Anggota DPR Dukung Pemerintah Terbitkan Perpu Pengaturan Sistem Keuangan

Anggota DPR Dukung Pemerintah Terbitkan Perpu Pengaturan Sistem Keuangan. – Foto: Anggota Komisi XI DPR RI, Fraksi Golkar, Melcias Markus Mekeng. (Net)
Anggota DPR Dukung Pemerintah Terbitkan Perpu Pengaturan Sistem Keuangan. – Foto: Anggota Komisi XI DPR RI, Fraksi Golkar, Melcias Markus Mekeng. (Net)

Anggota DPR RI, Melcias Markus Mekeng mendukung upaya penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) untuk mengatur Sistem Keuangan.

Menurut nggota Komisi XI DPR  ini, langkah penerbitan Perpu tersebut sangat bijak. “Itu langkah yang sangat bijak. Karena saya kira, karena Undang-Undang yang independen ini membuat garis komandonya kurang baik. Seharusnya komando ada di tangan Presiden,” ujar Melcial kepada Sinarkeadilan.com, Minggu (30/08/2020).

Politisi Partai Golkar ini juga berkeyakinan, dengan diterbitkannya Peraturan Pengganti Undang-Undang agar sistem keuangan satu komando akan membawa dampak yang baik.

“Kebijakan ini harus didukung. Karena dengan keluarnya peraturan pengganti undang-undang (Perppu) otomatis sistem keuangan akan ter-revitalisasi,” jelasnya.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto berencana mengeluarkan Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang mengenai Sistem Keuangan.

Hal ini dilakukan karena ada gap antara kebijakan makroprudensial yang ada di bawah Bank Indonesia (BI) dan mikroprudensial yang menjadi kewenangan di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Pemerintah sedang mengkaji penguatan sistem keuangan, yang utama adalah mikro dan makro untuk policy prudential di dalam satu komando. Sehingga tidak ada gap di keduanya. Kalau ada gap di keduanya, seperti mur yang agak longgar, kalau lepas cukup berbahaya,” jelas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Rabu (26/08/2020).(JTM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan