Breaking News

Tanpa Bayaran, Jaksa Agung Sebut TP4 Sukses Membantu Pembangunan Strategis Nasional

Tanpa Bayaran, Jaksa Agung Sebut TP4 Sukses Membantu Pembangunan Strategis Nasional.

Jaksa Agung HM Prasetyo mengaku bahwa Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) tidak mendapatkan dana dalam anggaran Kejaksaan Agung (Kejagung) dari awal dibentuk pada 2015.

 

“Jadi seperti probono yang semata untuk membantu pembangunan strategis nasional,” kata Prasetyo dalam Pemaparan Kinerja Pencapaian Kejaksaan RI Tahun 2017 di Aula Sasana Pradana, Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (09/01/2017).

 

Meski demikian, kata Prasetyo, pihaknya tidak menyangka kehadiran TP4 mendapat penilaian positif dari kalangan masyarakat.

 

“Kami memiliki konsen sangat tinggi ¬†mendukung secara maksimal dalam pembangunan segala bidang dan strategis, sehingga penyelenggara negara melaksanakan tugas dengan tenang, nyaman dan tanpa merasa terganggu oleh pihak lain,” ujarnya.

 

Prasetyo menuturkan, keberadaan TP4 merupakan pendekatan baru dalam penegakan hukum yang tidak hanya terfokus pada aspek represif dan penjeraan.

 

“Melainkan mengedepankan aspek preventif dan pencegahan yang didasarkan pada paradigma restoratif, korektif dan rehabilitatif,” katanya.

 

Selain itu, lanjutnya, pembentukan TP4 didasarkan pada pengalaman empiris dan realitas objektif dalam praktik penegakan hukum yang sering kali disalahpahami dan dianggap tidak sejalan dengan program nasional.

 

“Bahkan penegakan hukum represif itu terkesan menimbulkan ketakutan para pelaksana proyek dan pejabat di daerah sehingga menimbulkan rendahnya penyerapan anggaran,” ujarnya.

 

Prasetyo juga menambahkan keberadaan TP4 harus dimaknai sebagai sebuah sarana dan kelengkapan penting dan berarti dalam keberlangsungan program strategi nasional.

 

“Harus diakui bahwa TP4 itu gagasan orisinal kejaksaan untuk dapat berperan dan memberikan kontribusi positif dengan mengawal dan mengamankan pembangunan sekaligus mencegah terjadinya penyelewengan dan penyimpangan dalam pelaksanaan pemerintahan,” katanya.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*