Akhir Januari Jadi Kapolri, Pertengahan Februari Listyo Sigit Prabowo Rotasi Sejumlah Pati

Akhir Januari 2021 Diangkat Jadi Kapolri, Pertengahan Februari 2021 Listyo Sigit Prabowo Rotasi Sejumlah Pamen dan Pati. - Foto: Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.(Net)
Akhir Januari 2021 Diangkat Jadi Kapolri, Pertengahan Februari 2021 Listyo Sigit Prabowo Rotasi Sejumlah Pamen dan Pati. - Foto: Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.(Net)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo merombak sebanyak 25 posisi di Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) Polri. 

Proses rotasi atau mutasi itu dilakukan mantan Kabareskrim ini, dalam waktu singkat. Tidak sampai dalam satu bulan. 

Listyo Sigit Prabowo yang diangkat dan dilantik oleh Presiden sebagai Kapolri pada Rabu, 27 Januari 2021 itu, telah langsung merotasi sebanyak 25 Pati dan Pamen pada Kamis, 18 Februari 2021. 

Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tony Harjono menyampaikan, dengan demikian, Sigit resmi menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis. 

“Mengangkat Komisaris Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia,” kata Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tony Harjono. 

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, setiap kali ada pergantian Kapolri, biasanya dalam waktu yang tidak lama akan terjadi rotasi-rotasi atau mutasi perwira-perwira di Korps Bhayangkara itu. 

Dari 25 yang dirotasi, empat posisi Kapolda mengalami pergeseran. Mereka adalah: 

Satu, Kapolda Papua, Brigjen Pol Mathius D Fakhiri. Brigjen Mathius Fakhiri merupakan putra asli Papua. Ia lahir di Manokwari, Papua Barat pada 6 Januari 1968. Mathius merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990. 

Selama bertugas di kepolisian, ia banyak berkecimpung di dunia Brimob. Lama berkecimpung di dunia Brimob, Mathius Fakhiri dipercaya menjadi Kapolres Jayapura pada 2009. 

Tiga tahun kemudian, ia dipercaya menjadi Wadirpamobvit Polda Kalimantan Selatan pada 2011. 

Kemudian pada 2014, Mathius Fakhiri kembali ke kampung halamannya menjadi Kasat Brimob Polda Papua. 

Pada 2018, ia ditarik ke Jakarta menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri. 

Dua tahun berada di Jakarta, akhirnya ia kembali ke tanah kelahirannya menjadi Wakapolda Papua Barat pada 2020. 

Masih pada tahun yang sama, ia kemudian di percaya menjadi Wakapolda Papua dan pada 2021 ini ia akan mengemban tongkat jabatan sebagai Kapolda Papua. 

Dengan promosi jabatan tersebut, bintang di pundaknya akan bertambah dengan pangkat inspektur jenderal polisi (Irjen Pol). 

Dua, Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol RZ Panca Putra. 

Dalam surat telegram ST/ 3I8/ III/KEP.I2021, yang dikeluarkan Kamis (18/2/2021), Irjen Pol Martuani Sormin diangkat sebagai Koorsahli Kapolri. 

Sementara kursi Kapolda Sumut akan diisi oleh Irjen Panca Putra Simanjuntak. Irjen Panca merupakan lulusan Akpol 1990 dan berpengalaman di bidang reserse. 

Irjen Panca Putra Simanjuntak merupakan anak Medan kelahiran Januari 1969. Jenderal bintang dua itu sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara, terhitung sejak 3 Agustus 2020. 

Irjen Panca pernah berkarier di lembaga anti-rasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Dia merupakan mantan Direktur Penyidikan KPK sebelum akhirnya ditarik Polri berdasarkan surat permohonan bernomor B/2829/V/KEP./2020/SSDM tertanggal 5 Mei 2020 perihal permohonan pengembalian perwira tinggi Polri yang bertugas di lingkungan KPK. 

Tiga, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol Nana Sudjana. Nana Sudjana lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 26 Maret 1965. 

Ia merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Kepolisian RI tahun 1988 pada bidang intel. 

Sebelumnya, Nana pernah menduduki jabatan di antaranya Kapolresta Solo tahun 2010 yang saat itu Wali Kotanya adalah Jokowi. 

Nana Sudjana kemudian digantikan Listyo Prabowo yang kini menjadi Kapolri. Dari Solo, Nana ditarik menjadi Dirintelkam Polda Jateng tahun 2011. 

Lalu beralih Analis Utama Tk. I Baintelkam Polri pada tahun 2012 dan Analis Kebijakan Madya bidang Ekonomi Baintelkam Polri pada tahun 2013. 

Pada 2014, ia menjadi Dirintelkam Polda Jawa Timur. Ia juga pernah menjadi Wakapolda Jambi pada 2015 dan Wakapolda Jawa Barat pada 2016. 

