Breaking News

Awal September 2019, Sudah Ada Pimpinan KPK Yang Baru

Anggota Pansel Capim KPK 2019 Hendardi : Awal September, Sudah Ada Pimpinan KPK Yang Baru. Anggota Pansel Capim KPK 2019 Hendardi : Awal September, Sudah Ada Pimpinan KPK Yang Baru.

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau Pansel Capim KPK 2019 telah menggeber jadwal tahapan seleksi bakal calon komisioner di lembaga anti rasuah itu.

Paling tidak, hingga awal September 2019, sudah akan ada pimpinan baru KPK. Anggota Pansel Capim KPK 2019 Hendardi menuturkan, pihaknya telah menjadwalkan pengumuman hasil profile assessment (PA) para Capim KPK pada 23 Agustus.

“Pengumuman hasil profile assessment atau PA rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2019. Itu setelah vendor yang melaksanakan PA menyerahkan hasilnya kepada Pansel tanggal 22 Agustus,” tutur Hendardi, Selasa (13/08/2019).

Pansel berharap, sebanyak 20-an Capim KPK akan lolos dalam tahapan ini. Proses seleksi akan dilanjutkan dengan Pemeriksaan Kesehatan, yang direncanakan pada 26 Agustus 2019.

“Kemudian, pada 26-30 Agustus 2019, ada tahap wawancara dan uji publik,” lanjut Hendardi.

Nah, setelah tahapan wawancara dan uji publik itu, sebanyak 10 Capim KPK akan diserahkan kepada Presiden.

“Selesai tahapan akhir tersebut, diharapkan keluar 10 nama capim terbaik yang akan diserahkan kepada Presiden RI pada awal September 2019,” ujarnya lagi.

Setelah dari Presiden, nantinya Pemerintah akan mengirimkannya ke DPR untuk dilakukan fit and proper test.

“Di fit and proper test DPR nantinya akan dipilih 5 Capim KPK yang baru,” ujar Hendardi.

Dia menegaskan, sedangkan tugas Pansel Capim KPK 2019, pada 16 Agustus 2019 nanti, adalah rapat membahas materi dan mekanisme untuk test kesehatan, persiapan wawancara dan uji publik. “Jadwal ini masih tentatif. Masih bisa berubah,” ujar Hendardi.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*