Atasi Kerawanan Sosial Di Tengah Pandemik Covid-19, Bawaslu Toba Gelar Bakti Sosial Bagi 230 Abang Bentor Di Balige

Atasi Kerawanan Sosial Di Tengah Pandemik Covid-19, Bawaslu Toba Gelar Bakti Sosial Bagi 230 Abang Bentor Di Balige, pada Rabu (08/04/2020).
Atasi Kerawanan Sosial Di Tengah Pandemik Covid-19, Bawaslu Toba Gelar Bakti Sosial Bagi 230 Abang Bentor Di Balige, pada Rabu (08/04/2020).

Sebagai salah satu upaya menanggulangi terjadinya kerawanan sosial di tengah wabah virus corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Toba (Bawaslu Toba), Sumatera Utara menggelar bakti sosial kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat kelas ekonomi bawah.

Bakti sosial berupa pembagian beras kepada sebanyak 230 Abang Bentor  atau Becak Motor dilakukan di Kota Balige, Kabupaten Toba, pada Rabu (08/04/2020). Masing-masing Abang Bentor mendapat 5 kilogram beras.

Ketua Bawaslu Toba, Romson Poskoro Purba menyampaikan, selain untuk mengatasi kerawanan sosial, kegiatan itu juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bawaslu yang ke-12, yang jatuh pada Kamis, 09 April 2020.

“Kita juga berharap, penanganan wabah virus corona dilakukan dengan cepat. Sehingga penyebarannya tidak meluas, dan tidak berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat,”tutur Romson Poskoro Purba di sela-sela kegiatan.

Dia melanjutkan, bakti sosial itu juga sebagai salah satu sumbangsih Bawaslu Toba, yang dilakukan secara swadaya. Bawaslu Toba  dan jajarannya hingga ke tingkat Kecamatan yakni Panwaslu Kecamatan, mengumpulkan sumbangsihnya di tengah ancaman Virus Corona yang mematikan juga roda perekonomian rakyat.

Kepada para Abang Bentor, Romson Poskoro Purba menyampaikan rasa keprihatinan bersama, dan mengajak semua pihak untuk saling peduli. Dia juga menghimbau para Abang Bentor untuk bersama-sama memerangi pandemik Virus Corona, dengan tetap menjaga jarak, menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Kita harus tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah, agar bisa memutus penyebaran mata rantai Covid-19 ini,”tutur Romson Poskoro Purba yang membidangi Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Toba itu.

Komisioner Bawaslu Toba lainnya, Japarlin Napitupulu juga menyampaikan, kiranya para Abang Becak Motor menjaga kesehatan. Memang, kata dia, bentuk sumbangsih beras itu tidak seberapa.

Namun, inilah wujud kepedulian kami selaku Bawaslu dan jajaran”,”ujar Komisioner yang membidangi Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Toba itu.

Oleh karena itu, dia juga mengajak semua pihak agar mengindahkan himbauan-himbauan dari jajaran pemerintah, kepolisian dan kejaksaan.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Toba Bidang Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Tomson Manurung menyampaikan, pihaknya menyasar para Abang Bentor sebagai salah satu target bakti sosial, dikarenakan selama wabah Covid-19  ini, para Abang Bentor mengalami kesulitan ekonomi yang parah di Kabupaten Toba.

“Pendapatan para Abang Bentor ini sangat menurun drastis. Kami perhatikan juga, penumpang sangat sepi,”ujar Tomson Manurung.

Selain tetap mengingatkan para Abang Bentor untuk menjaga kesehatan, dan tetap optimis akan berlalu-nya kondisi pahit ini, Tomson Manurung mengingatkan agar tidak perlu panic menghadapi virus corona.

“Setidaknya kita terus berusaha sudah melakukan pemutusan penyeharan pandemi Covid-19 ini,”ujarnya.

Salah seorang Abang Bentor, Parulian Panjaitan, yang mewakili para bang bentor menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bawaslu Toba dan jajarannya atas dilakukannya bakti sosial itu.

“Kami merasa bangga kepada Bawaslu Kabupaten Toba atas terselenggaranya bakti sosial ini. Setidaknya dengan ada bantuan seperti ini dapur kami bisa terbantu selama satu pekan ke depan. Kami juga berharap Pandemi Covid-19 ini segera berakhir,”tutur pria yang memiliki 2 orang putri dan 1  orang putra tersebut.(ASM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan