Breaking News

Atlit Bulutangkis Monumental Icuk Sugiarto Siap Bantu Jokowi Sebagai Calon Menpora

Diminta dan Didukung 71 OKP dan DPP KNPI

Didukung 71 OKP dan DPP KNPI, Atlit Bulutangkis Monumental Icuk Sugiarto Siap Bantu Jokowi Sebagai Calon Menpora. Didukung 71 OKP dan DPP KNPI, Atlit Bulutangkis Monumental Icuk Sugiarto Siap Bantu Jokowi Sebagai Calon Menpora.

Sebanyak 71 Organisasi Kepemudaan (OKP) dan juga Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) meminta atlit bulutangkis monumental Icuk Sugiarto agar bersedia menjadi pembantu Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) di periode kedua pemerintahan Jokowi.

Permintaan dan dukungan berupa rekomendasi itu disampaikan Forum Pimpinan Nasional OKP dari 71 OKP dan DPP KNPI kepada Icuk Sugiarto, pada 8 Oktober 2019, di Jakarta.

Salah seorang inisiator Forum Pimpinan Nasional OKP, Medi Sumaedi mengatakan, dukungan dan rekomendasi sudah dilakukan. Icuk Sugiarto layak menjadi Menpora. Dengan visi misi mewujudkan Pemuda Mandiri, Olah Raga Berprestasi dan Indonesia Berbudi Pekerti.

Medi Sumaedi yang juga Ketua Umum DPP Mahasiswa Pancasila (DPP Mapancas) itu menyebut, sosok Icuk Sugiarto adalah atlit yang menguasai kepemudaan dan keolahragaan di Tanah Air.

Selain berkiprah di dunia internasional dengan mengharumkan nama Bangsa Indonesia melalui berbagai kejuaraan bulu tangkis, Icuk Sugiarto juga konsisten membangun kepemudaan dan keolahragaan di Indonesia.

“Indonesia membutuhkan sosok Pak Icuk Sugiarto sebagai Menpora. Untuk membenahi berbagai urusan kepemudaan dan keolahragaan Indonesia. Sampai kini, kita belum melihat ada sosok Calon Menpora sekaliber Icuk Sugiarto,” tutur Medi Sumaedi, di Jakarta, Kamis (15/10/2019).

Medi menambahkan, para pemuda dan para pencinta olah raga di Indonesia, pasti tahu siapa sosok Icuk Sugiarto. Komitmennya untuk membenahi dan membangun kepemudaan dan keolahragaan sudah tak diragukan lagi.

Icuk juga aktif di berbagai organisasi kepemudaan, dan memiliki visi dan misi yang tulus untuk membangun Indonesia, lewat keolahragaan dan kepemudaan.

“Pak Icuk Sugiarto sudah teruji. Dia tetap komitmen membangun kepemudaan dan keolahragaan. Tidak terpengaruh dengan berbagai permainan politik atau pun permainan kotor lainnya yang bisa merusak pengembangan kepemudaan dan keolahragaan di Indonesia,” tutur Medi.

Medi mengatakan, para OKP dan DPP KNPI yakin, di tangan Icuk Sugiarto, kepemudaan Indonesia yang jumlahnya sangat besar itu, bisa maju dan menjadi garda terdepan mengawal NKRI, mengawal pembangunan yang bermartabat di Indonesia dan berkeadilan.

“Kamu muda harus diberdayakan, sebagai garda terdepan menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. Juga menjadi garda terdepan mengawal pembangunan nasional di era Presiden Joko Widodo. Kekuatan besar pemuda Indonesia ini jarang dilirik oleh para pendahulu. Kini, itu berada di tangan Pak Icuk Sugiarto,” tuturnya lagi.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk menelusuri prestasi-prestasi yang pernah dilakukan Icuk Sugiarto di kepemudaan dan keolahragaan.

Selain itu, Medi mengatakan, pihaknya juga membangun komunikasi dengan Istana Negara, untuk menyampaikan keinginan para pemuda dan para olahragawan, agar Presiden Joko Widodo memilih Icuk Sugiarto sebagai Menpora.

Senada dengan Medi, Sekretaris Jenderal Ikatan Putra-Putri Indonesia (Sekjen IPPI) Budi Herianto mengatakan, baru kali ini, sebanyak 71 OKP dan DPP KNPI, meminta secara langsung dan mendukung seseorang sebagai calon Menpora.

“Itu karena Pak Icuk Sugiarto memang terbukti dan memiliki kemampuan serta dukungan penuh kaum muda agar menjadi Menpora. Kiranya Pak Presiden Joko Widodo, mempertimbangkan dan menunjuk Pak Icuk Sugiarto sebagai Menpora,” tutur Budi Herianto.

Jika menjadi Menpora, lanjut Budi Herianto, paling tidak ada dua tugas utama Icuk Sugiarto yang menjadi prioritas di awal masa jabatannya. Yaitu, mempersatukan KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda Indonesia. Juga, melakukan pembenahan yang sehat di bidang keolahragaan.

