Antisipasi Warga Jangan Sampai Tidak Makan, Ketua RT 011 Rawamangun Sitor Siringoringo Dirikan Dapur Umum

Wabah Virus Corona Masih Menggila, PSBB Diperketat

Wabah Virus Corona Masih Menggila, PSBB Diperketat. Antisipasi Warga Jangan Sampai Tidak Makan, Ketua RT 011 Rawamangun Sitor Siringoringo Dirikan Dapur Umum. Foto: Ketua Rukun Tetangga (Ketua RT) RT 011/RW 014, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Sitor Siringoringo menerima sumbangan sembako dari Ketua Persatuan Artis Batak Indonesia (Parbi) Andi Situmorang di Dapur Umum 011/RW 014, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. (Istimewa)
Wabah Virus Corona Masih Menggila, PSBB Diperketat. Antisipasi Warga Jangan Sampai Tidak Makan, Ketua RT 011 Rawamangun Sitor Siringoringo Dirikan Dapur Umum. Foto: Ketua Rukun Tetangga (Ketua RT) RT 011/RW 014, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Sitor Siringoringo menerima sumbangan sembako dari Ketua Persatuan Artis Batak Indonesia (Parbi) Andi Situmorang di Dapur Umum 011/RW 014, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. (Istimewa)

Untuk mengantisipasi warganya tidak mendapat makan yang cukup, Ketua Rukun Tetangga (Ketua RT)  RT 011/RW 014, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Sitor Siringoringo mendirikan Dapur Umum.

Pria yang adalah seniman ini mengaku khawatir dengan kondisi penyebaran Virus Corona atau Covid-19, yang bisa berdampak pada tingkat kriminalitas yang meninggi, jika kebutuhan makan dan minum warga tidak terpenuhi.

Belum lagi, menurut Sitor Siringoringo, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dan berbagai provinsi di Indonesia, kian diperketat oleh pemerintah.

“Apalagi, larangan mudik juga diberlakukan. Warga jangan sampai kelaparan atau tidak cukup makan,” tutur Sitor Siringoringo, ketika ditemui di Dapur Umum,  Kamis subuh (07/05/2020).

Dapur Umum itu memang sengaja didirikan bagi warga terdampak Covid-19. Lokasi dapur  umum berada di depan rumah Pak RT. Dan sudah mulai diadakan sejak 22 April 2020.

Pendirian dapur umum ini merupakan inisiatif dari Ketua RT dalam rangka membantu masyarakat yang terkena dampak Virus Corona atau Covid-19.

“Dapur umum ini kita buat dan sudah beroperasi sejak tanggal 22 April. Tujuan dari dapur umum ini untuk membantu masyarakat dalam kondisi Covid-19,” ujar Sitor Siringoringo.

Di dapur umum ini, setiap subuh kaum ibu RT 11/RW 014 sudah mulai memasak makanan. Dapur Umum ini menyediakan makanan rata-rata 130 porsi setiap harinya. Makanan yang disediakan diutamakan dibagikan bagi warga sekitar RW 014.

“Sebelum bulan puasa kita sediakan 200 porsi sekali masak. Setelah puasa, sebelum sahur kita sediakan 150 porsi. Kemudian turun jadi 130. Ya rata-rata 130 lah setiap kali masak,” ucap Sitor.

Sitor mengungkapkan, dapur umum tersebut akan beroperasi selama persediaan masih ada. Ia berharap dapur umum tersebut tetap berjalan selama Covid-19.

Dia mengaku, ada saja bantuan yang datang ke Dapur Umum yang didirikan itu. Seperti,  bantuan sosial berupa Sembako diterima dari Hamba Allah, dari Ketua RT 10/ RW 014, dari Polres Jakarta Timur.

Bantuan beras sebanyak 250 kilogram diterima dari pihak Polres Jakarta Timur, yang diantarkan langsung oleh Kapolsek Pulogadung. Juga ada bantuan yang diserahkan salah seorang artis penyanyi Batak, Andi Situmorang. Andi Situmorang adalah Ketua Persatuan Artis Batak Indonesia (Parbi).

“Waktu sementok-mentoknya sampai sumbangan habis. Bantuan dari Hamba Allah, dari Pak RT 10 RW 014, dari Ketua Parbi Andi Situmorang, dari Polres Jakarta Timur yang diantarkan oleh Kapolsek Pulogadung berupa beras 250 kilogram,” ujar Sitor Siringoringo.

Tidak hanya itu, Danramil Pulogadung juga sering menyambangi dapur umum. Danramil juga memberikan bantuan kepada anak yang tidak mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Sementara itu, Sitor Siringoringo mengungkapkan, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, M Taufik berjanji akan menyambangi Dapur Umum RT 11/RW 014.

“Saya dapat info dari Pak RW 014. Katanya Wakil Ketua DPRD M Taufik menghubungi RW, Pak Joko Purnomo. Katanya Bapak Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta berjanji akan menyambangi dapur umum RT 11 RW 014 Kelurahan Rawamangun,” tutur Sitor Siringoringo.

Menurut Sitor Siringoringo, persediaan saat ini akan bertahan selama tiga hari kedepan. Karena persediaan bahan-bahan yang akan dimasak sudah mulai habis.

Petugas yang memasak makan juga berjumlah tiga orang. Dengan upah Rp 800 ribu per-orang selama satu bulan.

Ia sangat menyayangkan ketidakpedulian pemerintah terhadap masyarakat hari ini. Menurutnya, sumbangan dari pemerintah Provinsi DKI dan juga Pemerintah Pusat belum sesuai dengan jumlah masyarakat yang ada di RT 11/RW 014.

“Sumbangan bantuan dari Pemprov hanya 49 paket. Sementara warga di RT 11 yang perlu dibantu itu kurang 100 orang. Kalau dari Pemerintah Pusat hanya datang 42 paket,” katanya.(Nando)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan