Breaking News

Usut Penjualan Tanah BUMN kepada Pengusaha Swasta, Jaksa Periksa Mantan Dirut Adhi Karya

Usut Penjualan Tanah BUMN kepada Pengusaha Swasta, Jaksa Periksa Mantan Dirut Adhi Karrya.

Kejaksaan Agung (Kejagung)  memeriksa mantan Direktur Utama (Dirut) PT Adhi Karya Muhammad Saiful Iman. Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan korupsi penjualan tanah milik negara seluas 4,8 hektar di Jalan Kalimalang Raya, Kelurahan Lembang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

 

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, M Rum mengatakan, tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) telah mengagendakan dan melakukan pemanggilan secara patut terhadap Muhammad Saiful Iman.

 

“Hadir sekitar pukul 10.00 WIB. Pemeriksaan itu masih sebagai saksi,” ujar Rum di Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, Senin (03/04/2017).

 

Rum menjelaskan, kepada penyidik Muhammad Saiful Iman menerangkan prosedur penjualan tanah oleh PT  Adhi Karya melalui PT Adhi Realty yang merupakan anak perusahaannya kepada Hiu Kok Ming.

 

“Untuk kasus itu penyidik Pidsus sudah memeriksa 21 orang sebagai saksi,” ujar mantan Wakil Kejati DKI Jakarta itu.

 

Sebelumnya, penyidik Pidsus telah memeriksa Camat Tambun Selatan Matnur Ismail, Kepala Desa Lembangsari 2012, R. Yanceu Herlianti. Dalam pemeriksaan, Matnur dan R Yanceu menerangkan bahwa tanah yang dimohonkan Hak Guna Bangunannya itu tidak ada silang sengketa.

 

Kasus penjualan tanah milik negara oleh PT Adhi Karya itu pernah terungkap dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Bekasi pada 2015. Saat itu PN Bekasi menggelar sidang perkara penipuan dan penggelapan dengan terdakwa, Njio Tjat Tjin alias Iskandar yang dituding merugikan Hiu Kok Ming selaku pelapor hingga miliaran rupiah.

 

Dalam persidangan disebutkan, salah satu Direksi PT Adhi Karya telah menjual tanah milik negara tersebut kepada Hiu Kok Ming dengan harga 15 miliar rupiah tertanggal 14 Desember 2012.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*