Breaking News

Terkait Kasus Dewie Limpo, Dirut PLN Tegaskan Proyek Listik di Papua Kerjaan Kementerian ESDM

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memenuhi panggilan penyidik KPK. Sofyan hadir sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penganggaran proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro di Kabupaten Deiyai, Papua yang menjerat anggota Komisi VII DPR Dewie Yasin Limpo.

Kepada wartawan Sofyan menegaskan bahwa proyek listrik di Deiyai sama sekali tidak terkait dengan anggaran dari PLN.

“Khusus kasus yang di Papua Tidak ada anggaran dari PLN. Ini murni dari APBN, jadi tidak masuk ke PLN,” ujar Sofyan usai menjalanin pemeriksaan sebagai saksi di kantor KPK, Jakarta, Senin, (25/1/2015).

Saat pemeriksaan kurang lebih 5 jam Sofyan menjelaskan ke penyidik KPK bagaimana prosedur untuk menggarap sebuah proyek listrik melalui PLN. Termasuk listrik bertenaga micro hydro dan prosedur Independent Power Procedure (IPP).

Sofyan juga menjelaskan, bahwa proyek yang kemudian menjerat Dewie Yasin Limpo merupakan proyek kementerian ESDM, bukan proyek PLN. Selain itu, lanjutnya, setiap proyek yang digarap oleh PLN sumber dananya berasal dari APLN (Anggaran Perusahaan Listrik Negara).

“Karena APBN itu proyeknya ESDM bukan PLN,” ujarnya.

Sofyan menambahkan, sejak tahun 2015 PLN sudah tidak menangani proyek listrik dengan sumber dana APBN.

“Dulu tahun 2015 kami memang tidak lagi menangani proyeknya APBN. Untuk saat ini kami tidak menangani proyek-proyek APBN kami hanya menangani proyek APLN,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dewie Yasin Limpo tertangkap tangan oleh KPK di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (20/10/2015). Dalam OTT ini KPK mengamankan beberapa dokumen dan uang senilai 177.700 SGD, dan telepon selular.

Selain Dewie KPK juga mengamankan empat orang lainnya Rinelda Bandaso, Bambang Wahyu Hadi staf ahli Dewie, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Papua Iranius, dan Setiadi pengusaha yang diduga menyuap Dewie. Saat ini kelima orang tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK. (RS)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*