Bahas Optimalisasi Penanganan Hukum, Kapolri dan Jaksa Agung Pastikan Tidak Ada Lagi Bolak Balik Berkas Perkara

JAKARTA – Kepolisian RI (Polri) dan Kejaksaan RI memastikan bahwa tidak akan ada lagi berkas perkara bolak balik berkali-kali antara penyidikan (Polri) dan penuntutan (Kejaksaan).

Hal itu dikatakan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo usai bertemu Jaksa Agung Dr ST Burhanuddin di Menara Kartika Adhyaksa, Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (03/02/2021).

Listyo Sigit Prabowo mengaku, dalam pertemuannya dengan Jaksa Agung Burhanuddin membahas berbagai persoalan penanganan kasus. Kedua belah pihak pun menyepakati optimalisasi pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Terkait masalah prinsip penanganan kasus yang cepat, beliau (Jaksa Agung-red) memberikan support kepada kami terkait dengan, kalau di istilah kita namanya P19, di mana saat kasus dibawa ke kejaksaan untuk diberikan petunjuk, tidak ada lagi bolak-balik perkara,” ujar Listyo Sigit.

Dia pun menegaskan, nantinya antara Polri dan Kejaksaan akan terus meningkatkan sinergitas dan soliditas, baik dalam lingkup kerja maupun lingkup pertukaran pendidikan.

“Di lapangan tentunya kita semakin kuat dalam melakukan proses di bidang hukum,” tukasnya.

Sementara itu Burhanuddin mengapresiasi kunjungan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, walaupun sebelum-sebelumnya Listyo Sigit sudah sering berkunjung ke Kejaksaan Agung.

“Hari ini adalah suatu kebahagiaan bagi saya, beliau (Listyo Sigit-red) datang ke sini dalam kapasitasnya sebagai Kapolri,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengungkapkan, silaturahmi yang sudah terbangun sebelumnya dengan Listyo Sigit menjadi modal untuk bisa bekerjasama lebih baik lagi dari yang sudah-sudah.

“Ini sudah kami lakukan sejak beliau sebelum jadi Kapolri, tentunya ini tonggak sinergitas kami lebih ditingkatkan lagi. Ini makna kehadiran beliau,” tegas Burhanuddin.

Seperti diketahui, setelah diangkat sebnagai Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah melakukan kunjungan ke berbagai kalangan. Di antaranya ke Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kantor PP Muhammadiyah dan Rabithah Alawiyah.

Kemudian, Listyo Sigit juga melakukan kunjungan ke Markas Besar TNI menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dilanjut menemui Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Setelah itu, Listyo Sigit mengunjungi Ketua Mahkamah Agung (MA), Muhammad Syarifuddin.(Richard)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan