Breaking News

Tim Saber Pungli Kejari Jaksel Tangkap Oknum PNS Pelaku Pungli

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) menangkap Edi Marwan (EM), oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Wali Kota Madya Jakarta Pusat (Jakpus).

 

Tim Saber Pungli Kejari Jaksel, Yovandi Yazid mengatakan, saat ditangkap oknum PNS tersebut mengaku sebagai pegawai Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Kecamatan Pasar Minggu, Jaksel.

 

“EM kami tangkap pada Selasa kemarin ketika melakukan pungli terhadap pengusaha kuliner (fast food) di kawasan kuliner Ampera Garden, Kemang, Jakarta Selatan,” kata Yovandi Yazid di Jakarta, Kamis (08/06/2017).

 

Yovandi menjelaskan, pihaknya menerima informasi dari masyarakat akan adanya praktik pungli yang dilakukan EM terhadap pengusaha tersebut.

 

“Berdasarkan informasi itu Tim Saber Pungli Kejari Jaksel langsung bergerak dan melakukan penangkapan,” ujarnya.

 

Yovandi mengungkapkan, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari masyarakat praktik pungli yang dilakukan EM ini sudah sering dilakukan di wilayah Jakarta Selatan.

 

Menurutnya, sasaran yang menjadi target EM merupakan bangunan-bangunan yang sedang dibangun dan ruko-ruko penjual makanan siap saji dengan dalih tidak mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB), IMB sudah mati dan belum diperpanjang serta kekurangan izin lainnya yang berkaitan dengan masalah P2B.

 

“Pemilik bangunan biasanya ditakut-takuti bangunannya akan dibongkar sehingga si pemilik memberikan sejumlah imbalan kepada oknum tersebut,” katanya.

 

Yovandi yang juga Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Jaksel mengatakan, saat ini banyak oknum-oknum yang mengaku sebagai pegawai Dinas P2B Kecamatan Pasar Minggu atau Kecamatan lainnya di wilayah Jakarta Selatan atau pun wilayah di DKI Jakarta lainnya melakukan praktik pungli dengan dalih tersebut.

 

“Karena itu kami imbau masyarakat untuk melaporkan ke Tim Saber Pungli Kejari Jaksel apabila menemukan adanya oknum-oknum yang melakukan pungli atau memeras. Pasti kami tindak,” ujarnya.

 

Yovandi menambahkan, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan intensif terhadap saksi-saksi.

 

“Setelah selesai pemeriksaan ini secepatnya berkas perkara dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan,” ucapnya.

 

Sementara itu, Kepala Kejari Jaksel, Raimel Jesaja sangat mengapresiasi langkah yang telah ditempuh Tim Saber Pungli Kejari Jaksel.

 

“Ini menyangkut rakyat kecil yang dipungli secara terus menerus makanya harus ditindak tegas,” katanya di Jakarta, Kamis (08/06/2017).(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*