14 Orang Karyawan PT Indah Kiat Pulp And Paper Riau Dinyatakan Positif Covid-19

14 Orang Calon Karyawan PT Indah Kiat Pulp And Paper Riau Dinyatakan Positif Covid-19. (Net)
14 Orang Calon Karyawan PT Indah Kiat Pulp And Paper Riau Dinyatakan Positif Covid-19. (Net)

Pekanbaru, Sinarkeadilan.com – Dari 16 orang karyawan PT Truba Jaya yang dipantau, sebanyak 14 orang dinyatakan positif terkena Covid-19. PT Truba Jaya adalah Sub Kontraktor di PT Indah Kiat Pulp And Paper (PT IKPP), yang terletak di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Hal itu diumumkan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono, pada Sabtu (26/07/2020).

Karyawan tersebut masuk dalam Klaster Truba, dan saat ini ada 14 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, Tim medis PT IKPP menemukan adanya karyawan yang terdeteksi reaktif positif Covid-19.

Temuan itu dikoordinasikan dengan Tim Medis Puskesmas Tualang, dan melaporkannya ke Tim Covid-19 Provinsi Riau. Yang kemudian merekomendasikan spesimen tersebut untuk dilakukan uji sampel laboraturium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad.

“Ya , test PCR-nya itu kan adanya di Provinsi Riau. Sekarang pasien positif itu sedang dirawat di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru,” ujar Budhi Yuwono.

Budhi melanjutkan, pihaknya juga menerima laporan dari tim medis PT IKPP yang menyatakan sampel tersebut positif Corona Virus.

Rekam jejak pasien tersebut dari Sumatera Selatan. Namun dirinya tidak menyebut secara detail.

“Karyawan itu melakukan perjalanan dari Sumatera Selatan menuju Perawang  ke kawasan PT IKPP. Iya, karyawan PT Truba yang nge-sub di PT IKPP,” ungkapnya.

Humas PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Armadi mengatakan, pihaknya membenarkan pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu adalah tenaga kerja yang akan bekerja di PT IKPP.

“Mereka akan  bekerja melalui sub perusahaan kontraktor dari PT Truba Jaya yang didatangkan dari Sumatera Selatan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di perusahan Grup Sinarmas tersebut,” ujar Armadi dalam siaran pers yang diterima Sinarkeadilan.com, Minggu (27/07/2020).

Hasil positif Swab Test  harus melalui dokumen pemeriksaan Laboratorium PCR atau polymerase chain reaction, yakni pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-29, yaitu dengan mendeteksi material genetik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Material genetik yang ada di dalam setiap sel, termasuk di dalam bakteri atau virus, bisa berupa deoxyribonucleic acid (DNA) atau ribonucleic acid (RNA). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya.(Jhonny M)

1 Trackback / Pingback

  1. 14 Orang Karyawan PT Indah Kiat Pulp And Paper Riau Dinyatakan Positif Covid-19 | Covid19 in Indonesia

Tinggalkan Balasan