompok Cipayung yang menjadi politisi, pejabat, menjadi anggota DPR, menjadi Menteri, menjadi aparatur penegak hukum, eh malah tidak sedikit dari mereka justru bertindak korup.

“Harus fair dong. Kita yang berjuang agar KPK lahir. KPK adalah kebanggaan kita, kebanggaan bangsa dan Negara Indonesia, untuk terus getol memberantas korupsi. Kok kini, tidak sedikit kawan-kawan dan senior-senior maupun alumni-alumni Kelompok Cipayung yang tersebar di berbagai instansi yang malah jadi koruptor? KPK harus tangkap dan bersihkan dong itu semua,” bebernya.

Anehnya lagi, lanjut Haris Budiman, junior-junior yang masih dan baru saja selesai ber-Kelompok Cipayung malah tidak sedikit yang mengikuti jejak alumni dan senior-seniornya yang juga korup.





Sebagai informasi, kata dia lagi, beberapa fungsionaris di tingkat Pengurus Pusat dan atau Pengurus Besar organisasi Kelompok Cipayung telah diduga turut menyelewengkan anggaran Negara, dan program-program pemerintah yang seharusnya untuk masyarakat Indonesia.

Sebut saja, kata Haris Budiman, beberapa kegiatan nasional yang diinisiasi oleh Kelompok Cipayung, dengan mempergunakan anggaran Negara, malah tidak jelas peruntukan dan laporan pertanggungjawabannya.

“Tentu, adek-adek dan para senior dan alumni Kelompok Cipayung itu harus diperiksa dan dibongkar dong dugaan korupsinya. KPK harus mengusut tuntas itu semua. Kita dari eksponen Kelompok Cipayung tetap mendukung dan bangga kepada KPK untuk melakukan itu. Kita harus mau dan jujur, bahwa di antara kita pun perlu diusut oleh KPK,” bebernya lagi.





Bahkan, Advokat Muda Berbakat di Ibukota Jakarta ini, sejumlah politisi, anggota DPR, menteri, jaksa, hakim dan para aktor korupsi yang ditangkapi KPK, tidak sedikit yang berasal dari lingkungan Kelompok Cipayung.

“Oleh karena itu, KPK harus tetap kita dukung untuk memberantas korupsi, bukan memberantas Kelompok Cipayungnya loh. Korupsinya yang harus diberantas. Saya tidak mengatakan di lingkungan lain, atau organisasi lainnya tidak ada yang korup, itu juga harus diberantas oleh KPK. Semua elemen dan unsur, tidak hanya dari Kelompok Cipayung, ya harus diberantas korupsinya,” tegas Haris Budiman.(JR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*