“Kemenpora itu rumah bersama kepemudaan, dan rumah keolahragaan Indonesia,” ujar Budi Herianto.

Icuk Sugiarto merasa terharu dan dengan penuh rasa tanggung jawab menyatakan kesediaannya diusulkan sebagai Calon Menpora. Memang, menurut pria kelahiran Solo, 4 Oktober 1962 itu, banyak hal yang harus dibenahi di sektor kepemudaan dan keolahragaan Indonesia.

Suami dari Ciptaningsih (Almarhumah) ini mengatakan, dari pengalamannya di bidang ini, dia memiliki formula untuk menyatukan pemuda Indonesia, terutama KNPI, dan juga mengembangkan keolahragaan di Tanah Air. Agar membanggakan dan benar-benar meresap sebagai anak-anak bangsa yang tidak tersekat pada kepentingan segelintir orang saja.

“Kita membuat formula. Formula yang merupakan visi dan misi genuine milik kita. Untuk mengembangkan kepemudaan Indonesia, dan keolahragaan Indonesia,” ujar Icuk Sugiarto.

Ayah dari Nastassia Octaviani, Sugiarto, Tommy Sugiarto dan Jauza F Sugiarto ini menyebut, misalnya untuk mempersatukan KNPI dari berbagai kepentingan yang memecah belah kaum muda, dirinya meyakini, dengan urun rembug yang sehat bersama para pendahulu, para senior kepemudaan, mencari solusi untuk mempersatukan KNPI.

“Sebab, tidak bisa dipungkiri, kaum muda Indonesia jumlahnya sangat besar. Dan ini adalah potensi Indonesia. Mesti bersatu. Dan para senior, yang telah lebih dahulu ber-KNPI misalnya, perlu turun untuk urun rembug, mempersatukan KNPI secara bersama-sama,” tuturnya.

Untuk Kemenpora, menurut Icuk, ada beberapa hal yang perlu pembenahan serius. Seperti manajemen yang harus transparan, bersih dan tidak terkooptasi oleh Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

“Pembenahan kelembagaan, kepemudaan dan keolahragaan. Ini yang terdepan. Saat ini tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia kepada Kemenpora sangat drop. Kelembagaan, kepemudaan dan keolahragaan harus diberdayakan,  sebagai alat efektif mengatasi berbagai kebuntuan. Alat yang efektif membangun Indonesia,” tuturnya.

Icuk mengatakan, misalnya jika adalah 1 tahun dirinya dipercaya sebagai Menpora, sudah harus bisa mempersatukan KNPI. “Jika tidak bisa, dalam satu tahun saya mundur saja. Gagal saya mempersatukannya,” katanya.

Icuk juga memiliki misi membangun Kemenpora tanpa harus bergantung penuh pada APBN. Sebab, inovasi dan kreativitas yang patuh hukum, harus dikembangkan. Seperti untuk membangun berbagai pusat-pusat keolahragaan di berbagai daerah di Tanah Air.

“Seharusnya tidak semuanya bergantung pada APBN. Jangan menjadi beban terus-terusan ke APBN. Kita ajak mengabdi dan berbuat bagi Indonesia. Kita membuat pusat-pusat olahraga sesuai keunikan dan kemahiran masing-masing daerah. Minimal 5 titik. Di semua pulau besar. Karena masing-masing daerah memiliki keunggulan olahraganya tersendiri. Sehingga tak semuanya harus berada di Jakarta,” bebernya lagi.

Icuk mengaku tidak gentar dengan berbagai isu yang sengaja mematikan pengembangan kepemudaan dan keolahragaan. Termasuk untuk membangun pusat-pusat kepemudaan dan keolahragaan di berbagai daerah.

“Selagi taat pada hukum. Selagi niat tulus, selagi tujuannya untuk mengabdi, selagi kita patuh pada aturan penegakan hukum, saya kira tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ujar Icuk.

Dia mengatakan, dirinya tidak memiliki beking yang akan membentengi dirinya. Sejauh ini, jika diperkenankan menjadi Menpora, hanya kepada Presiden Joko Widodo loyalitas yang akan dilakukannya.

“Dan, beking sesungguhnya adalah Allah Swt. Semua kita serahkan kepadaNYA. Jika diperkenankan menjadi Menpora, saya akan mengabdi. Jika tidak diperkenankan saya akan terus mengabdi semampu saya,” ucap Icuk.(JR)

1 Comment on Atlit Bulutangkis Monumental Icuk Sugiarto Siap Bantu Jokowi Sebagai Calon Menpora

  1. RADIUM SITUMORANG.MBA // 16 Oktober 2019, 18:29 at 18:29 // Balas

    saya yakin’di tabgan pak Icuk Sugiarto’ kementerian olah raga akan maju dan berkembang

Leave a comment

Your email address will not be published.


*