Jenderal bintang dua ini juga pernah menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Mei 2019. Pada 7 Januari 2020, ia mengemban amanat sebagai Kapolda Metro Jaya ke-39 menggantikan Gatot Eddy Pramono yang dilantik sebagai Wakapolri. 

Empat, Kapolda Lampung, Irjen Pol Hedro Sugiatno. Irjen Pol Hendro Sugiatno menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Lampung. Ia adalah lulusan Akpol 1988, berpengalaman dalam bidang reserse. 

Sebelumnya ia mengemban tugas sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri. 

Dalam kariernya, Irjen Hendro Sugiatno pernah menjabat Dirlantas Polda Banten pada 2009, lalu Dir Samapta Polda Kepri pada 2010, Widyaiswara Mda Sespim Polri masih di tahun yang sama, kemudian Karo Sarpras Polda Sulteng. 

Kabagrenlog Rojianstra Slog Polri, Kaolog Polda Metro Jaya pada 2018, kemudian Karorenmin Bareskrim Polri di 2019, dan Asrena Kapolri pada 2020. 

Keputusan itu terangkum dalam telegram bernomor ST/318/II/KEP/2021. Telegram itu ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan. 

Sejumlah nama diangkat sebagai posisi baru. Salah satu yang mencolok yakni Komjen Agus Andrianto yang ditunjuk menjadi Kabareskrim menggantikan Jenderal Listyo Sigit yang baru-baru ini menjadi Kapolri. Komjen Agus sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri. 

Kemudian, Wakabareskrim Polri dijabat oleh Brigjen SyahardiantonoSyahardiantono menggantikan Irjen Wahyu Hadiningrat yang diangkat menjadi Asrena Kapolri. 

Syahardiantono sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Tertentu (DirtipidterBareskrim Polri. 

Selanjutnya, mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana dirotasi menjadi Kapolda Sulut. Irjen Nana yang terakhir kali menjabat Koors Ahli Kapolri. 

Lalu, Irjen Paulus Waterpauw ditunjuk jadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam). Sebelumnya, ia menduduki posisi Kapolda Papua. 

Berikut ini daftar lengkap rotasi Polri: 

1. Komjen Agus Andrianto, yang sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim Polri. 

2. Komjen Arief Sulistyanto, yang sebelumnya menjabat Kalemdiklat Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaharkam Polri. 

3. Komjen Rycko Amelza Dahniel, yang sebelumnya menjabat Kabaintelkam Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kalemdiklat Polri. 

4. Irjen Paulus Waterpauw, yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri. 

5. Brigjen Mathius D Fakhiri, yang sebelumnya menjabat Wakapolda Papua, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Papua. 

6. Kombes Eko Rudi Sudarto, yang sebelumnya menjabat Kabagopsnalev Korbinmas Baharkam Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Papua. 

7. Irjen Panca Putra, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sumut. 

8. Irjen Nana Sujana, yang sebelumnya menjabat Koorsahli Kapolri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sulut. 

9. Irjen Martuani Sormin, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumut, diangkat dalam jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri. 

10. Irjen Purwadi Arianto, yang sebelumnya menjabat Kapolda Lampung, dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri. 

11. Irjen Hendro Sugianto, yang sebelumnya menjabat Asrena Kapolri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Lampung. 

12. Irjen Wahyu Hadiningrat, yang sebelumnya menjabat Wakabareskrim Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Asrena Kapolri. 

13. Brigjen Syahardiantono, yang sebelumnya menjabat Dirtipidter Bareskrim Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakabareskrim Polri. 

14. Kombes Pipit Rismanto, yang sebelumnya menjabat Wadirtipidter Bareskrim Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirtipidter Bareskrim Polri. 

15. Kombes Abdul Karim, yang sebelumnya menjabat Wadirtipidkor Bareskrim Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirtipidter Bareskrim Polri. 

16. Kombes Cahyono Wibowo, yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Dittipidkor Bareskrim Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirtipidkor Bareskrim Polri. 

17. Irjen Yakobus Marjuki, yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri, dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. 

18. Irjen Fiandar, yang sebelumnya menjabat Kadivkum Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri. 

19. Brigjen Suryanbodo Asmoro, yang sebelumnya menjabat Wakapolda Kalteng, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kadivkum Polri. 

20. Brigjen Ida Oetari Poernamasari, yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Gadikwa Lemdiklat Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Kalteng. 

21. Brigjen Roycke Harry Langie, yang sebelumnya menjabat Wakapolda Bali, dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pidum Bareskrim Polri. 

22. Brigjen I Ketut Suardana, yang sebelumnya menjabat Karorenmin Itwasum Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Bali. 

23. Kombes Mustaqim, yang sebelumnya menjabat Waketbidakademik Stik Lemdiklat Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Karorenmin Itwasum Polri. 

24. AKBP Ahrie Sonta Nasution, yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, diangkat dalam jabatan baru sebagai Sekpri Kapolri Spripim Polri. 

25. AKBP Putu Kholis Aryana, yang sebelumnya menjabat Kanit III Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya.(Red) 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan