Breaking News

Usut Korupsi Olimpiade Siswa Kemendikbud, Kejati DKI Sita 1 Unit Apartemen

Usut Korupsi Olimpiade Siswa Kemendikbud, Kejati DKI Sita 1 Unit Apartemen.

Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menyita aset milik tersangka Allen Dharmawan dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Balikpapan, Kalimantan Timur yang merugikan keuangan negara sebesar 1,9 miliar rupiah.

 

“Penyidik menyita Apartemen Tower 12 Setia Budi milik Allen Dharmawan yang diprediksi harganya kurang lebih 1,3 miliar rupiah,” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DKI Jakarta di Jakarta, Selasa (07/11/2017).

 

Selain menyita aset, kata Sarjono, penyidik sebelumnya juga telah menyita uang sebesar 600 juta dari pihak Hotel tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

 

“Uang 600 juta yang disita itu diperuntukkan untuk komitmen fee penyelenggaraan kegiatan,” ujarnya.

 

Kasus ini bermula pada tahun 2013 Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembinaan Kemendikbud mengadakan proyek penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional. Allen diminta oleh Sumharmoko yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mencari hotel tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

 

Dalam kasus ini, Sumharmoko sendiri sedang menjalani vonis 1,5 tahun.

 

Setelah mendapatkan hotel yang diminta, Allen langsung menyarankan Sumharmoko untuk meminta agar Ditjen Pembinaan Kemendikbud membuat dokumen proses penunjukan langsung kepada dua perusahaan pemilik hotel bersangkutan.

 

Kedua perusahaan itu adalah PT Putra Balikpapan Adiperkasa selaku pemilik Town House Bukit Dalam Indah Hotel dengan nilai pembayaran 1.003.200.000 rupiah dan PT Sepinggan Sarana Utama sebagai pemilik Hotel Hakaya Balikpapan dengan nilai pembayaran 3.345.550.000 rupiah.

 

Ternyata, dari jumlah pembayaran tersebut setelah diperiksa ada kelebihan jumlah, yakni sebesar 490 juta rupiah untuk PT Putra Balikpapan Adiperkasa dan 1,3 miliar rupiah untuk PT Sepinggan Sarana Utama.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*